Jumat, 31 Juli 2009

Honda Goldwing, Riwajatmoe Doeloe

Jangan ngaku bikers kalau tidak pernah dengar nama Goldwing, sebuah ikon motor touring legendaris produksi Honda. Kali ini, kita lihat masa-masa awal kehadirannya di jagad permotoran dunia.

Begitulah tampang Goldwing saat baru pertama kali keluar pada tahun 1975, jauuuuh dari perawakannya saat ini. Tampangnya mengingatkan saya pada motor macam Honda GL 100 (kalau GL 200 si Tiger dong....). Jangan heran kalau tampang Goldwing dulu mirip dengan GL 100 yang keluyuran di tanah air, sebab si Goldwing ini memang varian terbesar GL. Jadi nama lengkapnya saat itu GL 1000. Bedanya dengan GL 100, yang terdapat di dalam tanki Goldwing saat itu bukan bensin! Tanki Goldwing edisi perdana merupakan cover perangkat kelistrikannya. Tanki bensin sebenarnya terdapat di bawah tempat duduk (kaya bebek dong...).

Namanya mencerminkan kapasitasnya. Tidak seperti Goldwing saat ini, pada awal kariernya Goldwing hanya berkapasitas 999 cc dan hanya memiliki 4 silinder. Ada yang bilang, Goldwing lahir untuk menjegal Kawasaki Z-1 yang memang diluncurkan Kawasaki untuk memendam keperkasaan si first Superbike, yakni Honda CB-750.

Mesin gambot Goldwing merupakan mesin 4 silinder pertama yang dilengkapi radiator lho.. Mesin yang membuat Goldwing tampak sangar ini menghasilkan tenaga 80 PS @ 7500 rpm. Dengan bobot 259 Kg, mesin ini sanggup membawa si sayap emas terbang hingga 193 Km/jam saja. Berkat karakter mesinnya yang halus, Goldwing langsung digemari sebagai motor touring jarak jauh. Tidak heran motor yang satu ini begitu laris manis di Amerika Serikat! Nasib Goldwing di Amerika Serikat ternyata jauh lebih baik dibandingkan nasibnya di Inggris. Di negara yang masih punya ratu ini, Goldwing yang juga sering dianggap sebagai ratunya motor diterima dengan penuh skepsis.


Sumber: Hugo Wilson: Motorräder. Über 300 Klassikker

2 komentar:

  1. jenis enjinnya apa sih??
    boxer yah??

    BalasHapus
  2. yup, boxer 4 silinder.. gahar deh naik motor boxer, sayang tenaganya relatif kecil2 n bobotnya pada berat2..

    BalasHapus