Rabu, 01 Juli 2009

Fitnah Membawa Berkah





















Hari ini saya berangkat pagi-pagi ke mesjid dalam rangka berpartisipasi dalam acara open house yang diadakan sebagai aksi perlawanan menentang demonstrasi antiislam yang dimotori partai beraliran kanan, NPD. Sekitar 300 meter dari lokasi mesjid, terlihat banyak polisi yang sudah berjaga-jaga, dan saat melewati markas kelompok kiri yang antifasis, terlihat juga beberapa anak punk sudah bersiaga. Saat mau melewati jalan yang biasa dilalui, yakni Wagnergasse yang memang multikultural (di satu sisi jalan full cafe dari berbagai negara dan di sisi lainnya rumah-rumah ibadah, bahkan 50 meter dari situ ada American Table Dance Bar hihihi...), jalan itu ditutup dan sudah banyak orang disana. Akhirnya saya berputar dan mengambil jalan lain. Dalam hati, siap-siap benjol-benjol nih...
Sampai di mesjid keadaan tidak semenakutkan yang saya bayangkan. Alhamdulillah, bahkan hari ini termasuk salah satu hari yang paling membahagiakan selama saya di Jena. Demonstran tidak diizinkan polisi mendekat ke sekitar area rumah yang didalamnya terdapat ruangan mesjid. Sebaliknya, rumah dan pelatarannya ramai dihadiri para penentang demo neonazi. Yup, acara open house dan sarapan pagi bersama dalam rangka menjaga solidaritas dan warna-warni Jena pun bisa dikatakan sangat sukses. Sungguh membuat saya tersentuh melihat partisipasi berbagai elemen masyarakat. Bayangkan, banyak yang meninggalkan aktivitasnya di hari kerja ataupun hari kuliah. Tidak hanya para aktivis mahasiswa, aktivis perempuan dan penghuni "rumah" (maklum, definisi rumah di Jerman berbeda dengan kata "rumah" di Indonesia), tetapi juga dari kalangan gereja Katolik, Evangelis, pihak pemerintah kota dan perwakilan rektor pun turut menghadiri acara ini. Sungguh membawa berkah dengan adanya kejadian ini.... Di acara open house biasa dulu, hanya datang tidak lebih dari 5 orang! Serius, saya tidak salah ketik, hanya 5 orang!
Adanya aksi NPD membuat berbagai pihak lebih tergerak untuk berjuang bersama membela kepentingan masyarakat yang ingin hidup bersama dalam multikulturalisme. Sekarang, keberadaan mesjid jauh lebih diketahui banyak orang. Banyak yang bisa melihat-lihat ke dalam mesjid! Kami juga menekankan kalau mesjid terbuka bagi siapa saja dan setiap hari. Bagi yang punya pertanyaan seputar Islam dan bahasa Arab pun bisa kesini. Misalnya ada dua mahasiswa Jerman yang minta bantuan dalam mengerjakan tugas dari les bahasa Arabnya... Saya sendiri jadi tergerak untuk bisa belajar bahasa Arab dengan benar, tidak boleh puas sebatas bisa membaca Al Quran saja.
Awalnya saya pikir, memang aneh jika NPD mendadak melakukan demo ini. Namun seorang teman berkata, mereka sedang cari popularitas. Memang benar, sebab beberapa bulan lagi Jerman akan menghadapi pemilu. Sebagai partai politik, wajar saja jika mereka melakukan kegiatan untuk menunjukkan, kalau partai itu ada dan bergerak. Sama juga dengan pemerintahan, misalnya sesaat setelah kejadian 11 September, semua orang muslim disini disamperin pihak kepolisian jam 6 pagi di rumah masing-masing dan ditanya: "Kamu teroris bukan??" (Pertanyaan yang aneh....). Kita maklumi sajalah, sebab kalau tidak bergerak, pamor pemerintahan saat itu bisa turun, nanti bisa-bisa ada anggapan kalau pemerintah tidak melindungi rakyatnya (walaupun caranya tidak pantas...).
Kesimpulannya, benar kalau sesuatu yang di mata kita buruk belum tentu buruk dan sebaliknya. Buktinya hari ini, suatu hal yang awalnya buruk menjadi berkah dan membawa kebaikan. Tanpa kejadian ini, umat muslim yang minoritas akan tetap gurem eksistensinya. Dengan kejadian ini, kami pun diakui sebagai bagian dari masyarakat yang turut memperkaya kebudayaan kota Jena. Saya berterimakasih kepada semua pihak yang sudah hadir dan menyumbangkan dana, waktu dan tenaga. Juga terimakasih pada Bro semua yang sudah turut mendoakan, semoga masyarakat di Indonesia pun bisa menjadi masyarakat yang mencintai dan menghargai perbedaan....
Foto:HP-Klassikku

15 komentar:

  1. alhamdulillah gak jadi benjol tuh muka...ntr tambah jelek pulang ke Indo gak ada yg kenal lagi..hehhee

    btw..bagus kisahnya.. :D

    BalasHapus
  2. Thx Bli... Ada kalo muka ijk bonyok2 bisa jadi alesan tepat buat operasi plastik kan hehe...
    wah asik kalo balik ke indonesia ga ada yang ngenalin, ijk dah bosen dikejer2 press sama penggemar hihihi (gedubrak.......)
    untung kisahnya happy ending.. ya paling ga sampe detik ini sih...

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah....
    happy ending at last...
    keberagaman warna pelangi lah yg membuat pelangi menjadi indah... :)

    BalasHapus
  4. "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" (QS 94 : 5-6)

    BalasHapus
  5. Nunoe: yup... yang ijk suka disini, orang2nya banyak yang berpikiran terbuka..
    terharu juga kemaren, bayangin aja, kebanyakan makanan bukan dari kita, belom lagi spanduk dan poster, mereka yang peduli banget belain.. mudah2an yang kaya gini bisa segera ada di Indonesia.. jangan sebatas urusan sendiri aja baru pada kebakaran jenggot, mesti lebih peduli sama yang lain..

    arief: (enakan jombloati hihihi...) ternyata situ sangat bijak, beragama, berilmu, berwawasan luas.. pokoknya ijk tak ragu lagi, situ bakal ijk contreng hihihi...

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, selamat sejahtera. Keris pusaka batal dicabut, jurus andalan gagal dirapal. Kl jadi bisa geger bumi uber alles.
    Tapi salut mas, sama solidaritasnya bule jerman. Menang sayap kanan itu dibenci banget kah di sana?
    Yg namanya arief pasti bijak la. Kalo sudah menjelma jd alter egonya yaaa... lain perkara! Hehehe...

    BalasHapus
  7. Hi Bro Johan... wah namanya kalo tahun 70an paling ganteng nih hihihi...
    terus pacarnya namanya Erni ya?? hihihi.. piss ah...
    Alhamdulillah emang, solidaritas yang top abis ditengah masyarakat yang kesannya cuek dan sibuk sama urusan sendiri2... makanya saya tersentuh..
    disini emang gitu, ada aliran kanan dan kiri, dan ada yang netral2 aja..
    yang kanan dan kiri saling membenci.. kalo yang netral mah ga tau deh.. tapi kalo konservatif cenderung ke kanan, tapi ga radikal dan ga mau bilang terus terang dan caranya alus, terus kebijakan dari partai konservatif pastinya lebih menguntungkan yang kanan. Kan yang kanan maunya bersih dari segala unsur asing, nah kalo yang konservatif berusaha membatasi pengaruh unsur asing.. nah kalo yang kiri menerima semuanya (kecuali yang kanan alias fasis alias rasis bin chauvinis).
    Kalo secara jumlah yang kanan kecil kok kalo di bekas jerman barat, tapi kalo di bekas jerman timur masih lumayan, bisa 10%an. Nah krisis moneter ini mereka jadikan momentum buat nambah suara, ya situ tau kan, kalo orang ga punya kerjaan otaknya jadi rada2... nah disalahkanlah orang asing, dianggep ngambil lahan gicu..
    gitu dulu deh, nih jadi artikel sendiri nih hihihihi...

    BalasHapus
  8. halo salam kenal,

    mau tanya nih, di Jena banyak orang Indonesianya ga yah?

    terima kasih

    BalasHapus
  9. salam kenal juga Bro.. wah kalo dibilang banyak sih nggak..
    semester kemaren ada satu mahasiswi yang saya tahu kul disini, tapi tinggalnya di kota sebelah. semester ini katanya ada satu mahasiswa, tapi keturunan cina, jadinya saya susah membedakan. katanya temen juga ada satu keluarga baru pindah, tapi saya belom pernah ketemu.
    karena saya muslim dan hampir tiap hari di mesjid, bisa saya pastikan yang muslim indonesia saya aja, kalo yang lainnya beragama lain, makanya ga pernah ketemu

    BalasHapus
  10. halo Arie,

    makasih jawabannya

    tanya lagi yah hehe soalnya adik saya denger2 mau pindahan ke Jena, dan baik dia maupun aku buta banget ttg Jerman, apalagi Jena

    di Jena, ada barang2 dapur kita ga? (Indonesia, misalnya indomie setidaknya).

    kita taunya sih ada toko di Hamburg atau kalo ga yah ke Belanda, tapi kali2 aja karena ada orang Indonesia di Jena, mungkin ada Chinese store yang jual sedikit barang Indonesia gitu?

    restoran India ataupun Lebanese seperti shawarma gitu, ada ga yah?

    sekali lagi makasih yah

    BalasHapus
  11. waduh, saya orangnya juga rada2 kuper Bro...
    Kalo barang2 indonesia mesen emang di toko hamburg per pos, tapi saya ga pernah coba, soalnya buat saya hanya ada 2 tipe makanan:
    1. enak
    2. enak sekali
    makanya ga bawel soal makanan..
    kalo indomie aja sih ada Bro di toko tunisia, saya belanja juga disitu kalo mo ayam atau daging yang halal. ada bumbu2 juga kok, tapi saya ga pernah ngetes, paling beli saos cabe aja.
    BTW, Indomie terakhir 39 cent sebungkus huhuhu.... kurang ekonomis dan sehat kalo makan indomie.
    restoran arab atau turki ada Bro... tapi kalo soal halal apa tidak sih saya tidak tahu, tidak ada tulisan halalnya.. kalo di berlin dia kasih keterangan.
    tapi ati2 juga, soalnya ada yang mendefinisikan halal: tidak pakai daging babi tok, padahal kan kriterianya lebih dari itu.

    BalasHapus
  12. halo Arie,

    ngerepotin banget yah aku tanya mulu neh

    nama tokonya emang toko Tunisia gitu? atau yang punya orang Tunisia tapi nama tokonya beda?

    di Jena ada 1 Euro shop ga? atau ToBi?

    kotanya (dan orang2nya) apa bener2 bilingual gitu? atau wajib bahasa Jerman kalo ga bakalan kesasar mulu hehe

    BalasHapus
  13. Hi Bro.. ga papa nanya2, asal tagihannya dibayar ya hehehe...

    wah saya ga tau apa itu euro shop atau tobi.. maklum, orang rada2 kuper..
    kalo belanja harian swalayan banyak kok..
    itu tokonya yang punya orang tunisia, yang jaga macem2... saya kenal semua kok.. soalnya itu satu2nya toko di jena yang jual kebutuhan makanan untuk orang muslim..
    di swalayan umum ada juga sih yang ada tulisan halal, tapi beberapa orang meragukannya..
    Hmm bilingual jerman-jawa susah itu Bro hehehe...
    kalo inggris, ya banyak lah yang ngerti, apalagi di kota besar, ga usah takut. petunjuk jalan juga jelas semua, ada berbagai bahasa di bis, kereta atau mesin tiket.. ga nanya pun masih bisa nyampe tujuan

    BalasHapus