Senin, 17 Agustus 2009

Calon Penakluk Duke Streetfighter: Aprilia Tuono V4

Panas dengan kehadiran Ducati Streetfighter, Aprilia pun tidak tinggal diam. Maklum saja, Aprilia Tuono kalah jauh tenaganya dibandingkan seteru senegaranya. Langkah paling mudah tentunya mengikuti jejak Ducati, Aprilia pun menurunkan RSV4 untuk ditelanjangi hidup-hidup dan menjelma menjadi cafe racernya motor zaman modern, yakni model naked bike beraliran street fighter.
Motor yang belum lahir secara resmi ini sementara disebut Tuono V4. Tuono V4 hanyalah RSV4 yang bertelanjang dada dengan sedikit perubahan minor lainnya, misalnya setang baplang dan lampu depan minimalis. Perbedaan lainnya adalah suspensi USD di depan bukan menggunakan merk Öhlins. Kelihatan langkah ini dimaksudkan untuk menekan harga jual. Suspensi extra stabil dan sensitif memang berlebihan untuk motor yang bukan khusus turun balap di sirkuit.
Di segi bobot, motor naked otomatis akan lebih ringan. Ini akan sangat menguntungkan dalam berakselerasi di kecepatan rendah hingga menengah, dan itulah yang dibutuhkan sebuah street fighter bukan? Bobotnya diperkirakan tetap di bawah 200 Kg, tergolong ringan untuk naked bike standard. Bandingkan saja dengan ER-6n yang bertenaga kurang dari setengah tenaga Tuono V4!
Tuono V4 yang dicita-citakan menjadi naked bike terkencang di sirkuit sudah memiliki mesin RSV4 yang dijamin sangat kompetitif. Untuk mengentuti Ducati Streetfighter, Aprilia tidak terlalu banyak menurunkan tenaga Tuono V4. Dalam test yang menjajal berbagai pola enginbe mapping ini, tenaga Tuono V4 diperkirakan berkisar antara 165-170 PS. Dijamin lebih nampol dibandingkan Duke Street Fighter yang mentok di 155 PS.
Aprilia gosipnya meluncurkan Tuono yang jumlah pistonnya dua kali lipat Tuono sekarang ini tidak dalam waktu dekat. Kabarnya jagoan baru ini baru nongol pertengahan tahun 2010 nanti. Hmmm sepertinya takut jatah kue RSV4 kemakan dagangan sendiri tuh...
.
Foto: Repro dari Majalah yang tak kubeli karena apa????????????????

5 komentar:

  1. knalpotnya gede amat yah....
    blognya pindah ke wordpress aja bro, pake blogspot ribet kalo mau ninggalin komentar.

    BalasHapus
  2. serem....

    ya serem bentuknya, serem performanya, serem harganya.. ;(

    BalasHapus
  3. @anonim: yoi Bro.. ga kebayang kalo kaki melonyos kena knalpot segede gitu hiiii...
    pindah ke wordpress? sempet kepikiran, malah awalnya mo pake wordpress, tapi ga ngerti ngotak ngatiknya, ga bisa deh dulu..yang bisa pake blogspot.. maklum aja, ndeso nyasar ke germany hihi..

    @Nunoe:yoi serem.. tapi sayang kalo fornt lampnya begitu doang.. kaya front lamp loakan ya haha.. mantep kali kalo bentuknya kaya wajik, biar ketemu ama garis2 bodi , lampu belakang n knalpotnya. kalo ga bulet dua asimetris tapi numpuk atas bawah, kaya sachs madass.. jadi naksir madass nih, gara2 liat jonas folger make madass, kok gampang bgt dia jalan terus standing2, dah korekan kali ya...

    BalasHapus
  4. mungkin masih perlu disempurnaken lagi kali sama aprilia-nya...masih versi beta kayaknya, belom final..hahaha...

    sachs mad ass??
    keren tuuu....
    naksir juga, tapi velg diganti yg jari2..jadi kek moped supermoto..hehehe...

    eh, tapi kalo orangnya jago, motor apa aja bisa dipake standing2 ah...ane aja pake mio susah bener mo standing, eh temen gampang bener dipake wheelie..

    BalasHapus
  5. sejago-jagonya, motornya juga mesti mendukung kali.. junior ijk bilang, pake fatboy ga bisa standing tuh, ada juga nypin terus haha.. tapi harley yang xr1200 bisa gampang ya..

    mm, coba duduk ke belakang, terus gas deh ampe puol, ngangkat deh..

    yang si jonas itu soalnya motornya dah jalan, ada minimal 30 Km/h gitu deh, tapi enak bgt ngangkatnya, dah kaya underbone aja.. terus dia pake helm motocross, keren juga tuh gayanya, pas bgt ama si madass kuning

    BalasHapus