Kamis, 04 Juni 2009

Pulsar Yang Bukan Bajaj









Di tanah arie, nama Pulsar langsung dikaitkan dengan Bajaj. Wajar, kan tidak ada pabrikan lain yang mengeluarkan produk dengan nama Pulsar. Kalau di Jerman, rasanya hampir tidak ada yang mengaitkan nama Pulsar dengan Bajaj, sebab di Jerman Bajaj tidak ikut meramaikan suasana. Bikers Jerman sebenarnya juga mengenal Pulsar, tepatnya Kymco Pulsar.
Kymco yang merupakan singkatan Kwang Yang Motor Corporation salah satu pabrikan sepeda motor terbesar di Taiwan.Nama Kymco sendiri baru eksis pada tahun 1992, perusahaannya sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 1963 berkat kerjasama dengan Honda.
Berbeda dengan Bajaj, Pulsarnya Kymco mengusung mesin lebih kecil, yakni mesin 4 tak berkapasitas 124 cc. Mesin berpendingin udara ini bertenaga maksimum 11,6 PS @ 9500 rpm. Pada tahun 2003, motor berbobot kosong 131 Kg dan memiliki 5 tingkat percepatan ini bisa dimiliki dengan membobol ATM sebanyak 2480 Euro. Motor yang dilengkapi kick starter untuk mereka yang senang berolah raga dan juga elektrik starter untuk mereka yang takut kurus dapat digeber hingga 105 Km/jam. Dengan tanki yang berkapasitas 13,5 liter, Pulsar tampaknya bisa diajak jalan-jalan jauh, sebab konsumsi bahan bakarnya berkisar antara 3-5 liter untuk 100 km, ya tergantung cara berkendaranya juga sih... Motor kecil ini juga termasuk pekerja keras, sebab dapat membawa beban hingga 181 Kg! Bisa boncengan ber-3 atau ber-4 nih (stuntman mode on).
Motor kelas capung ini mengincar bikers pemula, sebab dengan SIM kelas A1, alias paling rendah, biker pemula sudah dapat mengemudikannya. Jika si bikers pemula sudah berumur lebih dari 18 tahun, maka doi tidak perlu mengkebiri si Pulsar hingga top speednya mentok di 80 Km/jam saja.
Sayang Kymco di Indonesia tidak memasukkan si Pulsar, barangkali nasib Kymco di Indonesia sekarang bisa jauh lebih baik jika mereka berani memasukkan Pulsar dari awal. Siapa tahu kebagian kuenya Thunder 125... Atau takut sama Bajaj Pulsar karena namanya sama????? BTW, kalau dulu-duluan urusan nama, saya juga tidak tahu. Namun, si Kymco Pulsar sudah ada cukup lama kok. Entah tepatnya kapan, tetapi ada laporan test ridenya dari tahun 2001. Dari fotonya yang saya bajak dari sana-sini, terlihat kan evolusi tampang si Kymco Pulsar....

5 komentar:

  1. kalo dari wiki sih bajaj pulsar sejak 2001..
    dan dari wiki juga, kalo kymco pulsar itu desainnya jiplakan dari Honda CG125..
    tapi modelnya gak asik ah, masih enakan Suzy Thunder 125 diliatnya..

    BalasHapus
  2. wa sempet2nya ngewiki hihi.. jiplak CG? kirain jiplak Bajaj, ada mirip2nya dikit..
    masih lucuan thunder 250 emang.. Kymco desainnya kurang cocok sama selera kita.. kayanya berkiblat ke India ya..

    BalasHapus
  3. hehehehe...
    cant live without wiki..
    huuh...desainnya aneh..apa karena orang indonesia terdoktrin kalo motor laki itu seperti tiger?? :D
    tapi menurut wiki sih, desainya jiplak CG karena model itu laku keras..

    BalasHapus
  4. hoooo....
    cant live without jiplakan
    :P

    BalasHapus
  5. @Nunoe: hihi... kalo yang nulis wiki ijk gimana??? bingung kan hehe..
    Hmm.. Kymco Pulsar ada yang mirip Pulsar, ada yang mirip mega pro, ada yang mirip thunder 125, ada unsur scorpionya juga.. ada yang mirip Tiger juga ya? Kayanya yang abu2 lampu bulet kan? Yang mirip bgt sih peleknya..
    jangan2 desainnya culun gara2 diancem Honda:
    HEH.. Lo kan gw dah bantuin, desain jangan cakep2 ya!!!

    @jombloati: xixix... avatar situ aja njiplak haha.......
    jangan2 situ buka usaha sablon ya? no wonder lah kalo yu olang cant live without jiplakan xixixi..

    BalasHapus