Senin, 17 Agustus 2009

Sepi tanpa Casey

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, dominasi Yamaha di sirkuit Brno memang bukan barang baru. Semenjak mengikuti GP 500 dulu, Yamaha selalu punya peluang terbaik di sirkuit yang punya perbedaan tinggi lintasan hingga 80 meter ini, maklum saja, sangat cocok dengan karakter Yamaha yang maknyuz di tikungan. Sayang kesempatan baik ini tidak dimanfaatkan kedua rider Tech 3.
Jalannya balap kemarin cukup menarik, hingga Lorenzo terjatuh tentunya (ternyata airbagnya masih ada ya.. lihat sendiri kan baju balap Dainese Lorenzo menggembung). Lorenzo membuat kesalahan pahit dan fatal di dua race berturut-turut, tidak heran tempramennya yang meledak-ledak terlihat saat doi berziarah ke gravel. Nampaknya Lorenzo harus belajar lebih sabar, lihat saja Pedrosa dan Stoner, mereka sudah lebih tahu, kapan saatnya menyerah dari sang maestro (tentunya bikin kita sebagai penonton bosan...).
Lorenzo yang bertekad membuat Rossi bertekuk lutut sebelum sang legenda pensiun tampaknya harus lebih menikmati balapan. Ambisinya sendiri untuk menjadi yang pertama yang membuatnya sering menjadi yang tersial. Ingat, to finish first, first you have to finish. Namun, Lorenzo pun punya moto, dia tidak ingin jadi yang kedua, karena the second one is the first looser! Namun, kalau sampai jatuh, penonton kesepian juga kan jadinya.
Bagaimana dengan Pedrosa? Mesin baru RC212V terbukti sudah menjadi yang paling kuli saat ini. Namun, lengan ayun baru dan settingan RC sableng belum membuat pembalap HRC ini bisa mengimbangi Rossi dan Lorenzo di tikungan. Terlihat jelas, betapa dengan mudahnya Lorenzo dan Rossi menangkap Pedrosa di tikungan. Karena ketidakkompetitifan ini, jelas saja Pedrosa dalam wawancaranya dengan Alex Hofmann merasa tidak senang atas podiumnya kali ini.
Seharusnya lomba kemarin bisa berjalan sepanas cuacanya kalau ada Stoner. Sebab Rossi, Lorenzo dan M1 berada di level berbeda dengan kompetitor lainnya. Hanya Stoner saja yang terbukti bisa konsisten merusak acara duo Fiat Yamaha, sedangkan Pedrosa hanya bisa sesekali, ketika kondisi sedang menguntungkan. Dovi pun demikian, masih belum sengotot Pedrosa, apalagi Lorenzo.
Mundurnya Stoner karena penyakitnya sebenarnya wajar saja. Nampaknya Stoner sendiri sudah ikhlas melepas kesempatan untuk jadi juara dunia tahun ini. Mesin Ducati tidak lagi superior, apalagi karakternya di tikungan yang paling sulit dikendalikan. Silahkan lihat gaya Stoner di tikungan! Tuh Lihat fotonya yang saya foto dari majalah (majalah tidak dibeli karena bokek-red). Saya pribadi kalau melihat aksi Stoner saat training maupun Qualifying, sangat terkesan dengan aksinya. Doi mengaku suka menggunakan rem belakang di tikungan untuk memberi traksi lebih ke ban depan. Hasilnya, jangan heran kalau Desmosedici tunggangannya yang terlihat paling jago joget di tikungan. Belum tentu kalau Rossi ataupun Lorenzo naik Desmosedici bisa mengasapi Stoner lho... Namun semua setuju kan, MotoGP sepi tanpa Casey....

10 komentar:

  1. ditambah yg gantiin Casey-nya geblek setengah idup...
    dah nabrak bang Maccio, pake ngamuk2 pula...
    padahal Maccio dah duluan masuk tikungan itu, dan sebelomnya Maccio sakses overtake dePuniet disitu, gak mungkin lah bilang 'impossible pass'

    *kuciwa berat, dah dek Lorenzo jatoh..bang Maccio ditabrak pula.. :((

    BalasHapus
  2. tadinya ijk suka sama kalio, tapi gara2 gayanya yang kaya jagoan pasar, males juga jadinya.. apalagi nyalipnya melandri bersih kok.. kalio aja yang keliatan bgt maen timpa,keliatan bgt napsunya, padahal mestinya kalo emang ga mau nabrak kan bisa out dikit.

    yang lucu sih si tom lüthi ketabrak lagi dari belakang haha.. kasian tuh orang, padahal lagi rencana bgt mo ke motogp.. tapi apes mulu..
    nah kali ini dia ga bisa maki2 kaya pas ditabrak debon, soalnya si karel abraham langsung bilang sorry berat..
    tapi menurut terawang gaib Ki GEde Anue, Lüthi bilang ga ngerti kejadiannya n mau lihat dulu siaran ulangnya karena atuuuut haha..
    soalnya yang punya Brno bokapnya Karel abraham haha...

    BalasHapus
  3. iya..lepas start, tikungan satu langsung gubrak.. ;(

    berita darimana Luthi mo naik kelas??yg saya tau, Simoncelli, Bautista, Barbera sama Passini (kemaren dah tes GP9 pramac Ducati)

    BalasHapus
  4. Itu katanya Alex Hofmann. Manager Lüthi lagi coba-coba nego sana-sini. Kayanya sih mau bikin tim tunggal. GAra-gara tahun ini pesertanya sepi bgt, naik ke MotoGP jadi lebih longgar aturannya, yang penting ada duitnya. Kita lihat aja nanti, kalo ijk bilang sih ga bakal jadi, orang di 250 cc aja masih papan tengah kok..(tapi Talmacsi bisa ya..., mungkin mo ikutan jalur khusus kaya Talmacsi, yang mumpung zaman masih susah duit, bisa deh...).

    Yoi, makanya si PAssini kemaren happy bgt. Bautista juga happy bgt mo ke Suzuki, makanya finish ke 3 pun girang bgt, pake so standing 12 o clock ngikutin gaya biaggi pas GP 500, tapi jatoh wakaka.. ancur pula motornya.. malu bgt tuh..
    pas diwawancara, bautista jawabnya malah: ga papa kok, ga sakit (dumplang!!!!!!).
    kalo ijk yang punya tim dah ta kemplang palanya bikin rusak motor

    BalasHapus
  5. asal ada duit, keknya bisa deh naik kelas... :P
    iya, wheelie 12 o'clocknya Bautista ancur...wakakakak...saking senengnya nasib musim depan dah ketauan..hehehe..mungkin di paddock-nya doi dikemplangin sama orang satu tim..wakakaka..

    BalasHapus
  6. kalo ga potong gajinya..
    gila tuh, paling yang sisa tinggal mesin ama perangkat pengapian doang yang aman, yang lainnya babak belur.. kalo kena sok depannya aja dah bisa buat beli R6 lho..
    belom velg, fairing, rangka, lengan ayun plus malunya ga ketulungan haha..

    max biaggi emang top abis deh buat urusan 12 O`clock.. legendaris tuh aksi..

    BalasHapus
  7. kalo masalah motornya ancur, rasanya gak masalah....potong gaji jga gak masalah...
    malu-nya ini yg gak ketulungan...diketawain penonton sejagad...hahahaha...

    eh, pas Lorenzo jatoh keren..berubah jadi 'HULK'..hehehehe..

    BalasHapus
  8. yoi.. airbagnya keliatan bgt..
    pas rossi jatoh di kualifikasi nggak ya.. apa rossi mutusin ga pake airbag.. or mungkin rossi milih tempat minum dibandingin airbag..

    BalasHapus
  9. Buat gue mah,ga da rossi ga seru. Klopun ada stoner,pedrosa atau lorenzo...Rossi ga da mah sepi deh...
    Coz Rossi still the one hehehe

    BalasHapus
  10. ya kalo salah satu dari mereka ga ada, emang langsung sepi ya.. kalo ga ada Rossi, walah, itu sepinya ga ketulungan tuh... MotoGP ya Rossi! Kalo dia pensiun, pasti gregetnya berkurang ampe ketemu entertainer baru.. mungkin Simoncelli?

    BalasHapus