Senin, 18 Mei 2009

Para Calon Kandidat Matic Minerva Indonesia???






Keterangan foto dari atas ke bawah:
1. Sachs Bee 50
2. Sachs Speedforce 50
3. Sachs Speedforce R
4. Sachs Speedjet R
5. Sachs SX-1


Dalam rangka menanggapi gossip PT.Minerva Motor Indonesia (kita singkat saja MMI) yang mau ikutan nyemplung dan nyempit-nyempitin kolam motor matic Indonesia, maka saya dibantu Ki Gede Anue mencoba memprediksi dan membuat gosip seputar rencana ini.

Kalau saja MMI mau kembali bekerjasama dengan Sachs dan memasang nama Sachs di produk maticnya, maka kemungkinan besar mereka akan mengimpor motor matic Sachs yang sudah beredar. Alasannya mudah saja, barangnya sudah ada, jadi irit biaya ini itu dong... Terlebih lagi motor-motor matic ini beredar di Jerman, yang bisa digunakan sebagai senjata promosi untuk meracuni benak bikers tanah air.

Namun, apakah bisa semudah itu, mengingat harga motor-motor matic ini berkisar antara 1300-1500 Euroan? Soal harga, masih bisa banget ditekan, itu bukan masalah. Toh motor-motor ini sebenarnya diproduksi di Cina! Ingat, Cina! Artinya, boleh saja dikatakan ''German Technology'', tetapi haram hukumnya kalau disebut ''Made in Germany''! Soal kualitas barang yang beredar di Jerman, kalau menurut saya pribadi setelah melihat sendiri si SX-1 kemarin sih bisa dibilang Top! Barang-barang semacam ini memang tidak lagi dikatakan "Made in Germany", tetapi "Made for Germany", yang sepertinya memang masih berada di bawah standard barang-barang "Made in Germany".

Untuk meluncurkan sebuah produk, MMI harus bisa membaca keinginan pasar dan peluang mereka nantinya. Apakah bisa bulat-bulat meluncurkan produk yang sama dengan yang beredar di Jerman? Tentu tidak....... Mana mau orang Indonesia disuruh membeli motor baru 2 tak dengan kapasitas hanya 50 cc. Wajar saja, terlebih orang selalu terngiang-ngiang wacana penghapusan 2 tak, hanya sedikit sekali orang yang bakal berani membeli motor 2 tak. Ditambah lagi kapasitasnya cuma 50 cc dan kecepatan puncaknya 45 Km/ jam! Menurut terawang gaib Ki Gede Anue, MMI tidak akan berani memasukkan motor 50 cc 2 tak. Dalam terawang gaibnya, MMI akan bermain di kelas sekitar 110-120 cc 4 tak. Artinya, MMI akan mengorder mesin 4 tak dari pabrikan lain.

Sekarang yang menjadi pertanyaan, sanggupkah motor Matic MMI gontok-gontokkan secara langsung dengan para seniornya? Secara Goodwill sudah kalah, secara desain tergantung selera orang juga kan, susah diprediksi... Jadi, kemungkinan besar akan bermain di segi harga. Motor matic MMI terpaksa dihadirkan dengan harga paling ekonomis kalau mau coba peruntungannya di segmen ini.

Pertanyaan lainnya: Jika benar akan menggunakan desain Sachs, motor matic yang mana yang akan diturunkan? Dari 5 pilihan yang saya tampilkan, itu belum semuanya lho... Hanya saja dari terawang gaib Ki Gede Anue, kelima kandidat ini yang punya potensi untuk mendobrak pasar motor matic tanah air. Nah, apakah akan diturunkan semuanya atau salah satu saja, atau 3 varian atau atau atau atau.....

Ketika dimintai petuah gaibnya, Ki Gede Anue menyarankan untuk melihat ruang kosong, terlebih MMI masih terlalu lemah untuk duel langsung dengan senior-seniornya. Kunci untuk memasuki ruang kosong itu adalah fleksibilitas! Ini sudah terbukti dengan kemampuan MMI mengeluarkan varian yang katanya 250 cc itu..katanya 250cc lho.. nyatanya????

Ki Gede Anue menyarankan, MMI mengambil setiap celah kosong yang ditinggalkan, yakni:
1. Ambil desain Sachs Bee 50! Ini ruang kosong dalam segi konsep! Ketika yang lain pada sikut-sikutan ingin tampil futuristis, ruang kosong motor matic klassik nan manis dilupakan!
2. Ambil kapasitas besar! Ki Gede Anue menyarankan, jangan tanggung-tanggung, langsung tembak ke 250 cc!
3. Harga tetap tidak bisa seenak jidad! Masih harus bermain di bawah 17 Juta rupiah, karena 17 Agustus adalah hari kemerdekaan kita, MERDEKA!!!!!!!
4. Sebagai seorang paranormal yang abnormal dan kerap melakukan mal praktek sehingga dikeluarkan dari Ikatan Dukun Indonesia, Ki Gede Anue menyatakan pentingnya sebuah nama! Ki Gede Anue menyarankan: Minerva-Sachs BeeNal 250


Terawang Gaib by Ki Gede Anue
Sumber:http://www.sfm-bikes.de/de/bike.php?bike_id=243#

6 komentar:

  1. secara model sih ok, banyak pilihan. fict no 1, oke juga tuh tapi kayaknya orang sini mah dikit yang punya selera klasik gitu, gak bakal laku bayak kl di jual di sini. fict 2-5 hmm puturistik abis, tapi lagi2 kayaknya masa depannya suram deh. kayaknya banyakan orang indonesia mah suka model yang simpel2 aja, makanya mio bisa laris manis.
    tambahan lagi karakter orang indonesia yang dikit nyeneh, maunya murah tapi barangnya bagus, minimal punya brand bagus lah (nyeneh gak sih?).
    disini brand minerpa kayaknya udah dianggep brand kw3 deh, jadi mau ngeluarin barang sebagus apapun, atau semurah apapun kayaknya bakal dipandang sebelah mata. mending mah sachs jualan sendiri gak usah bawa2 nama minerpa, yah biar produknya cuman for germani, bukan made in germani, tapi punya prestise sendiri.

    BalasHapus
  2. wahhh..broo,maunya yg terakhir ajalah yg kluar..male taste..he5

    BalasHapus
  3. disini mio biasa dibela2in dipakein baju mio fino seharga (kalo gak salah) sekitar 5 jutaan biar keliatan klasik..
    kalo emang keluar yg model no. 1, paling ngga ngisi pasar pecinta skuter model klasik lah...hehehe..
    mo beli fino kudu CBU dari Thailand, vespa px yg baru, mahalnya amit2..sama kek Ninja 250R..

    BalasHapus
  4. wah.. kalo gw sih pengen yg klasik2 gitu, apalagi kualitas jerman (pokoknya memadai lah, kualitas jepang juga cukup).
    110-125 cc. hrg 13-15 juta. kayaknya bisa pada kabur tuh pecinta bebek. dan udah jangan pake nama minerpa2an lah, udah salah langkah duluan.

    kalo gw pengennya vespa gt 200 gran turismo aja laah..
    teess..teeess..teess...
    bunyi iler menetes... :P
    tapi klo dikasi yg gts 250 juga gak papa...xixixi...
    *ngarep

    BalasHapus
  5. Hi..... Sorry baru nongol, kemaren disini libur..
    @A'lilin: Masa depan suram? wakaka.. barangnya aja ga ada, ga bakal suram lah hehe... ini artikel kan buat maen2 aja.. BEner sih, kalo mau gontok-gontokan sama2 ngangkat tema futuristis susah, apalagi kalo fiturnya sama alias cuma mentingin desain doang, ga bakal jalan... ngasih harga murah aja juga susah jalan.. mereknya ga wah, desain ma yang lain beda-beda tipis, harga cuma lebih murah dikit, wah itu sih harapan tipis.. makanya cari celah..
    @anonim: yup, yang terakhir yang paling jreng diantara yang futuristis.. tapi kalo mau masuk sini, diameter rodanya mesti rada gedean kali ya..
    @nunoe: yoi, makanya naksir yang Bee, apalagi kalo mesinnya gde, binal deh.. tampang jadul tapi larinya binal.. wah godaan besar tuh..
    btw, disini ada yang sama bgt ama Fino, tapi lupa merknya, motor cina deh.. Sym kalo ga salah.. lucunya sih namanya Mio 50 hihi... copy paste merajalela euy..

    BalasHapus
  6. wah Jombloati baru nongol..
    duh, internet kayanya lagi2 ngadat nih..

    nama Minerva dah ketauan ya..lagian, orang dimana2 cari kesan pertama yang bagus-bagus, dia malah nongol2 copy paste, salah bgt tuh..kualitasnya dipertanyakan juga lagi..
    dulu ijk liat di parkiran motor ada motor cina, gila, masa batang sok depan yang krom ampe karatan..motor CB yang udah puluhan tahun aja batang soknya ga ada karat..
    tapi Sanex hussar lumayan lo..

    BalasHapus