Rabu, 05 November 2008

Victoria Bergmeister Mematikan



Baru tau saya ada pabrikan motor made in Germany yang namanya Victoria. Perkenalkan, Victoria Bergmeister, motor bermesin 4 tak pertama yang diproduksi Victoria setelah Perang Dunia II, perusahaan motor Jerman yang eksis dari tahun 1899-1966. Sebelumnya, perusahaan yang didirikan Max Frankenburger dan Max Othenstein di Nürnberg, Jerman, menggunakan mesin boxer BMW di masa antara Perang Dunia I dan II. Pada tahun 1923, Victoria menggaet Martin Stolle dari BMW untuk mengembangkan mesin-mesin motor Victoria.

Pada tahun 1951, Victoria memperkenalkan V35 Bergmeister, motor bermesin V-Twin 64 derajat hasil rancangan Richard Küchen. Sebelumnya Victoria hanya memproduksi mesin-mesin 2 tak. Bergmesiter bisa diklaim sebagai motor Victoria yang paling terkenal. Motor yang baru bisa dimiliki umum pada tahun 1953 ini berkapasitas 347cc. Dengan tenaga 21 PS pada 6300 rpm, Bergmeister yang berbobot 177 Kg ini bisa mencapai 130 Km/ jam.

Motor yang menggunakan velg ring 19 ini memiliki gear box dengan 4 tingkat percepatan, tetapi tidak seperti motor pada umumnya yang menganut gear pada sistem perpindahan gear-nya, Bergmeister menggunakan rantai! (entah saya salah mengerti atau salah menerjemahkan, saya pun bertanya2????). Sebagai penggerak final, Victoria mempercayakan pada sistem gardan.

Bergmeister bisa dibilang produk ambisius Victoria. Produksi motor ini menelan biaya besar yang membuat perusahaan berdiri di tepi jurang kebangkrutan. Singkat kata, Bergmeister mematikan Victoria! Akhirnya produksi Bergmeister dihentikan pada tahun 1956. Setelah itu, Victoria hanya berkonsentrasi memproduksi motor-motor 2 tak berkapasitas kecil. Victoria yang mengalami kesulitan finansial akhirnya menikahi David Beckham (ngaco nih!!), yang bener: bergabung dengan firma Express Werke AG dan bagian sepeda motor Auto Union AG. Mereka menyebut diri mereka: POWER RANGER!!! Maaf, bukan jiplakan Google Five itu, tetapi mereka bergabung dan menggunakan nama Zweirad Union.

Sumber:

- Hugo Wilson: Motorräder, über 300 Klassiker. München 2007.
-Micro de Cet: Illustrierte klassische Motorräder, Enzyklopädie.
-www.meisterdinger.de

Tidak ada komentar:

Posting Komentar