Jumat, 07 November 2008

Böhmerland: Motor Gede, Asli Gede!!!

It's a tractor...it's a limo....no, its Böhmerland. Kalo ada angket yang harus dijawab bikers dunia yang mengerti motor klassik, pastinya nama Böhmerland jadi salah satu motor yang dinominasikan sebagai motor teraneh yang pernah diproduksi.

Böhmerland adalah motor produksi Cekoslowakia yang kini telah berpisah menjadi Republik Ceko dan Slowakia. Untuk pasar Cekoslowakia, motor rancangan Albin Liebisch ini dikenal dengan nama Cechie. Sepintas, motor yang diproduksi dari tahun 1925-1939 ini lebih mirip jembatan daripada sepeda motor. Atau mungkin mengingatkan kita pada jungkat-jungkit di TK karena warna standardnya yang merah-kuning. Motor ini ada yang diproduksi untuk 2 orang, dan ada yang untuk 3 orang, wow, kalo yang versi 3 orang bisa-bisa kena aturan three in one nih. Tidak puas dengan badan yang bongsor, bahkan ada versi khusus, untuk 4 orang dengan panjang 3,2 meter!!! Well, kayanya yang diorder untuk urusan ini Mak Errot deh..Artinya, Böhmerland cukup untuk memenuhi kebutuhan Bro yang ekstra leboy alias sanggup ngegebet 3 cewe sekaligus untuk satu kali kencan keliling kota.

Motor bermesin OHV 1 silinder 4 tak ini berkapasitas 598 cc, bahkan ada sumber lain yang bilang 603 cc (mungkin yang diukur Böhmerland dari tahun atau versi yang berbeda). Böhmerland tidak cocok buat Bro yang doyan ngebut, meskipun mesinnya bandel dan berkapasitas besar, tenaganya hanya 16 PS pada 3000 rpm. Ditambah dengan beratnya yang sekelas Harley Davidson: 227 Kg saja, itupun rodanya sudah dibuat dari alumunium cor yang ringan. Faktor-faktor ini membuat Böhmerland hanya mau berlari hingga 95 Km/jam saja.

Supaya bisa berkeliling Ibu Kota sampai Binaria, Böhmerland memiliki 2 tanki yang terletak disamping kanan dan kiri roda belakang. Bagaimana soal kenyamanan? Böhmerland memiliki suspensi depan yang bekerja terbalik, artinya bekerja menarik ketika pegasnya menegang, tidak seperti suspensi umumnya yang bekerja jika ditekan. Untuk suspensi belakang, aliran yang dianut adalah aliran sangat super minimalis, alias tuna pegas, alias rigit, alias tepos ash lover. Konstruksi mesin yang unik juga jadi jaminan, kalo Bro yang doyan mesin adem ayem dan bersuara halus dijamin menolak mentah-mentah naik Böhmerland: klepnya nonjol keluar!! Ga kalah berisiknya deh sama gambang kromong!!



Sumber:
-Hugo Wilson: Motorräder, Über 300 Klassiker. München 2007.
-Micro de Cet: Illustrierte Klassische Motorräder, Enzyklopädie.
-www.1990greif.de


4 komentar:

  1. salam hangat dari kami ijin informasinya gan, dari kami pengrajin jaket kulit

    BalasHapus