Senin, 29 Juni 2009

Kenapa Spidometer Mayoritas Sesat?

Kalau Bro rajin baca hasil test ride media-media yang valid dan tidak doyan melebih-lebihkan, Bro pasti tahu karakter spidometer motor. Yup, doyan korupsi.... Dari motor bebek hingga kelas superbike pun, spidometernya sama saja, sama-sama doyan korupsi. Bedanya, kalau di kelas superbike di spidometer tertulis 300 Km/jam tetapi aslinya hanya sekitar 295 Km/jam, maka di motor-motor yang lumrah beredar di Indonesia, yakni bebek dan skubek, korupsinya termasuk gila-gilaan. Kecepatan yang sesungguhnya hanya sekitar 90 Km/jam bisa tertera sekitar 110 Km/jam di spidometer.


Kenapa sih spidometer doyan korupsi? Katanya sih supaya yang bawa motor takut dan segera mengendurkan tali gas kalau spidometer menunjukkan kecepatan tinggi.... Apakah benar demikian? Bukannya kalau spidometer menunjukkan kecepatan diatas 100 Km/jam maka si pengendaranya malah terpancing untuk menggeber kendaraannya lebih cepat lagi? Bahkan tidak jarang semakin menguatkan niat mengorek motor. Ini saya pertanyakan, sebab korupsi spidometer di motor kelas bebek ataupun skubek tampak terlalu parah...

Namun, sepertinya korupsi semacam ini akan terus berlangsung, apalagi untuk pasar motor Indonesia. Bukan apa-apa, kan di negara kita, motor yang top speednya tinggi akan dibilang bagus dan canggih. Nah, hal ini tentunya dapat mendongkrak penjualan dong... Misalkan ada motor bebek A yang di spidometernya tembus 120 Km/jam (padahal bohong) dan motor bebek B tembus hanya 105 Km/jam (mencoba jujur). Kalau kita anggap kedua motor bebek ini diproduksi 2 produsen yang secara goodwill seimbang dan secara desain, fitur dan harga beda-beda tipis, nah tentunya faktor top speed ini yang dijadikan pertimbangan untuk mengambil keputusan akhir kan...

Jadi, wajar saja kalau tradisi korup di spidometer motor-motor kelas ringan di Indonesia merajalela, dan kemungkinan besar akan terus berlangsung, wong produsennya malah untung kok... Jadi, apakah hidup Bro sebagai bikers benar-benar bebas dari kesesatan? Wong spidometernya pada sesat semua kok.....


Foto: HP-Klassikku

11 komentar:

  1. ahahahahahahahaha......
    di indonesia bukan cuma speedometer motor aja yg korupsi, tp mobil xenia-avanza juga sami mawon. penipuan ini juga bukan hanya meningkatkan top speed, tp juga memperbanyak jumlah odometer, jadi seakan-akan kendaraan itu lebih irit.
    pernah jejerin avanza dengan peugeot 306. avanza udah tereak2 masuk 140, peugeot masih 110-120an. si avanza diketawain laaah....

    btw, pake nama arief karena kalo logout dari google, mau komen disini susah banget (walaupun pake akun wordpress)

    BalasHapus
  2. Wah baru tau kalo odometer dikadalin juga... ada juga yang punya rugi dong... ntar jual lagi jadi lebih jatoh dong kalo km-nya tinggi.
    Sekalian aja tuh meteran bensin dikadalin, pas tinggal sperempat baru turun mendadak...
    hmmm.. kenapa susah yah? kan ni blog terbuka untuk umum kok, mungkin kaya naik awannya Son Ghoku kali ya, tuh si awan kinton (nulisnya gimana ya???).
    Hanya orang sesat dan mantan normal yang bisa komen disini wakaka....

    BalasHapus
  3. mio ane mentok di 115 kpj...
    itu gatau korupsinya berapa persen..
    tapi emang bener, dulu pas punya motor supra 2nd yg spido-nya mati, geber berapa aja gak ngeri.(keknya emang supra gak bisa ngebut deh.. :P )..pas ganti mio, tiap betot gas, lirik spido, begitu keliatan hampir 100 kpj, kendorin lagi...ngeri...hehehe...

    BalasHapus
  4. hmmm tampaknya trik tepu2 di spidometer berfungsi baik bagi saudara Nunoe..
    dulu waktu temen ngikutin naik Nouvo, dia bilang jalan ampe 90 Km/h, padahal spido Tiger cuma nunjuk 80, tau deh bener apa gak.. soalnya kan dia nguber, jadi mungkin agak sempet lebih tinggi kecepatannya..
    ada mestinya di spidometer di angka 100 diganti simbol tengkorak atau gambar pocong gicu, biar pada takut modiar wiwkwiwkiwikik

    BalasHapus
  5. wah kalo mau yg jelas2 beda mah jejerin aja sama bajaj pulsar.
    dah keliatan banget dah bedanya, mana speedometer pulsar pake digital kan.

    mending kayak toyota kijang box lama aja, kalo kecepatan 100 km/h ada bunyi peluit. priiiiiiitttt.....
    kan gak tahan tuh kebut2an sambil jualan kue putu....xixixi....

    BalasHapus
  6. Bener kata bro jombloati (cuman anunya pasti gak jomblo..:p) spido digital n analog jelas banget bedanya..

    Waktu itu pernah test spido pulsar 200 n GL pro ..GL udah berapa, pulsar masih anteng aja spidonya..selisih sekitar 10kpj..pulsar 50kpj, GL udah 60kpj.

    Kalo baca di sebuah tabloid, perbandingan keakuratan spido satria n pulsar yg sama2 digital hanya beda dibelakang koma..

    ya semoga bro Tiger Hitam bisa ngasih pencerahan lebih lanjut :D

    BalasHapus
  7. Jombloati: wah berubah juga ente.. jadi inget kartun ranma 1/2 nih.. Saudara Arief kalo kena air panas langsung jadi jombloati ya wkakakaka.....
    lho kok gitu kijang box? bingung ijk, gara2 getaran kah? apa ada alarmnya? ampun deh naik mobil gituan kenceng2.. limbungnya bikin atuuuuuttttt

    Togog: Hmmm digital pada prinsipnya bukannya sama aja? tergantung setelan juga sih... saya ga paham cara kerjanya, tapi kalo berdasarkan putaran roda sih ga bakal akurat2 amat.. kan kondisi ban bisa beda2.. apa tekanannya kuat apa ga, apa baru apa ga, apa produsennya sama apa ga, akhirnya meleset ke diameter ban yang beda2..
    hmm.. pernah denger, pernah denger2 doang nih... katanya 150 km/h di satria FU = 138 Km/h asli..
    lagian kita mah ga usah pusing2 lah, wong bukan mo turun balapan kok
    BTW, Kalo Bro Togog mencari pencerahan, ijk bukan orang yang tepat, kalau mencari kesesatan, Bro tidak salah lagi kemari wakakaka.....

    BalasHapus
  8. tull...
    setau ane, spido digital di pulsar ato FU sebenernya tetep analog..tapi dibuat bertampilan digital.. (kalo gak salah..)

    kalo mau lebih akurat??use GPS :P

    BalasHapus
  9. ga usah akurat2an lah.. just enjoy the ride aje hehe...
    GPS masih mahal sih.. lagian di indonesia banyak orang yang bisa ditanyain kalo nyasar, makanya susah laku tuh gps

    BalasHapus
  10. Kebetulan Bro, ane selaku pengguna Tiger Revo, pernah mencoba melaju hingga kecepatan hingga 140 kmj (berdasarkan speedometer) pada trek lurus antara Tanjung - Muara Uya(Kalsel).

    Persis di belakang adalah Bajaj Pulsar yang kata ridernya, speedonya waktu ngejar saya hanya menunjukkan bilangan 110 - 120 kpj.

    Plus, semenjak ban belakang Tiger Revo dipasangi Bridgestone Battlax ukuran 120/80 - 18, nyari 100 kpj aja susahnya minta ampun, waktu di coba di trek lurus yang sama, cuma tembus 120 kpj. Padahal waktu melesat 140 kpj ane boncengan dan bawa barang. Sementara waktu pakai Battlax malah sendiri.....

    ada penjelasan teknis Bro?

    BalasHapus
  11. HAllo Bro.. sori baru bales, kebetulan aja lagi bolak balik komentar Blog.. maklum, disini kalo ada komentar baru masuk ga ada indikatornya..
    Soal top speed bisa 140..hmmm dah canggih banget kalo bisa gitu standard.
    Kalo soal ban, dulu pas saya pake yang lebar, malah top speednya naik..
    yang nentuin bukan lebar bro, tapi diameternya.. makanya kalo ban belakang masih baru, top speed naik. mungkin yang bttlax lebih lebar, tapi profilnya tipis...
    terus ngaruh juga arah angin.. kalo ga ngelawan angin, top speed gampang dapet, malah kalo angin dari belakang, bisa naik.

    BalasHapus