Senin, 17 Agustus 2009

Pura-pura Ketangkap Basah: Ducati Cayenne

Namanya trik pura-pura ketangkap basah memang bukan barang baru. Setiap tahun pun, selalu trik ini kembali digunakan, maklum, murah dan sangat meriah hasilnya. Apalagi dengan meriahnya jagad perbloggeran bikers, pabrikan bisa ngirit biaya publikasi. Namun, terkadang muncul selentingan tak bertanggung jawab yang menuduh sebuah blog sebagai corong pabrikan. Yang komentar bilang tetangga sebelah, tetapi di blog lainnya bilang tetangga sebelah, yang lainnya lagi ikutan bilang tetangga sebelah waaaaaaa.......yang mana nih??? Saya sih jujur saja: "woooi pabrikan, ijk mau dong jadi corong, bokek nih hihihi........"
Trik ini pun digunakan oleh Ducati untuk mempromosikan motor barunya. Trik yang membuat para biker jadi tertarik perhatiannya dan memantau fakta-fakta terbaru tentang sang jagoan kali ini digunakan untuk Ducati Cayenne. Pernah dengar nama Cayenne kan? Bukan... bukannya yang nyanyi Titanic, itu mah Cayenne Dion (Gubrak!). Cayenne di dunia otomotif sudah dikenal di produk SUV Porsche. Aneh juga kalau melihat taktik Ducati berkenaan dengan penamaan akhir-akhir ini. Di satu sisi kurang kreatif, di sisi lain mungkin bermaksud membalikkan fakta di lapangan. Mungkin tujuannya untuk menggulingkan nama Porsche dari nama Cayenne. Atau biar gampang nongol di Google??????
Seperti trik yang digunakan di Ducati Street Fighter, Cayenne diproduksi tidak seluruhnya baru. Mesin tinggal dicomot dari 1098. Hanya saja, tenaga yang 155 PS dikorting hingga hanya 140 PS saja. Untuk Cayenne tipe S rencananya akan dicangkokkan Suspensi dari Öhlins yang terkenal sangat mahal sekali deh... Jika kita lihat perawakannya, tampaknya Cayenne diproduksi untuk menantang keperkasaan Triumph Tiger. Atau malah untuk menggantikan Multistrada ya?? Congor Cayenne menegaskan, kalau motor gress ini bertipikal motor penjelajah, ya mungkin juga tersirat dari congor bebeknya yang mirip BMW seri GS.
Hal baru yang ditawarkan Cayenne adalah penggunaan knalpot yang meninggalkan pakem desain Ducati modern. Knalpot undertail dilengserkan knalpot extra pendek seperti motor-motor MotoGP. Secara teoritis sih artinya Cayenne lebih mementingkan putaran bawah dan mengejar bobot yang ringan. Penggunaan knalpot pendek juga dimaksudkan supaya lebih mudah dalam bongkar pasang bagasi nantinya. Motor yang kapasitas tankinya hingga 20 liter ini nantinya diprediksi dilego di kisaran 13000 hingga 14000 Euro, ya sampai Jakarta mungkin jadi 450 jutaan kali ye.... Untuk gambar lebih jelasnya, tunggu saja Milan Motor Show November nanti......
Foto: Repro dari majalah yang tidak kubeli karena Bo##k (you know lah...)

7 komentar:

  1. loh??bukannya new multistrada yah??
    sangar juga kalo caplok mesin 1098..

    BalasHapus
  2. Tunggu aja kelanjutan beritanya...
    btw, majalahnya majalah apa tuh.. bro... ?

    BalasHapus
  3. @Nunoe: hmmm ya kali, new Multistrada.. tapi sayang juga kalo laris maen diganti gitu aja, apalagi knalpot khasnya Ducati.. Ga tau deh.. mungkin multistrada tetep ada, atau versi barunya bukan cayenne, jauh sih bentuknya.. nekad juga kalo ampe kejadian.

    @Fahrul: Tenang Bro, bukan majalah Matador atau FHM kok hihi..(dari Wanita, untuk Pria Dewasa, tapi dibeli remaja). kalo ga salah majalah Motorrad.

    BalasHapus
  4. ente gak dikemplangin sama yg jualan majalah??buka2, baca2, poto2, terus ditaro lagi..
    hehehehe...

    BalasHapus
  5. seh...(alam mode:on)
    itu kan ga di kios, tapi di swalayan, ga ada yang nungguin, lagian ijk kan sering belanja disitu, seminggu bisa 3-4 kali, tapi dikit2, paling 2-5 Euro haha... biar sering bisa baca gretong gitu.. ama ketemu mbak2 kasir yang lutu2...
    difoto juga dengan methode tak terdeteksi, sok2 sms aja.. biar ga keliatan moto hihi...

    BalasHapus
  6. wah boleh donk foto mbak2 kasir yg litu2 ditampilin... he he he

    BalasHapus
  7. hihi.. yang dosa ijk aja deh Bro.. ntar ente2 kalo bikin dosa gara2 foto2 mbak2 kasir dari ane, ntar ane kebagian getahnya lagi di akherat haha...

    BalasHapus