Banyak tingkah laku bikers di jalanan ibukota yang bikin hati was-was atau terkadang rasanya ingin praktik maen smackdown di jalanan. Semua itu kebanyakan berawal dari ketidakdisiplinan si begajulan.
Ada ketidakdisiplinan yang lumrah, tetapi ada juga yang rasanya pingin ta clurit! Bagaimana tidak?? Kalau ketidakdisiplinan itu dilakukan dengan sengaja dan membahayakan orang lain, apa namanya bukan cari penyakit?!!!!
Mudah-mudahan kelakuan-kelakuan yang tidak baik itu bisa dijauhkan dari kita. Setiap melihat kelakuan semprul sebaiknya kita kembalikan ke diri sendiri, apakah barangkali kita pernah melakukannya? Memang untuk menjadi lebih baik kita selalu butuh cermin bukan?
Saya mau cerita sedikit tentang kedisiplinan di Jerman. Soal disiplin, negara yang satu ini tidak perlu ditanya, ini biangnya! Memang negara yang basisnya sejak berabad-abad yang lalu berwarna militer ini menjadikan disiplin tinggi sebagai salah satu ciri dan modal besarnya untuk maju (bukan berarti sama sekali bebas dari ketidakdisiplinan lho...).
Tidak perlulah kita bahas tentang kedisiplinan pengendara motornya. Kita bahas saja pengendara sepedanya. Di sini, naik sepeda pun punya aturan. Memang tidak diwajibkan pakai helm ataupun ada batas kecepatan maksimum sih... tetapi ada jalur khusus tersendiri bagi sepeda. Sepeda, sebagaimana pengguna jalan lainnya termasuk pejalan kaki, harus mematuhi aturan lalu lintas. Wong nyebrang jalan tidak ditempatnya saja kalau kepergok pak pulisi kena 40 Euro kok, dan tidak ada itu acara tawar-menawar!
Tidak sebatas itu, naik sepeda pun tidak boleh sambil mabok lho! Kalau dicurigai mabok atau terkena razia, ada alat khusus yang mengukur kadar alkohol dalam darah. Jadi, selalu ada bukti dan patokan pas, bukan kira-kira dan mengeliminir ruang untuk tawar-tawaran. Tidak bisa jadinya bilang: cuma secuil kok pak.... cuma sesendok (sendok semen????!!!!).
Bukan cuma rambu lalu lintas, sepeda pun wajib memasang lampu jika dipakai di malam hari. Pemasangan lampu ini tujuan utamanya untuk menjaga keselamatan si pengendara sepeda itu sendiri, sebab jalanan di Jerman (dibandingkan negara Eropa Barat lainnya, apalagi Belgia) relatif gelap gulita! Minimal harus ada lampu belakang! Kalau ketangkap basah di malam hari tanpa lampu belakang, ya siap-siap keluar uang lagi.
Di kota-kota besar dan padat macam Hamburg, ada unit kepolisian khusus yang menggunakan sepeda. Kenapa? Ya namanya buat nguber pengendara sepeda yang tidak disiplin, tentunya harus pakai sepeda juga! Di Jena sih tidak ada itu polisi sepeda.. aman.. aman hehehe... Terakhir saya naik sepeda ugal-ugalan soalnya haha.. Abis nonton MotoGP tapi ga punya motor gitu deh jadinya..... jadi pinjem sepeda temen dan ta geber full throttel wuuuuuuuzzzzzzz ....
Foto: HP-Klassikku
jadi pengen naek sepeda lagi...tapi sama neng itu...
BalasHapusxixixixi...
weitzz.. si neng tertawa tau ga kenapa? Abis liat tampang ijk yang panik gara2 ampir mo ketabrak dia tau... (entah kenapa, tampang panik ijk dibilang lucu, dah 2 kali aja kejadian..).
BalasHapusbtw, tuh boncenger mio mo dikemanain??? bersyukurlah saudara Nunoe hehe.....
hai,..hai,..hai,....
BalasHapusprotess!!
fotonya kurang di zoom + kurang banyaks
ki gede anue korupsi nihhh
whehehehehehehehe
wazzup bro? everythin' fine?
ehehehe....
BalasHapusterima kasih sudah mengingatkan...
tapi bener, pengen naek sepeda ke kantor..secara jarak kos2an - kantor ngga sampe 5 km..kan sehat tuh..
pengennya sih sepeda lipat, tapi harganya seharga astrea grand second..
@Petromaxx: wahaha.. nongol juga ente..
BalasHapusthx Bro.. paling stress diuber deadline tesis nih.. kalo gagal kudu ngulang dari awal, cari tema baru, kaga ada tuh istilahnya mulur2 kaya kul di jkt huhu..
wadow.. ijk jangan disamakan dengan Ki Gede Anue dong.. nanti disantet ente haha...
@Nunoe: Astaga.. Saudara Nunoe ternyata lupa sudah punya boncenger setia si meong?????
Ijk nanti juga mau ke tempat kerja naik sepeda.. yang kaga tahan sih jalanannya yang naik turun, gempor euy hihihi..(sepedanya jelek kali ya.. cari yang bagusan dikit ah nanti). Heeh.. keren sepeda lipet, palagi yang bisa masuk koper.. wah dahsyat deh.
wheeeeee,.. di indonesia bisa kayak gitu gak ya?
BalasHapushuuh..dilipet, taroh di kolong meja, ato di sebelah kursi...hehehe...
BalasHapussayang..mahal...
@jaller: apa sih ya ga bisa hehe...
BalasHapuspertanyaannya mau apa ga???
@Nunoe: yoi.. ga perlu nitip2 kan ama pak satpam.. terus pas ditenteng2 sekalian fitnes tuh , kan gantiin dumble 10 Kg hehe..
anggep aja ga keluar bensin sehari Rp. 2000 x 5 hari kerja x 4 minggu
parkiran: Rp. 1000 x 5 hari kerja x 4 minggu
fitnes sebulan: rp. 100.000
mayan ngirit 160.000, belom lagi bebas biaya ngirit biaya servis n ganti oli ..
hmm.. mesti dicoba nih..
nah..itung2annya mantep tuh...
BalasHapustapi ada biaya yg nambah, biaya makan...hahahaha...
gagal maning dong niat pengen langsing huhu...
BalasHapusbodo ah, kalo makanannya enak ga rugi2 amat dong.. (makan kok dibilang rugi hihi..)
masstabb!
BalasHapustesis euuyy..
gudlak boss... btw sorry nih ente ngambil sains ato apaan sih bro di sono jadi penasaran...
n' curigation juga ntu cewe yg belakang kenapa di crop sayang atuh
Thx Bro..
BalasHapuswah ga ada crop2an.. apa adanya yang ketangkep HP..
yang dibonceng masih kecil bro, yang di depan aja deh, poooolll!
ukurannya pas, ga kegedean hehe...
Wow, ngambil Ilmu apa?? Kok masih ditanya.. hari gini masih nanya icu?? Semua juga tau kalo ijk ambil ilmu sesat internasional hihi...
wah...jd teringat sepeda raleigh ku dahulu...
BalasHapusdi embat maling...hiks...
padahal udah dirante ban depannya, eeehhh...sepedanya diangkat. gw disisain ban depannya doank...
asiiin...
tp kalo dapet ganti si neng yg depan itu mah maaaaooo...banget...
HAhaha.. kalo eneng kece, ijk juga maoooooooooo...
BalasHapus, makanya Bro, ambil sepeda lipet yang bisa masuk koper. hari gini malingnya pada niat2 deh, kaco..