Kamis, 04 Juni 2009

Murah Meriah Bersama 2 Tak



Salah satu hal yang paling bikin saya susah berkonsentrasi adalah motor, tepatnya mikirin motor apa yang nanti mau menemani si Tiger hitam nanti, maklum, doi merengek mau punya adik. Selain bergaya cafe racer, gaya sport full fairing juga sering nyantol di benak saya. Syaratnya mudah saja: cantik di mata, liar di tangan dan sejuk di kantong...


Soal cantik di mata sih paling mudah diatur, dengan dana 3 juta rupiah sudah bisa mewujudkan motor full fairing, maksudnya beli fairing dan bodinya saja. Soal liar di tangan, hmmm, kepikiran sih mau mempersunting Yamaha Scorpio yang tentunya akan menderita menjadi bahan praktekan tangan saya yang doyan ngotak-ngatik bin tune up. Namun, menuju kriteria ke-3 yakni sejuk di kantong, tampaknya Yamaha Scorpio belum terlalu sejuk di kantong untuk dijadikan bahan dasar, belum lagi mesti bayar pajaknya tiap tahun.


Kebetulan saya menemukan sebuah komik berjudul Duft der Jugend alias Aroma Masa Muda di majalah. Isinya tentang seorang biker yang baru saja membeli sebuah motor murah meriah, yup 2 tak! Saat motor itu di test ride, biker lainnya bukan pada dongkol karena asap yang ditimbulkan, tetapi malah mengikuti si sumber asap. Alasan mereka: kangen masa lalu..... Tak beda juga dengan bikers di Indonesia yang minimal punya jam terbang 10 tahun, pasti masih akrab dengan aroma khas asap 2 tak. Sebenarnya yang menjadi daya tarik 2 tak adalah tenaganya yang meledak-ledak, dengan kapasitas 100 cc, motor 2 tak setara dengan motor 4 tak berkapasitas 180 cc (yang secara teknologi dan bobot sebanding). Belum lagi biaya korek mengorek dan harga komponen motor 2 tak yang relatif lebih murah, hari gini, siapa sih yang tidak terbius dengan kata murah!


Singkat kata, kandidat calon motor yang mau saya gebet adalah: Yamaha RX-Z/Yamaha RZR/ Yamaha RX-King/Suzuki RGR. Alasannya: Bahannya murah (Kadang 2 juta udah dapet lho...), ngoreknya murah, pajaknya pun murah. Suzuki RGR tentunya yang paling gampang disulap jadi motor balap full fairing, karena sejatinya memang motor balap full fairing, rangka sudah sporty, suspensi belakang pun sudah monoshock. Namun, saya mau Yamaha hehe..... Bukan apa-apa sih, alasan emosional dan selera saja. Lihat kan gambar TZR 125 di atas? Nah, kira-kira seperti itulah tampang motor sport harian saya nanti, yup, fairing dengan buntut sembalap tahun 90-an dan cat zamannya Max Biaggi masih di Marlboro Yamaha. Dengan jebloknya harga motor massal 2 tak, impian itu semakin dekat... Kira-kira hitungannya begini:


Yamaha RZR terlantar= Rp.3 juta
Biar RZR sehat wal'afiat= Rp. 1 juta
Velg lokal + Ban 110/17 n 130/17+ Cakram depan lebar = Rp. 2 Juta
Monoshock biasa aja + pasang= 1 Juta
Bodi full fairing+Buntut+Kondom Tanki= Rp. 3 Juta
Ngecat Sendiri= Rp. 500 ribu + 1 minggu + pegel-pegel ngamplas
Tune Up (top speed 140 Km/h cukuplah...) + Knalpot racing lokal= 1 Juta
Total= Ga nyampe 12 Juta kan yummy.....


Memang kalau untuk dijual lagi rugi, tetapi kalau untuk dipakai sendiri puas kan.. Ya begitulah nasib kebanyakan motor modifikasi...... Namun, ada yang mengubah pendirian saya untuk meminang motor 2 tak jadul yang tidak ramah lingkungan. Minggu kemarin, saat hari lingkungan hidup, sebuah stasiun TV menayangkan film berjudul Home, sebuah film dokumenter baru bertema lingkungan. Isinya sih biasa, tentang lingkungan hidup. Namun entah kenapa, film yang pada awalnya saya anggap remeh akhirnya membuat saya memutuskan tidak jadi mengadopsi motor 2 tak.


Di satu sisi sih nafsu banget bergaya Max Biaggi dengan motor ala Marlboro Yamaha, tetapi di sisi lain sedih juga kalau saya menjadi makhluk yang lebih banyak menghancurkan alam dibandingkan melestarikannya. Sebagai orang Indonesia yang tinggal di Jakarta, sedih juga kan kalau harus lihat Jakarta nantinya tidak bisa dihuni lagi karena banjir yang terus menerus karena permukaan laut yang naik. Atau di Jerman sendiri saat ini sering terjadi tornado lho, sebuah fenomena yang tahun-tahun sebelumnya sangat jarang terjadi. Penyebab tornado simple saja, yakni ketika aliran udara dingin bertemu aliran udara panas. Iklim Eropa yang dingin mau tidak mau berkenalan dengan aliran udara panas merupakan buah karya global warming.


Di satu sisi, banyak pecinta alam yang berkorban besar untuk melestarikan alam, seakan-akan mereka tidak punya kehidupan pribadi saja...Atau mereka pada stress ya???!! Atau mereka pengangguran??!!! (Salut melihat perjuangan orang-orang ini!). Di sisi lain, orang mengembangkan teknologi ramah lingkungan yang memakan biaya sangat tidak sedikit! Di sisi lainnya lagi, banyak yang sadar dirinya merusak, tetapi mau-tidak mau harus melakukannya karena tidak ada pilihan lain. Kalau saya??? Hmmm, minimal saya masih bisa memilih........




Foto: HP-Klassikku

15 komentar:

  1. motor 2 tak kalo perawatannya bagus, ngga ngebul kok...
    contohnya Aprilia RS125 :D

    BalasHapus
  2. Whohohohohoho....
    Ane tau ni bwt ngisi liburan musim panas ya? Bisa aja ente bro, kapan pulang? btw ik bisa nitip apa nih sama je dari sana yg murah2 gt?
    Ngomong2 kalo motor dah jadi kalo ada sumur di ladang dong?

    BalasHapus
  3. baca artikelnya asyik juga, tapi endingnya kok bikin gak enak ati sih, he..he... bukan apa2 sih soalnya saya lagi punya impian buat meminang 2 tak nih. he..he... diawal artikel saya pikir wuih klop nih ama maunya aku, eh sampe endingnya ani klimaks. he...he.... tapi denger2 bukannya 2 tak dibawah 150 cc masih bisa dibikin ramah lingkungan.

    BalasHapus
  4. mmmhhhh... merindukan wanginya campuran bensin dikasi R30 + oli samping castrol (kadang2 pake agip juga).....
    aroma yang menyembur dari knalpot model singkong jadul.....
    nguutt...nguutt...nguuuuuuuutt...!!!

    BalasHapus
  5. Wow.. tumben rame.. masih aman tapinya, belom ada 9 orang kan.. kalo ada ijk terpaksa tereak2:
    Geser..geser...kiri-kanan 6-4, 6-4...

    @Nunoe: itu sih motornya yang bagus.. masa oli sampingnya pake minyak jelantah xixixi...
    Kalo Aprilia sih namanya mahal meriah kaleee...

    @Petromaxx: Wah akhirnya ada penampakan kembali hihi.. kebanyakan bulan madu ama scorpio nih kayanya... Ijk disini aja Bro, sibuk bikin tugas akhir, ga bakalan mudik musim panas.. wong sudah bersumpah palapa, tidak akan mudik sebelum kul kelar...
    kalo ada sumur di ladang, asal harga cocok aja xixixix... (kapitalis kambuh)

    a'lilin: hehe.. ikutan tersesat juga sampeyan..
    Wow, endingnya ani klimaks... kalo eva klimaks? linda klimaks? waaaa... (atas alasan kesusilaan tidak akan dilanjutkan-red)
    2 tak masih bisa kok dibuat ramah lingkungan, cc besar juga bisa, tapi teknologinya mahal, belom bikin motor tambah berat, tenaganya juga kekorting banyak.. ujung2nya harga, tenaga dan bobot ga jauh dari 4 tak... makanya ditinggalken

    @jombloati: wah ni dia nih yang bunyinya nguuuuuuuutttttt... NSR apa RGR tuh?
    tapi yang doyan knalpot singkong kan RX King ya?
    btw, singkong ada yang modernkah? bukannya dari dulu singkong gitu2 aja bentuknya? di tukang tape juga gitu2 aja bentuknya.. (mabok mode on),
    kabooor naik King knalpot bobok
    crrrrreeeeeeeettt... tttteeeeeeeeeeeetttttt

    BalasHapus
  6. Ahahakz ..haks ..haks.
    Tau aja ente bro
    Iya nih kantor-bengkel-kantor bengkel route nya lagi bingung mau di bikin baju keker kaya fz apa jangkung kaya rencana awal masih ganti2 mulu modipikatornya sampe geleng2 angguk2
    Terlanjur jual motor trail jadi2an.. ga nahan lgsung liat klx 150 nanggung ya udah scorpion-king di bawa eh adeknya keluar busyeeet dah
    Btw 2tak pake oli liter an yang ngejualnya pake drum hahahaha di lamer pasti gagah ky jagoan ga ada yg berani deket2 di jamin ahahakz hakz hakz...

    BalasHapus
  7. fogging di lampu merah
    hahahaha....
    :D

    BalasHapus
  8. bengkel-kantor-bengkel-kantor????
    wah situ ga pulang2 dong? Jangan ngikut2 bang Toyib gitu dong, kasihan anakmu2 panggil2 namamu wakaka....

    kebablasan beli scorpio nih? makanya Bro, orang sabar ada aja rejekinya hehe....
    kalo beda bodi n mesin doang, tapi tenaganya setingkat, ga rugi kali.. motor baru pajaknya itu lho yang bikin males, onderdil juga jarang.

    wah, kalo punya scorpio ta bikin kaya M1nya biaggi di marlboro yamaha hehe... duh gurih bgt tuh warna merah putih item...mo ambil scorpio masih mahal sih.. pajaknya juga mahal kayanya.. ntar setaon sejuta lagi buat bayar pajak tiger ma ade barunya..wah senewen juga..

    @Nunoe: bukan fogging ah, special effect xixixi.... kaya film baja hitam, kan pake asep2 gitu di kegelapan.. sangar, biar penjahat kabooorr..
    (jodoh pun ikut kabooorrr....)

    BalasHapus
  9. xexexe... RX-K bro, knalpot made in tidar surabaya, punya abang gw
    bensin seliter cuma buat 7 kilo. ampuuunn dah... pernah pake sekali, gw betot gas bukannya ngacir malah ngejengkang...
    jadi inget dulu pas jamannya kampanye2an, oli samping gw tambahin pak pung oil...xixixi....
    pedes banget kena mata, cekakak cekikik liat yg dibelakang pada kepedesan matanya...xixixi...
    (pak pung oil = semacam minyak angin)

    BalasHapus
  10. waaakakakkaakka.....
    yu olang jahat kali wakaka... buset deh mo ngakak asli gw...mampus bgt nih lagi di perpus wakaka...
    duh sakit perut
    ga sekalian campur sarap sarin, mate semua yang kena asep...
    kalo campur firdaus, jenggotan semua tuh yang kena asep..
    kalo situ campur minyak ma errxx, wah tau deh, kalo situ ketangkep, jgn sebut2 nama ijk ya...

    BalasHapus
  11. da ah, pimdah ke meja yang ga ada komputernya, kaga belajar urusannya kalo gini...


    deeeeeeeeeeeeeeeee

    BalasHapus
  12. halaaahhh...pake 2stroke ajaah..toh ga dipake tiap hari ini..
    yuk..beli rgr aja,murah meriah..biar rgr saya banyak temennya..hiahahaha...

    BalasHapus
  13. Ia Bro.. ada sodara beli RGR 2 juta, keren dibikin minimalis, copot fairing, setang jepit pendek, velg ring 17.. kecil,kompak plus mesin ganas..
    asep juga tipis bgt..
    masih gregetan nih mikirin calon gebetan baru hihi..

    BalasHapus
  14. global warming itu HOAX gan! maksudnya HOAX bukan berarti global warming tidak terjadi, global warming tetap terjadi tapi penyebabnya bukan oleh karena manusia! tapi karena ada perubahan alam secara natural.

    kitaudah di bohongin mentah2 ama negara maju yang meributkan soal global warming yang di sebabkan oleh manusia! itu semua hanyalah akal2an negara2 maju buat menambah pemasukan pajak dari masyarakatnya, dan juga untuk menekan negara2 berkembang spt indonesia dll

    BalasHapus