Jumat, 07 November 2008

Moyangnya Motor: Daimler Einspur


Ayo..sungkem dulu sama Mbah Moyang...Ini dia nih moyangnya benda-benda yang setiap hari mengantar kita kesana-kesini: Daimler Einspur.

Daimler Einspur boleh dikatakan sebagai motor pertama yang diturunkan ke muka bumi ini, yakni secara resmi pada tahun 1885. Meskipun sebelumnya ada motor 2 silinder karya Sylvester Roper pada tahun 1867. Masalahnya, motor karya Roper bertenaga uap, sedangkan Daimler Einspur adalah motor pertama berbahan bakar bensin. Kalo mas Bro lagi ke Jerman, bisa mampir ke Deutsches Zweirad und NSU Museum di kota Ulm, di sana si Moyangnya motor ini bersemayam. Letak museum ini tidak begitu jauh dari Frankfurt am Main, jika naik kereta, tapi kalo jalan kaki mungkin seminggu, kalo jalan jongkok, mungkin sampenya ke akherat.

Motor ini bermesin 1 silinder, 4 tak dengan kapasitas 264 cc. Soal tenaganya, ada yang bilang 1 PS pada 600 rpm (Micro de Cet), ada yang bilang 0,5 PS pada 700 rpm (Hugo Wilson). Motor ini memiliki rangka yang terbuat dari kayu, bobotnya hanya 90 Kg. Motor ini diciptakan oleh Gottlieb Daimler, seorang tukang insinyur Jerman. Dalam produksinya, ia dibantu anak didiknya, Wilhelm Maybach, yang diangkat Daimler menjadi chief-designer di bengkelnya.

Daimler Einspur lebih mirip kuda ketimbang sepeda, itu kalo dilihat dari tingginya. Joki tidak bisa menjejakkan kaki ke tanah, karena letak sadel yang mirip sadel kuda ini memang tinggi. Untuk itu, Daimler einspur diperlengkapi dengan 2 roda kecil untuk membuatnya tegak berdiri, ya seperti sepeda roda empat kita waktu kecil dulu. Daimler Einspur juga sudah melakukan jelajah negeri (liliput). Ia berhasil menempuh jarak antar kota sejauh 3 km saja dan tanpa mengalami masalah. Kecepatan maksimal saat pengetesan ini adalah 12 Km/ jam.

Sumber:

-Hugo Wilson: Motorräder, über 300 Klassiker. München 2007.

-Micro de Cet: Illustrierte Klassische Motorräder, Enzyklopädie.

-www.wired.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar