Nah, sekarang kita ketemuan sama si Goldwing generasi terkini. Sama seperti leluhurnya, Goldwing tetap menjadi rajanya motor touring kelas wahid. Seperti biasa, makin tinggi, maka makin kencang angin berhembus. Di kalangan bikers internasional ada dua kelompok, yakni yang sebel sama gayanya Goldwing dan tentunya yang fanatik dengan Goldwing.
Berbeda dengan leluhurnya yang hanya berkapasitas 1000 cc dan hanya memiliki 4 silinder, Goldwing terbaru dilengkapi mesin boxer 6 silinder berpendingin radiator berkapasitas 1832 cc! Meskipun berkapasitas besar, sesuai kodratnya sebagai motor touring, mesin ini hanya menyemburkan tenaga maksimum 118 PS @ 5500 rpm saja.
Goldwing memang sebuah motor yang extra gambot. Saya teringat saat pertama kali melihat motor ini di sebuah rumah sakit swasta di Jakarta Selatan saat saya masih kecil. Pertama melihat ini motor, dalam hati saya berkata: BUUUUSSEEEETT.. ini motor apa becak?? GEde AJAH!!!
Kembali ke track.. Untuk dapat menempuh perjalanan jauh, Goldwing memiliki tembolok yang cukup besar, yakni 25 liter. Meskipun tenaga puncaknya kecil, mesin besar tentunya merupakan jaminan untuk memperoleh torsi besar. Dan memang torsi besarlah yang paling dibutuhkan motor yang berbobot mulai dari 405 Kg ini (bobot tergantung aksesoris Bro.. Kalau situ pakai Goldwing buat jualan ulekan, ya berat lah...). Goldwing yang berPGM-FI memanjakan pengendaranya dengan torsi maksimum hingga 167 Nm @ 4000 rpm. Apa jadinya jika mesin 1800 cc 6 silinder masih pakai karburator? bangkrutz euy!
Di kalangan bikers internasional ada dua kelompok, yakni yang sebel sama gayanya Goldwing dan tentunya yang fanatik dengan Goldwing.
BalasHapusjelasken dunks :D
hmmm... hallo pak, saya akhir akhir ini mengintai blog anda lho,.. hehehe gimana udah gak sepi lagi kan?
BalasHapus@Nunoe: Aduh... gimana yah.. aduh... bingung euy hihi..
BalasHapusdulu sih pernah baca gitu, tapi ga ada penjelasan lebih rinci. Kalo menurut terawang gaib sih, itu cuma sebatas beda selera sama filosofi aja..
pasti banyak yang sebel kan soalnya Goldwing motor elit, klubnya juga banyak, mesinnya alus, kegedean, ga lincah, fasilitas motornya lengkap.. sering dibilangnya buat anak manja.. ga ride hard, kebalikannya harley deh.. (padahal kalo di tanah air yang naik harley banyak yang minta dimanjain ya????)
gicu kaleee ya...
@jaller: hallo juga Bro.. thx for komen.
wow mulai diintai... atuuuuttt.. hihihi..
Kalo yang dateng sehari sejuta tapi ga ada yang komen sepi juga lah Bro.. but its oke, kan ini blog kelas asongan, yang penting idup halal aja, ga ngerampok, cukup2in hasil ngasong, terus bersyukur, nanti kalo duitnya banyak bisa buka warung.. kalo lebih banyak lagi bisa buka toko, kalo berkembang pesat baru deh buka supermarket(lho kok jadi ngelantur ga jelas gini....)
iya sih..terlalu nyaman untuk sebuah sepedamotor...mending mobil :D
BalasHapusini mah bener2 exklusif, nyamannya sekelas mercy, tapi tetep kudu kepanasan n keujanan...
sekali lagi, mending beli mercy :P
haha... Saudara Nunoe ternyata sedikit banyak bisa digolongkan antiGoldwing..
BalasHapusKalo ijk dapet Goldwing langsung tak pake muter2 sebulan penuh, poto2, abis itu ta jual wakaka.. beli rumah lebih penting euy..
ternyata anda juga sama...
BalasHapussaya cuman anti sama harganya aja :P
waduh.. mau bagus ya mahal dong.. mudah2an beberapa taon kedepan kita ga lagi anti ama harganya hehe..(ngarep kaya mendadak haha)
BalasHapuslumayan kok :)
BalasHapus