Senin, 28 September 2009

Kalex AV1: Handmade Made in Germany





Buat Bro sekalian yang punya perkebunan duit, mau tampil dengan motor kencang, spek balap mulai dari mesin, fairing, rangka, hingga suspensi dan menjunjung tinggi kata "eksklusif", silahkan gebet motor yang satu ini... (Kalau saya sih kagak dah...).
Motor bergaya MotoGP ini memang dijamin eksklusif Bro, handmade gitu lho... Motor produksi Kalex ini saya ambil gambarnya dari ajang MotoGP Sachsenring lalu. Motor yang dinamai Kalex AV1 ini punya performa yang cukup lumayan lah. Mesin V-twin 60° 990 cc produksi Kalex di tune up lagi oleh partner mereka, Amann Motorradtechnik hingga berkapasitas 1100 cc. Caranya, piston diganti dari diameter 97 mm menjadi 102 mm. Sektor injeksi pun juga dirancang sesempurna mungkin, hingga mesin ini bisa menghasilkan tenaga 163 PS @ 9500 rpm dengan torsi maksimum hingga 126 PS @ 7500 rpm. Memang masih sekelas dengan superbike Ducati sih, tetapi memang bukan masalah power yang diutamakan sang produsen yang juga terima order memodifikasi motor untuk individu ini. Mesin dengan kopling kering ini dirancang memiliki titik bobot yang mendukung handling yang sempurna. Rangka, fairing hingga suspensi dibuat dengan teknologi sekelas produsen pesawat terbang dan dengan perhitungan yang bikin saya bingung (makanya tidak saya jelaskan lebih jauh hehehe... silahkan lihat sendiri linknya).
Intinya, motor yang berbobot kering hanya 155 Kg ini benar-benar akan dikirimkan ke pemiliknya sesuai dengan spek yang dikehendaki, misalnya warna, riding position yang disesuaikan dengan si pemesan, ukuran velg Marchesini karbon pun juga disediakan yang ring 17 atau 16,5 inci dan tentu saja bannya. Peranti elektroniknya pun sudah cukup advance untuk mendukung si pemilik menjadi yang tercepat di sirkuit. Motor yang diproduksi produsen yang sedang membangun motor untuk ikutan Moto-2 ini dijamin memiliki akselerasi dan handling mencengangkan. Harganya pun lumayan mencengangkan, sekitar 4500 Euro lebih mahal dibandingkan Ducati Desmosedici yang dilego di sini 61500 Euro! Kapan yah di Indonesia yang mulai kebanyakan modifikator bisa begini... maksudnya mulai bikin motor sendiri gitu, syukur-syukur 250 cc berfairing dan asli bisa buat balap... (harga harus harga mahasiswa pastinya hihihi...).

Foto: HP-Klassikku

11 komentar:

  1. wow...keren...
    wow...mahal...
    btw, mereka bikin mesin sendiri yah??ngga kayak bimota..pake basis enjin pabrikan lain tapi bikin sasis dan bodi sendiri...

    BalasHapus
  2. Kayanya begitu..bikin sendiri, sedeng juga, makanya mahal ga ketulungan.. kalo dibikin massal, mestinya sih tuh motor masih dibawah 25000 Euro kali ya..
    yoi, nungguin ada modifikator jago yang sanggup ngikutin Bimota..
    mestinya sih bengkel n bisnis besar yang sekelas AHRS dah bisa mulai bikin motor balap paketan tanpa nungguin order datang.. ya riskan sih tapi kalo dari segi itung2an.. tapi kapan lagi mo mulai? Kalo misalnya dia nerbitin Ninja AHRS yang powernya masuk 35 PS bersih di ban belakang dengan harga masih dibawah 65 juta, sapa tau laku.. tapi biar bisa gitu mereka mesti mulai belajar bikin bodi FUll Karbon n handel2 n Footstep magnesium tuh..
    baru kesananya mulai bikin sasis or sukur2 bisa bikin suspensi..
    kalo ga disini juga ada yang modelnya memodifikasi suspensi standard, sulingnya dimodif n ada part yang diganti.. tapi itu emang mesti profesional bgt n butuh waktu ampe bisa punya "nama".

    BalasHapus
  3. kalo dari yg saya baca2 sih, ada modifikator yg bisa bikin sasis baru untuk ninja 250R..kalo gak salah di Jogja..
    tuning mesin yg ngehasilin tenaga hampir 40 dk di ninja 250R juga ada..
    modif suspensi juga ada..malah dipake untuk roadrace..
    tapi mereka bengkel, dan ngga terlalu gede...
    misalkan mereka di rekrut oleh AHRS dan merilis "AHRS KN250R", rasanya harganya bakal melambung tinggi..apalagi kalo misalkan pake part2 yg dari karbon, magnesium, titanium dll..kurang cocok di pasar Indonesia..terlalu eksotis..hehehe...

    BalasHapus
  4. Maksudnya terlalu mahal gitu kan hihi.. takut jatoh rusak, akhirnya ga dipake balapan.
    Ya kalo ijk pikir, tujuan utama bukan bikin rangka deh, susah kan tuh, bener ga handlingnya lebih bagus atau bobot jadi lebih ringan? Atau kalo jago lagi rangka barunya memnugkinkan posisi mesin agak digeser2 kaya punya RSV4 sama si AV1...
    Mesin aja dulu deh yang diuber..
    pingin bikin artikel penjenjangan balap pake KN250R, tapi lagi kocar kacir cari tempat tinggal nih huhu..
    terus kasihan ada mahasiswa indonesia bolak balik berlin-jena cari kamar, tapi ga dapet2.. ya dulu saya ngerasain abis pulsa ampe 50 Euro n cari2 terus ampe 5 hari..
    masalahnya kalo rebutan sama banyak orang kan susah, apalagi orang asing..
    dari universitas juga terkesan lepas tangan soal tempat tinggal..
    ijk ngajuin dari bulan mei ga ditanggepin tuh..Katanya masih ada ratusan yang senasib! Sedeng ga sih, bayangin aja yang baru dateng dari jauh kecapean, duit dah tipis tapi ga bisa buka rekening bank gara2 ga punya kontrak kamar..
    kalo tinggal privat juga masti ati2 bikin perjanjian, kalo orang asing kadang dikerjain, dulu ij ampe semper mesti bayar dua kamar, jaminan ilang..belom lagi tipu menipu..ilang duit ampe 800 euro lebih huhuhu... (bisa buat modif tiger jadi berpenampilan RC sableng tuh huhuhu).
    kemaren tuh mahasiswa coba ta telpon, tapi ga diangkat.. kasian sih.. saya aja dah kebingungan gini, apalagi dia..prustasi kan rasanya kalo dari kampusnya sendiri cuma bisa bilang sori, kita ga bisa ngapa2in!
    Halllooo.........
    kemaren ijk ke bagian yang ngurusin tempat tinggal, n hasilnya gitu lagi.. katanya sih kita mesti setor muka tiap hari, walaupun mereka bilang ga punya tempat.. mesti rada2 melas n ngancem gitu deh, ya susah deh... orang indonesia karakternya kan ga begitu..
    disana pun banyak juga yang ngantri dengan masalah yang sama!
    kemaren dateng satu dari usbek, nginep di tempat ijk, terus barusan dah ijk anterin daftar, dia juga ga punya tempat..
    huhuhu.. cape euy...
    lho kok jadi curhat gini.. maaf sodara2 huhuhu...

    BalasHapus
  5. bro arie
    jangan menyerah bro. itu seninya berjuang. kalo ente terbiasa menghadapi kesulitan, besok2 kalo menghadapi kesulitan lagi akan terasa gampang. apalagi yang tingkat kesulitannya dibawah dari yg skrg.

    biasanya kalo gw menghadapi kesulitan, gw inget 2 hal.
    1. masih banyak sodara2 kita yang menghadapi kesulitan jauuuh daripada yang kita alami. contoh : daerah peperangan, daerah kekeringan, daerah bencana.
    2. ingat bahwa Allah gak akan memberikan cobaan yang melebihi kemampuan kita.
    banyak2 baca Al-Insyirah bro. Insya Allah sukses, yg penting banyak bersyukur, ikhlas dan jangan banyak mengeluh.

    good luck.

    BalasHapus
  6. thx dah ngingetin Bro.. emang beberapa hari ini saya sadar, jadi suka ngeluh (or curhat???). Tapi kemaren pas dapet kabar soal Bro Imam (mahasiswa kita dari Berlin yang mo studi di Jena), saya jadi lebih sadar, keadaan saya jauh lebih baik. Dia malah ampe mondar-mandir Berlin-Jena buat cari kamar.. ongkos kereta mahal bgt lho...
    Hari minggu ini dia harus keluar dari asramanya di berlin, dan di jena belom dapet.
    tadi dah saya telpon, dia bilang oke bisa tinggal bareng saya.. dapet kamar juga susah, mungkin ke kota sebelah. Abis denger keadaan dia, saya jadi malu hihihi.. bayangin aja, dia baru belajar bahasa Jerman dan harus ngalamin ketidakpastian kaya gini.. ya walaupun ga ada apa2nya dibandingin perang... Langsung inget aja pas dulu saya luntang lantung gitu, dan itupun ga perlu mondar-mandir berlin Jena lho..
    Insyaallah bisa dapet Bro.. apalagi si Imam bilang bersedia bareng, jadi bisa cari tempat tinggal yang agak besar, kemungkinan saingannya lebih sedikit.
    thx sekali lagi.. ni sifat ngeluh emang penyakit saya.. Alhamdulillah dah mendingan bgt abis tinggal di Jerman dan ngalamin yang namanya terpaksa hijrah ampe kedua kalinya.. dan kali ini terpaksanya itu karena digampangin sama orang.. mungkin "digampanginnya" ini yang bikin saya agak linglung dan sakit hati, tapi jangan saya ceritain lah.. nambah dosa ya ceritain sisi negatif orang, apalagi sama2 muslim.
    sekali lagi thx bro.. Alhamdulillah saya sehat dan siap tempur nyari Wohnung kok hehe.. n mudah2an ga bikin tabungan bolong (ga jadi beli CB200 nanti huhuhu...---halah ngeluh lagi....)

    BalasHapus
  7. wew...ngga kebayang kalo itu kejadian sama saya...
    saya tipe orang yg bingungan kalo ada di tempat yg baru/asing..apalagi ditambah masalah bahasa, makin bingung lagi.. *halah..ngikut curhat..

    tapi..bener yg dibilang sama bro jombloati..kalo dah ngalamin sesuatu yg berat, bakal lebih santai ke depannya kalo ketemu hal yg sama...soale dah tau trik2nya..hehehehe...

    BalasHapus
  8. wkwkwk...percaya atau tidak, kuliah saya dulu dari hasil ngamen, sales bahan bangunan, jongos, surveyor, supir truk, sampe kernet truk.
    semua saya lakukan dengan tanpa mengeluh, tapi yang namanya jadi sales bahan bangunan...wuiiih.... bener2 kayak orang ngemis..., dicuekin, dicibir, dihina, dimusuhin sales lain, panas, bau, capek. makanya saya sekarang bermuka tembok bermental baja, kaga bakalan marah diapain juga ama orang. hehehe...

    tapi ya semua terbayarkan lunas begitu kita diwisuda. rasanya bener2 ploooonggg....

    btw, curhat mah boleh2 aja bro. tapi kalo berkeluh kesah, beda lho. hehe. santai aja bro, enjoy the process of being a REAL MAN.

    BalasHapus
  9. @Nunoe: yoi, gitu deh kalo di tempat asing, apalagi kalo dah jadi korban penipuan, awaannya curigaan aja n takut sama orang.
    soal ngalamin yang berat, dulu pas kuliah ada dosen angker bgt deh.. bayangin, pelajaran dia cuma seminggu sekali, tapi dalam seminggu itu mesti ngurusin pelajaran dia mulu, yang lain terlantar. Gila aja, presentasi tiap minggu! HAhaha.. ketawa sendiri sih kalo inget jamannya kerja kelompok ampe ga tidur ampe teler, malah ketiduran di kelas lainnya, padahal dosen jermannya ngajar berdiri di depan ijk hahaha...asli ga kuat lagi..
    belom lagi nyampe lari2 ngangkut komputer gara2 datanya ga bisa di save di disket..
    belom lagi yang ampe ke rental sampe bilang: "bang, tidur aja bang, kita jagain deh rentalnya yah" hihihi...untung dikasih ama yang punya rental. asli semaleman ampe jam 9 pagi, terus besoknya dateng ampe telat 10 menit gara2 kita ngetiknya too slow, eh papernya ga dibahas n kita diomel2in hihihi..
    abis tuh mata kuliah lewat, kita seangkatan pada ngerasa ga kuliah lagi gara2 ngerasa kesantaian hihi..

    @jombloati: situ emang top bgt deh ah... gileeee....
    kalo ijk di tanah air paling sambil kul ngangon domba, melihara ikan n ngebon, tapi ga ada yang bayar hihihi...
    paling ga enak itu emang kalo mesti ngadepin orang lain yang gimana gitu... kalo kercja cape badan aja sih buat saya ga masalah, tapi kalo ampe sakit hati, wwduh.. situ emang top deh.. jempol sekelurahan buat ente!

    hari ini jam 7 pagi dah keluyuran, sayang tempat yang dituju sudah fenuuuh.. tapi tetap semangat..
    ga ada apa2nya dibandingin saudara2 kita yang kena musibah gempa di sumatra barat.. mudah2an mereka diberi ketabahan dan petunjuk Allah SWT... mudah2an penyaluran bantuannya bisa cepat..
    bingung kalo dah ga punya rumah gitu yah.. aduh, saya ga tau deh kalo ampe ngalamin yang begitu..

    BalasHapus
  10. wkwkwk....
    kaga usah pake jempol2an, kalo situ mau langsung kirim hepeng aja ke rekening saya di Cayman Island.
    btw, akhirnya kepengen juga nih corat-coret di internet. kayaknya lucu juga yah...
    ikutan belajar ngeblog ah...
    saya terinspirasi dari ente, gak punya komputer, internet dari kampus, tapi bisa nulis blog.
    ikutan ah... :D

    BalasHapus
  11. Hihihi.. eh huhhuhu.. ijk terharu bisa menginspirasi seorang jombloati.. ada juga kebalik kali, kisah situ yang menginspirasi...
    btw, blog apaan nih? Blog pelet-memelet untuk pemula kah? wiwkwiwkkwiwkiwki..
    MAju terus.........
    sekarang ijk mo cari kamar lagi hihi..brrrrr mulai duingin euy....

    BalasHapus