Rabu, 16 September 2009

125 cc Yang Sangat Sangat Sangat Menggiurkan!



Siapa yang sangka kalau motor yang terpampang disini hanya berkapasitas 125 cc? Jika melihat suspensi depan USD plus rem dobel cakram berdiameter besar, semua pasti langsung berprasangka, motor ini berkapasitas minimal 600cc!

Motor 4 tak berkapasitas mini tetapi berpenampilan maksi ini hanya menggunakan mesin satu silinder 4 tak berkapasitas 125 cc yang menghasilkan tenaga hanya 11,5 PS @ 9500 rpm dan top speed dibatasi di 80 Km/jam. Motor berteknologi biasa ini masih menggunakan karburator dan berpendingin udara. Meskipun masih menggunakan Karburator, standard emisi Euro 3 sudah dipenuhi motor produksi Kreidler ini, sebuah produsen motor asli Jerman yang namanya di tanah air tampaknya sangat tidak terkenal.

Motor bernama Street 125 DD ini memang mantabs, gaya dan sosoknya langsung mengingatkan pada Suzuki Bandit ataupun Triumph Speed Triple jadul yang masih menggunakan lampu bulat tunggal di depan. Meskipun berkapasitas kecil, doi berbekal tembolok yang sanggup menyimpan 16 liter bensin! Sangat menggiurkan bagi mereka yang doyan touring jauh atau untuk menimbun bensin sehari sebelum harga bensin dinaikkan pemerintah. Motor yang menggunakan elektrik starter ini memiliki bobot full tank 159 Kg, sangat berat untuk ukuran motor 125 cc, tetapi harap diingat, perawakannya yang setara motor 600 cc dan kapasitas tanki yang besar perlu dipertimbangkan di sini, hasilnya, masih bisa dibilang enteng kok...Garpu USD dan monoshock di buritan yang bisa disetel-setel juga tidak bisa dibilang manja, sebab keduanya mampu menanggung beban total (termasuk motor) hingga 310 Kg!

Sisi suspensi ini memang terkesan berlebihan untuk motor kelas capung, tetapi kalau kita melihat sisi pengereman, wah, lebih berlebih-lebihan lagi. Di depan, dua cakram berdiameter 300 mm dijamin siap menghentikan motor berspek superbike sekalipun. Sedangkan di buritan, rem cakram tunggal berdiameter 240 mm siap bertugas menghentikan laju ban belakang berukuran gambot. Dengan velg lebar dan ban depan berukuran 110x17 dan ban belakang 140x17, motor-motor yang beredar umum di Indonesia saat ini pun dijamin jadi ngiri berat! Bagaimana tentang produsennya? Kok kayanya gurem ya? Apa pabrikan baru yang merupakan hasil kerjasama dengan Cina? Bukan Bro... Ini saya rangkumkan sedikit:

Sekilas tentang Kreidler:
Pabrikan yang didirikan Anton Kreidler di Stuttgart pada tahun 1889 ini awalnya hanya memproduksi kabel telegraph dan kabel untuk pabrik. Baru di tahun 1949 mulai memproduksi motor. Motor-motor 50 cc Kreidler memiliki prestasi sangat membanggakan di dunia balap. Bahkan dengan motor 50 ccnya, Kreidler pada tahun 1977 memecahkan rekord kecepatan di kelas ini. Motor yang dengan flying start menempuh jarak sejauh 1 km itu tembus hingga 221 Km/ jam! Soal daya tahan motor Kreidler pun tidak perlu dipertanyakan, sebab ada seorang fotografer dan petualang terkenal, yakni Günter Markert, yang keliling dunia pada tahun 1954 menggunakan Kreidler 50 cc!

Nah, canggih kan! Kalau sampai beredar di Indonesia, saya jamin booming berat! Harganya??? Hahaha... kalau harganya seperti YZF-R125 atau Ninja 250 apalagi Aprilia RS125, ga bakal booming berat ya... Yang ini jangan salah Bro.. Kenapa saya bilang sangat sangat sangat menggiurkan, ya karena harganya yang juga sangat sangat sangat ekonomis! Hanya 2299 Euro! Jauh lebih murah dibandingkan YZFR-125 yang dibanderol hampir 3500 Euro! Bandingkan juga dengan harga Suzuki Address 125 alias Shogun 125 injeksi yang di Jerman sini dihargai 2000 Euro! Nah, kalau perbandingan harga Kreidler Street 125 DD berbanding lurus dengan harga Shogun 125 di Indonesia dan bisa dihadirkan di tanah air, silahkan bayangkan sendiri akibatnya, bisa-bisa dagangan motor laki AHM, YMKI, KMI, Suzuki dan Minerva bakalan morat-marit diacak-acak motor Jerman yang satu ini!


Sumber:
http://www.kreidler.net/
http://www.quad-corner.de/

16 komentar:

  1. wah wah... ayo sapa mo ngajuin jadi ATPM disini... kayaknya berprospek tuh

    BalasHapus
  2. Mantabb...motor jerman beneran niy
    daptar jadi ATM nya ahhh xixixixixi

    BalasHapus
  3. sumpah bos mun urang milyuner mah langsung daftar jd ATPM na...

    BalasHapus
  4. @adpost: hehe.. pikiran kita sama aja ya.. Sayang ijk bukan milyuner, kalo ga dah tak impor 100 unit buat ngetes pasar kalo ga bikin kerjasama buka dealer Kreidler, soalnya model motor mereka lumayan banyak, ada matic, supermoto sama trailnya juga lho. BTW, thx dah promosiin ke Blognya Mas Taufik, ntar THR situ ijk kirim ke Bank ente di Swiss xixixi...

    @ninja250r: Wow, kedatengan artis lagi nih, met datang di TKP Gan.. ini harus dirayakan ini hihihi...
    wadow, dah milyuner nih, mo daptar jadi ATPM euy..
    Ijk nanti daptar jadi dealernya Mas Taufik di Margonda ya..

    Sekarang ijk mo ke TKP situ ah (untuk ke-4 kalinya hari ini), mo liat unicorn seruduk2an lawan bison hihi...

    BalasHapus
  5. bukan promosi bro... tp mongtor ini kayaknya bisa bener2 laku keras disini, secara overall body bener2 meyakinkan, dan pola pikir konsumen motor indonesia kan masih banyak yang mengarah ke penampilan body (iki menurut analisa pemasaran sing pernah tak pelajari nang kuliah lho...)
    coba Minerva atau Kanzen ngambil basic dari sini mantaff dah

    THRnya ke BCA aja deh bos, jauh2 ke swiss susah ngambilnya hehehe...

    BalasHapus
  6. iri banget ni saya ma motor-motor diluar indonesia, utamanya jerman. yakin dah, kualitasnya kaya apa.

    BalasHapus
  7. widih keren juga gan.. tapi cocoknya buat nampang doang nih. hheehe

    BalasHapus
  8. @adpost: yoi Bro.. sayang Kreidler ga maen-maen ke Indonesia ya...
    duh ga kebayang naik motor kaya gitu, kalo lewat polisi tidur mantebs suspensinya..

    @gadjah: jangan iri Bro.. tak baik itu hihihi... tapi emang kaki-kakinya kaga nahaaaaann... putus semua motor lokal...

    @teknik balap:yoi Bro, bodinya simple, malah jadi kaya moge beneran dibandingin yang kebanyakan gaya malah kecentilan. btw, motor buat nampang kan cocok buat safety riding... plus calon mertua ga was-was anaknya dibonceng motor yang begituan xixixi...

    BalasHapus
  9. Ala bused...itu cakram lebay banged. Haha...
    Urusan mesin mah gampaaang, kalo beneran masuk sini mah, abis tuh dikilik ama bengkel sini. Wuss wuss wusss...

    BalasHapus
  10. yoi Bro, di bore up jadi 300 cc, ganti liner, tenaga 22 PS bersih di roda belakang huhuhu, dah kaya Bandit beneran aja larinya ntar..

    BalasHapus
  11. wew...kaki2nya sangar...
    bodi bandit, mesin thundie 125 :P

    BalasHapus
  12. hmm, motor jerman rasa mocin juga nih....

    aslinya Qingqi QM1252D...

    http://www.qingqi.com.cn/uploadfile/2009041005115578QM125-2D%28B%29%E5%B7%A690%C2%B0.JPG

    http://www.qingqi.co.rs/en/qingqi_qm125-2d.html

    salam mocinrider

    BalasHapus
  13. tambahan

    http://photos.imageevent.com/comradecarl/moto/qingqi/08catalog/p4-5.jpg

    ambil dari sini

    http://www.mychinamoto.com/forums/showthread.php?t=40

    BalasHapus
  14. @Nunoe: yoi... n harganya ga beda jauh sama thunder hihihi...
    @adjokasep: hmmm kayanya ijk pernah baca nama situ, dimana ya?? PEnggemar motor klassik juga kah?
    Thanks infonya bro.. saya sabtu kemaren juga baru tahu nih pas baca2 majalah gratis hihihi..
    kalo ga salah malah dah dari tahun 1996 kreidler diproduksi di cina.'Nah justru karena dah lama itulah makanya soal kualitas ga bisa diremehin, dah pengalaman lumayan lama kan..
    makanya pas lihat harganya nyengir2 rada ga percaya juga sih, nah sekarang abis baca tuh majalah n terlebih dapet info dari ente, ane sudah dapat pencerahan.
    Btw, kalo emang yang bikin si Qingi dan yang diproduksi mereka sama kualitasnya sama yang buat pasar Jerman, wow, boleh tuh kalo diedarkan di tanah air, palagi seharga thunder 125 haha.. ijk pesen dah..

    BalasHapus
  15. hehehe, ane penggemar mocin bro, biasa beredar di serayamotor.com

    kalo mo nyoba usul aja ke vivamotor, sebagai ATPM QINGQI di indonesia...

    http://vivamas.com/

    Viva Motor Jembatan Lima
    Jl. KH. Moh Mansyur No. 165 D/9
    Jakarta Barat
    Phone : 021-6323808
    Fax : 021-6323922

    BalasHapus
  16. yoo diusulkan Bro..
    waduh, kalo saya sendiri ga ngerti banyak soal motor Qingqi di tanah air ada pa aja, jadi kalo mo ngusulkan langsung gimana gitu, apalagi ga pegang duit hikshiks...
    tapi kalo yang satu ini ampe beredar, baru deh namanya bisa jadi besar ya...Konsen di satu Produk aja, tapi TOP, minimal peluangnya aja dah bagus Bro..
    Kalo produknya punya karakter kuat dan ga ikutan pasar, bisa sukses dikit2 lah...
    di Berlin ni motor malah dah langsung ada klubnya tuh kalo baca di internet.. penting juga kalo tuh komunitas juga eksis di internet, bikin terlihat "besar".

    BalasHapus