Selasa, 01 Desember 2009

Adegan Motor Favorit Arie Slight (Kawasaki GPZ 900 R 1985)







Tahu dong motor apa itu yang digeber si Maverick alias Pete Mitchell alias Tom Cruise, yup its Ninja! Ini dia awal mulanya Kawasaki menggunakan nama Ninja di produk motor sport mereka, ini belum termasuk motor balap lho ya... Kemunculan Ninja pertama kali di jagad permotoran memang dimulai sejak seperempat abad lalu, yakni dengan nongolnya GPZ 900 R pada tahun 1984. Saat itu, semua petarung moge sport dibuat bergidik ngeri melihat si Ninja mengeluarkan jurus-jurusnya. Dengan top speed 240 Km/jam dan akselerasi 0-200 Km/h hanya dalam waktu kurang dari 13 detik, motor bertenaga 115 PS ini bikin semua pendekar lainnya mengakui kedahsyatan sang Ninja. Meskipun kapasitasnya "cuma" 900 cc, si Ninja generasi pertama ini menundukkan Suzuki GSX 1100 EF, Honda VF 1000 F dan Yamaha FJ 1100 dengan kemenangan telak. Kapasitas boleh kecil, anue gedeeeeeeeeeeeee!!!!!!!!!! Secara teknis, Ninja pertama ini banyak menawarkan highlights, misalnya garpu depan dengan sistem anti-dive, radiator dan 4 klep per silinder, enak tenaaaaaaaaaan!

Di kalangan penggemar Ninja, Ninja pertama ini bisa dibilang sebagai Ninja yang paling legendaris! Wong paling saktiiiiiiii.... Namun, lucu juga kalau ditanyakan, itu sebenarnya GPZ 900 R atau yang 750! Sebab Tom Cruise yang bodinya termasuk kecil digosipkan minta yang 750 cc, tetapi karena ukurannya sama saja dan bentuknya sama plek (hanya beda kapasitas mesin), katanya sih akhirnya tetap memakai yang 900 cc. Memang seharusnya bisa dilihat di stripingnya. Di Eropa banyak yang mengenal motor di film Top Gun sebagai GPZ 750 R , tetapi itu katanya sih dikarenakan mereka tidak mengenal versi yang 900 penampilannya di Amerika Serikat seperti ini.

Katanya lagi nih, Paramount Studios membeli 2 unit Ninja generasi pertama ini dari Kawasaki. Karena Kawasaki, minimal dealernya di California saat itu, tidak bersedia memberikan gratis (padahal product placement yahud tuh! Namun, mayoritas tahu lah, it's a Ninja!), makanya segala stiker yang menerangkan kalau itu motornya Kawasaki dicopot! Velgnya pun dicat hitam! Dan stripingnya pun katanya diubah. Namun, ada juga yang bilang, kalau striping itu hanya ada di model GPZ 750 S! Bingung kan? Bodo amat dah, yang penting feelingnya paling dapet di film ini! Bingung juga kalau saya mau mengungkapkannya dengan kata-kata, ya situ tahu lah.... sambil membuat artikel ini pun saya masih senyum-senyum sumringah dan rasanya mau tereak-tereak ga jelas... (inikah fase-fase awal gangguan kejiwaan?)


Foto:

http://www.imcdb.org/vehicle_6406-Kawasaki-GPZ-900-R.html

http://boiseriders.net/general-discussion/6615-top-gun-ninja.html

5 komentar:

  1. Lebih keren dari f-14 nya..hwe..he..he..he..

    BalasHapus
  2. Tak bayangin Arie Slight yang naik Kawasaki 900R ngejar F-14, biar ceritanya tambah ngelantur... Hmm, macho banget ya, si "The last samurai" bergaya di atas "Ninja".

    BalasHapus
  3. @lekdjie: ah ga ah...kerenan F-14nya... tom cruise naik tom cat hihi..
    cuma namanya pesawat tempur, muahaaaaaaaaalllllllnya ga karu-karuan.. tapi toooooooooop..

    @kangban: lho kok bayangin saya, bayangin diri sendiri ajalah KAngban...
    ngejer F-14 mah ga bakal keuber, pujaan hati aja kaga kekejer-kejer hikshiks...
    ni film n adegan naik ninjanya emang gimana gitu buat saya...wah, paling ngena deh.. buat saya, ni film masih yang numero uno..

    BalasHapus
  4. waduh..pilem waktu ane baru belajar jalan :D
    taunya malah pilem parodinya, Hot Shots :P

    BalasHapus
  5. haha.. charlie seen juga keren kok, tuh hot shot juga asli yang pertama bikin ngakak ga karu2an, palagi yang pilot ampe landing di tengah kota HAHAHHA... pake tetes mata gitu lagi abis landing HAHAH..

    BalasHapus