Jumat, 13 Maret 2009

Asal Usul Nama Jawa



Waktu saya kecil, saya sering dengar orang berbincang-bincang tentang motor Jawa. Dalam hati saya bertanya-tanya, bentuknya seperti apa ya? Apakah mirip dengan motor-motor Jepang atau jangan-jangan masih sangat kental unsur jawanya: Knalpotnya model keris, tankinya model blangkon dan joknya bermotif batik (maaf aneh, namanya juga masih anak kecil). Saya juga bertanya-tanya, kenapa tidak pernah ketemu si motor Jawa di jalanan dan di mana sih pabriknya? Seiring bertambah umur dan bertambah pengetahuan, baru tahu saya kalau motor Jawa itu bukan buatan orang Jawa ataupun ada pabriknya di Jawa.

Jawa adalah salah satu pabrikan sepeda motor yang sudah eksis sejak sebelum masa PD-II, tepatnya sejak tahun 1928. Sebenarnya pabrik Jawa lebih uzur lagi usianya, tetapi sebelumnya mereka memproduksi senjata. Baru di tahun 1928 lah, di saat pemuda kita baru bisa dan bersedia bersumpah, pemuda Ceko sudah memproduksi motor. Jadi Jawa itu bukan produksi Indonesia, tetapi Ceko, tepatnya di kota Praha (kapan bisa ke Praha????).

Apa dong artinya Jawa? Apakah pemiliknya pernah tinggal di Jawa? Saya juga tidak tahu Bro... Siapa tahu memang dia pernah sampai ke Jawa. Pastinya sih, Jawa itu adalah singkatan dari nama pendiri dan nama produsen mesin yang pertama kali dipakai di motor Jawa. Pendiri Jawa bernama Frantisek Janecek (mana ucjyaann, bueycheekk, ga ada oycjeeekk). Saat itu, Jawa menggunakan mesin 4 tak 498 cc produksi Wanderer, pabrikan motor yang berbasis di Chemnitz, Jerman. Nah, jadi jelas kan dari mana asal nama JAWA. Motor bertenaga 18 PS ini diluncurkan pada tahun 1929 (nenek saya aja belom lahir Bro...). Motor ini menelan biaya produksi yang besar, sehingga hanya tercipta 1000 unit saja.

Tahun 1949, Jawa dikawinpaksa dengan CZ (Ceska Zbrojovka) firma Ceko lainnya yang bergerak di bidang yang sama. CZ berkonsentrasi memproduksi motor berkapasitas kecil dan Jawa memproduksi motor yang berkapasitas besar. Hasil merger ini sanggup melahirkan motor-motor yang menjuarai arena balap di tahun 1950 hingga pertengahan 1970an, terutama balap motocross dan speedway. Pada tahun 1980an, Cagiva mencaplok CZ. Motor-motor terakhir produksi CZpun ditempeli dengan logo Cagiva. Hanya untuk pasar Eropa Timur saja emblem CZ masih digunakan.

Kedua foto motor Jawa diatas saya peroleh dari ajang Erfurt Oldtema (jangan bosen-bosen ya..masih banyak stok lho...). Keduanya dipamerkan sebuah bengkel yang khusus bergerak di bidang jasa restorasi motor-motor Jawa. Kalau tidak salah itu motor twin 2 tak Bro.. Kalau tidak salah lagi nih, kapasitasnya 350 cc, ya lumayanlah buat asoy geboy... Bagaimana dengan motor-motor Jawa yang ada di Indonesia? Sayangnya hanya sedikit yang kondisinya masih original. Maklum saja, harganya juga tidak terlalu membumbung naik layaknya motor-motor old timer Inggris dan Jerman. Istilahnya, kalau tidak untuk kepuasan pribadi, sayang kan buang-buang uang untuk mengorisinilkannya kembali. Bukan masalah merek saja yang bermain di sini, tetapi karena kebanyakan Jawa bermesin 2 tak. Akibatnya, permintaan untuk motor ini di pasar kurang baik, jadi harganyapun kurang terangkat.

Saya sempat lihat bule Jerman enjoy menggeber Jawa, wow, its so cool biarpun 2 tak, tetap kental nuansa klassiknya... Suaranya termasuk lembut, jalannya juga lumayan anteng. Ada asepnya Bro... lumayan tuh, bisa buat fogging nyamuk demam berdarah dan bisa buat properti film setan plus mirip jurus ninja yang menghilang di balik asap hehe....



Sumber:
Mirco de Cet: Illustrierte klassische Motorräder, Enzyklopädie.
Foto: HP-Klassikku

11 komentar:

  1. Salam kenal brue Arie..Nice blog you've got there.. Gw jg dr dulu penasaran bgt ttg motor Jawa,puas dpt penjelasan lbh detail dimari..

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga Bro dari GTMC.. sama bos, akhirnya tahu juga saya artinya si Jawa itu apa, sayang ya, kirain tadinya bener2 made in Jawa.. Mulai 2004 Jawa terbit lagi Bro, ada motor 650 cc 4 tak, mesin rotax, bentuknya dari depan masih mirip Thunder/ Tiger, tapi belakangnya kaya motor India. Yang bikin jelek knalpotnya..udah kegedean n wah bentuknya ga bgt deh..(modernnya ga dapet, klassiknya ga dapet), saya belom ngeh kali tuh motor bagusnya di mana

    BalasHapus
  3. kalo ada motor JAWA...

    Suzuki juga ada Motor MADURA
    ta' iye..

    [http://www.suzukicycles.org/photos/Canada/1985_Canada-full-line/pg11_900.jpg]

    walo cuman namanya.. wuih tapi motor nya mantebs kaya' dalang
    OOT mode=On
    hiakakakakaka

    BalasHapus
  4. eh maap salah....
    Suzuki Madura emang inspirasinya dari pulau Madura aseli..
    ini utipan nya dari wikipedia..

    "
    The Name
    "Madura" is an island, a people and a language. It also means "mature" in Spanish. The characteristicly serpentine dagger known universally as a Madura was produced by the island's natives and was likely the inspiration for this motorcycle's name as it's unique curved stepped seat and smoothly flowing lines resemble this knife. Also the knife was often used in passion in a swift surprise attack defending honor.

    The Madura may have been named after the bull racing

    popular on the island. Riding these animals was most likely similarly exhilarating."


    so better than JAWA yg gak punya meaning to pulo jawa khan..?
    masih mending JAVA yg history nya krn yg bikin tergila2 dg kopi JAWA..
    hiakakakakaka
    OOT lagi.. OOT lagi

    maap deh

    BalasHapus
  5. yg paling ga' nahan... (tapi boleh juga /keren sih..)
    inspirasinya dari celurit yg menyerupai tempat duduk / jok dari motor Suzuki MADURA ini...

    mangstabs...

    (maap numpang mikro blgging bro..)

    BalasHapus
  6. nambahin....
    ini unofficial site dari MADURA enthusiast

    http://www.lk3000.com/madura/

    udah ah..
    ntar di marahin yg punya blog..
    hiakakakakaka

    BalasHapus
  7. wakakaka....... ada juga yah Suzuki Madura.. bentar lagi ada Suzuki Sidoardjo nih kayanya (lumpur inspired). Dapet aja Bro...
    Tampaknya Bro Petromaxx harus segera menulis Blog sendiri wakaka......

    BalasHapus
  8. Trims banyak yg kasih info ttg JAWA.
    Duhhhh...setelah sekian lama nyari ASLI & sejarahnya ..ternyata ada tho. Kebeneran GW punya 1 unit JAWA 350CC thn 41/44.. cm baru bisa jalan ..n lum bisa lari, Mohon Info apa ada rekomend utk ngerawat JAWA-ku ini ?
    Please seent to : end4_pri@yahoo.com.

    BalasHapus
  9. Hallo Bro Endar.. wah punya Jawa ya.. dirawat terus Bro.. hidup motor klassik 2 tak!!
    maaf, saya bukan pakar rawat-merawat Jawa ataupun motor klassik lainnya, bentuk aslinya gimana saya juga ga tau..saya baru belajar mencintai motor-motor klassik.
    nanti saya tampilkan lagi foto-foto Jawa ya, masih nyimpen nih..

    BalasHapus
  10. Weaaa... kirain benar benar kabar yang tertimbun.. mudahan2an kesononya menjadi sejarah baru..

    BalasHapus
  11. wah lumayan buat pengetahuan saya juga punya motor jawa 350cc tapi q baru tau sejarahnya stlh baca disini, thanks bro

    BalasHapus