Rabu, 22 Juli 2009

Pertimbangan Sebelum Menggebet Motor Klassik




Virus kesengsem motor klassik memang tidak banyak, tetapi jika Bro sudah terjangkit, maka sangat berbahaya. Yang pada awalnya mencemooh atau bertanya-tanya, ngapain sih orang pada doyan pelihara motor yang bentuknya sudah tidak up to date, performanya letoy, onderdilnya susah dan mahal, tidak kelihatan elit dan seperti orang berduit kalau mengendarainya dan sederetan penilaian negatif lainnya, pada akhirnya bisa berbalik situ yang paling gelagapan kalau dengar ada motor klassik yang mau dilepas bin dijual pemiliknya.
Bersyukurlah kalau impian memiliki motor klassik belum menggerogoti pikiran Bro sekalian, sebab hobi yang satu ini tidak mudah, dan tidak murah! Kalau sudah terjangkit virus ingin memelihara motor klassik, entah apapun itu alasannya, sebaiknya Bro memikirkan beberapa faktor berikut ini:


1. Apa Bro membeli motor klassik untuk transportasi sehari-hari atau untuk disimpan alias dijadikan pajangan saja dan hanya dipakai sesekali? Ingat, tidak semua motor klassik cocok untuk dibawa sehari-hari. Kalau mau dipakai sehari-hari, jangan ambil motor klassik yang terkenal rewel atau kelewat tua. Bukan hanya masalah kehandalan dan kenyamanan, tetapi pikirkan harga onderdilnya!

2. Apakah motor klassik itu dibeli karena jatuh cinta atau rencana ingin investasi? Untuk investasi, sebenarnya motor klassiklah jagonya, tentu harus tanya sana sini lho, motor klassik mana yang pergerakan harganya positif. Misalkan, di pertengahan tahun 90an, harga sebuah BMW R27 bersurat dan sehat wal'afiat berkisar belasan juta, sedangkan harga Honda NSR 150R baru berkisar di angka 9 jutaan. Nah, selepas krisis moneter dan berbagai faktor krusial lainnya, harga Honda NSR 150 R second saat ini tetap bermain di bawah 10 jutaan (tergantung kondisi dan spec juga sih), sedangkan BMW R27 sudah mulai tembus 70 jutaan! Nah, siapa yang tidak ngiler....... Nah, kriteria utama untuk investasi tentunya orisinalitas! Ingat, sekali lagi, orisinalitas yang jadi hukum tertinggi di sini!

3. Apakah Bro kenal orang-orang yang mengerti seluk beluk motor klassik? Jika ya, artinya langkah menggebet motor klassik semakin mudah. Tidak hanya itu, orang-orang ini yang nantinya sangat membantu dalam hal rawat-merawat dan mencari onderdil. Ajak mereka saat ingin mengecek kelengkapan dan orisinalitas calon gebetan... Namun, ingat, yakinkan dulu sebelumnya, kalau yang Bro ajak benar-benar ada di pihak Bro!

4. Berapa harga motor klassik? Disini terbentang harga antara bumi dan langit, ada yang sangat murah, dan ada yang tidak bisa terbeli. Biasanya murah kalau: 2 tak, tidak bersurat, terlalu langka tetapi merk-nya gurem, kapasitas kecil, tidak orisinal dan kena modifikasi berat, dan seringkali pemiliknya telah tiada dan diwariskan ke pihak yang tidak doyan motor klassik dan berbagai alasan lainnya. Jadi, sabar-sabar aja ya kalau cari motor klassik..... Sebagai referensi harga, silahkan tanya teman-teman yang mengerti dan bermain ke situs-situs penggemar motor klassik.

5. Ada yang nawarin nih... tapi harga segitu murah atau tidak ya??? Nah dalam kasus seperti ini, Bro sebaiknya berhati-hati dan lekas bertindak cepat mencari informasi harga. Kalau bertemu anak-anak yang doyan motor klassik, sok-sok cerita aja kalau teman ada yang beli motor X dengan harga X, jangan bilang ada yang menawarkan ke Bro... Bukan apa-apa, sebab kalau kita tidak kenal baik, bisa jadi komentar yang didapat:


Wah emang tuh motor pasarannya murah.. onderdilnya susah dan harganya kaga naek2! kemahalan tuh Ente dikasih harga segitu!!! Ngomong-ngomong, barangnya ada dimana sekarang??? Coba gw terawang2 ah...


Waspadalah Bro.. ucapan semacam itu bisa jadi mengandung maksud untuk menghilangkan minat Bro menggebet itu motor. Ingat Bro... ada pepatah sesat mengatakan: Brother sih Brother, but Business is Business!





Foto:HP-Klassikku

10 komentar:

  1. mau CB200.. :(
    2 biji, 1 dibikin orisinil...1 lagi cafe racer ato bergaya MH900e :D
    sementara cukup itu aja..

    BalasHapus
  2. ijk juga mau... mau ta sulap jadi norton manx.. wah guriiiiiiihhh..
    tapi sekarang tuh motor mahal bgt yah huhu... nyari yang dibawah 7 juta bersurat n sehat, ga perlu orsi2an deh..

    BalasHapus
  3. ah...iya..bener...begaya manx juga keren...remnya tromol pula, dimana cari tromol segede itu??

    btw, manx tu bukan cafe racer ya???keknya mirip2..

    BalasHapus
  4. Hihi.. susah bikin tromol gede.. pernah lihat siaran tv, waktu itu ngebahas royal enfields bullets yang bikinan india itu lho.. kan sekarang keluar versi baru, cuma bedanya yang baru pake cakram, elektrik starter n girbox sama mesinnya nyatu. Nah katanya sih ongkos bikin cakram sama tromol mahalan tromol lo...
    btw, di artikel2 awal blog ini membahas Manx lho... cuma dulu masih sepiiiiii kaya kuburan selain bulan puasa n lebaran nih blog

    BalasHapus
  5. nah...ntu dia....
    maunya bikin rem cakram tapi berkamuflase seperti tromol...kayak motor 'goldmember' racikan Roger Goldammer.. :D
    gaya boleh jadul, performa boleh diadu :D

    di kaskus pernah liat ada yg jual CB200 mulus..orsi semuanya, tau harganya???50 jt... mahal yak...

    iya, ane dah baca blog ini dari awal sampe khatam dan masih nanya, manx itu masuk kategori cafe racer gak??masih tipis nih pengetahuan tentang cafe racer n classic bikez-nya...mohon pencerahannya ki gede anue..

    BalasHapus
  6. lah sini kan baru doyan juga motor klassik.. mohon pencerahan dari saudara nunoe hehe..
    cafe racer apaan ya?? kayanya sih gaya2 motor balap tahun 60-70an yang dianggep cafe racer.. ga tau juga pakemnya dimana, maksudnya kapan bisa dibilang masih termasuk cafe racer apa ga.. kan motor baru kaya ducati monster atau motoguzzi dsb.nya gitu masih dibilang bentuknya cafe racer kok..
    apakah saudara nunoe punya petunjuk gaib?

    BalasHapus
  7. umm....
    cafe racer setau saya model motor 60-70an, frame (rangka) yg megang swing arm..(ini ane tau dari blognya om taufik :D , jadi kalo tiger mo di modif cafe racer kudu ubah rangka), trus visor mini di depan, belakangnya pake buntut tawon, mesinnya performance oriented, single seater, setangnya nunduk, tangki bensin model jadul (panjang)..paint-nya model checkered flag tipis, di buntut tawonnya ada racing number 25.. :D (ini mah selera sayah..hehehe...)

    kalo yg sekarang2 yg lebih modern mungkin modelnya ngga jauh dari yg ane sebut diatas...tetep performance yg paling utama :D

    gimana ki??

    BalasHapus
  8. soal rangka itu ijk pernah baca juga di blog om Taufik.. dan itu dari Om Imam yang punya bengkel sepeda motor kan..
    nah masalahnya, apa definisi ini diterima semua kalangan? Artinya kalo konvensinya ga diterima mayoritas, ya susah juga.. Mesti dilihat juga sih, apa mayoritas rangka motor balap tahun 60-70an itu menjepit lengan ayun atau dijepit.. (duh kok ngomong jepit2tan jadi gimanya gicu hihi...) duh.. susahnya bertobat..
    terus, kalo misalnya lengan ayunnya yang menjepit rangka kaya tiger, tapi ciri lainnya terpenuhi, apakah ga bisa dianggap cafe racer? bingung kan...

    BalasHapus
  9. mungkin...untuk orang2 awam yg liat motor model jadul pake buntut tawon dan setang nunduk langsung bilang, cafe racer nih...ngga perlu liat rangkanya jepit swing arm ato ngga..
    rasanya sah2 aja kok... :D
    sedangken untuk orang yg ngerti dan paham tentang seluk beluk motor klasik, khususnya cafe racer..mungkin nilai cuman bentuknya aja mirip cafe racer, tapi 'roh'nya masih belum dapet..

    *ceileh...ngomongnya sok expert deh..hihihi...

    BalasHapus
  10. hari gini ngomong emang mesti sok expert dong.. gaya no 1 githu loh wikiwkiwkiwi...

    BalasHapus