Senin, 31 Agustus 2009

ABC yang Bukan Baterai, Kecap, Saos, Sambel, Sirup atau Mie Instan

Kalau dengar ABC, pasti pikiran kita sebagai orang Indonesia langsung melayang ke baterai, saos, sambel, kecap, sirup, mie instan dsbnya. Nah artikel kali ini mengangkat ABC yang sebenarnya hadir jauh lebih dulu dibandingkan kesemua barang konsumsi itu. ABC kali ini adalah sebuah sepeda motor tercanggih di zamannya, yakni tahun 1919!

Motor simple ini dijuluki yang paling canggih di zamannya dengan segala fitur yang ditawarkan. Doi sudah termasuk nyaman dikendarai, karena sudah menggunakan pegas di buritan dan di depan plus sadelnya. Jadi, boleh jadi ini motor paling nyaman saat itu.

Motor bermesin boxer ini dianggap sebagai perintisnya mesin boxer yang nantinya diproduksi BMW, yaitu baru pada tahun 1923. Bedanya, ABC masih menggunakan penerus daya rantai, sedangkan BMW menggunakan gardan.

Motor bemesin 398 cc ini termasuk kecil, tetapi dengan bobotnya yang hanya 110 Kg, doi memiliki power to weight ratio yang oke sehingga motor extra klassik dengan 4 tingkat percepatan ini bisa tembus 96 Km/jam.

Yang menarik dari motor yang pada tahun 1919 hingga 1924 diproduksi di Inggris dan kemudian dilanjutkan di Prancis ini adalah tebeng depannya. Doi memiliki engine bar yang dilapis plat sehingga mirip seperti motor bebek di Indonesia. Sama dengan fungsi sayapnya bebek, tebeng ini melindungi kaki pengendara dari cipratan air dan kotoran. Bedanya, karena bertulang, dari pipa besi pula, bisa melindungi kaki pengendara jika motor sampai terjatuh. Jika baterai terendam air, maka lampu akan menyala dan kapten akan berteriak-teriak minta tolong. Awak kabin dan segenap penumpang harap bersabar, berdoa sesuai keyakinan masing-masing dan menunggu perintah kapten selanjutnya. Lho kok jadi ngaco gini... oke Bro.. mo buka puasa dulu nih, jam 8 malem euy...


Sumber: Hugo Wilson: Motorräder, über 300 Klassikker

6 komentar:

  1. Kira2 kalo gi jalan,
    Bunyiny kya apa tuw. . . .?
    Ahahahai. . .

    BalasHapus
  2. bukanya jam 8???
    imsaknya jam berapa??

    BalasHapus
  3. @anonim: hmmm gini kali:
    Es sirup ABC, rasa melon, stroberi, mangga, jeruk, alpukat, gopek, enak tenaaaan.. (dipake dagang es hihi.. ampooon aus bgt hari ini...)

    @Nunoe: kemaren dari 4.20-20.02, mana suhunya masih sama aja ama Jakarta, mana jalan kaki relatif lebih jauh.. huhu.. plus pemandangannya kaya di pelm2 miami vice xixixi...
    btw, hari ini kaga saur lagi huhu.. kaco bgt deh, hp kurang gede kali wekernya ya.. tetangga pada kebangun, eh yang masang molor terus hihi...
    btw, kok dimari pada kaga kenal imsak ya??? pokoknya subuh berhenti makan..(sama aja)

    BalasHapus
  4. wew...04:20-20:02???lama sekaleeeee....

    huuh..beberapa hari yg lalu juga ane gak sahur...pas ngobrol sama tetangga sebelah, dia denger alarm HP ane..tapi ane ngga denger sama sekali??!!

    BalasHapus
  5. weleh...kok malah ngomongin sahur...xixixi...
    tp bener bro, situ puasa lama buanget
    , kemaren gw aja sahur jam 4 (di surabaya) terus buka jam 18.00 (dijakarta) nambah setengah jam aja udah ngresulo (mengeluh - red)
    tp kemarinnya pas kebalikannya dah dapet korting setengah jam sih :D

    BalasHapus
  6. @Nunoe: wakaka.. itu mah buat Ane bukan barang baru.. kalo di Indonesia dulu ampe diomelin nyokap deh, yang lain pada bangun, eh yang mo bangun ga ngerasa wekernya bunyi..

    @Jombloati: Saur penting Bos... apalagi kalo panjang puasanya.. kemaren ijk maksain ampe malemnya puyeng ga karuan, tapi Alhamdulillah ga perlu ngutang deh..
    Btw, itu belom seberapa, dalam 4-5 tahun lagi, kalo puasa di Jerman berat bgt Bro. jam 3 kurang dah subuh, magribnya setengah 10! Nah kalo 30 hari begitu dan cuacanya kaya Jakarta plus pemandangan kaya pantai Florida, ya suuuuuuusaaaaah..
    btw, gempa lagi ya hikshiks.. oh negriku..

    BalasHapus