Senin, 04 Mei 2009

Dainese D-Air, Technology Is In The Air.....

Jika bulan Desember tahun lalu kita sudah sama-sama kenalan dengan helm airbag, mari sekarang kita berkenalan dengan jaket airbag... Jaket airbag produksi Dainese, perusahaan Italia yang berdiri sejak 1972 dan bermarkas di kota Molvena, di provinsi Vicenza, bukan barang baru lho...
D-Air sebenarnya sudah ditest selama 3 tahun. Dainese menurunkannya pertama kali di ajang GP-Valencia tahun lalu. Pembalap yang menggunakannya saat itu adalah Marco Simoncelli, Simone Grotzky dan Michael Ranseder. Saat menonton siaran GP yang ditayangkan stasiun TV Sport Jerman, DSF, seorang juru bicara Dainese menjelaskan fungsi kerja jaket ajaib ini. Cara kerjanya sama dengan helm airbag. Jaket dilengkapi dengan GPS dan sensor elektronik yang tersimpan di bagian punuk. Kecanggihan teknologi ini bisa membedakan, kapan airbag harus diaktifkan, kapan tidak, jadi dijamin ga malu-maluin. Seperti di helm airbag, jaket ini dilengkapi dengan generator gas yang dapat mengembangkan airbag dalam tempo 0,015 detik (apa 0,15 detik ya? maaf, lupa...) setelah impuls diterima.
Saat ini, jagoan macam Valentino Rossi sudah menggunakan teknologi D-Air lho.. jangan heran kalau doi semakin pede menggeber M-1! Tahun ini, Dainese mengembangkan kembali si D-Air. Yang saya tonton di TV, airbag tidak lagi nongol seperti yang ada di foto. Pembalap GP 125 cc asal Austria, Michael Ranseder yang berbahagia menggunakan jasa D-Air sudah merasakan manfaatnya. Ia menunjukkan jaketnya airbagnya yang sudah cacat karena kecelakaan. Airbag kali ini tersimpan di dalam jaket, jadi tidak terkesan seperti orang yang menggunakan pelampung penyelamat. Sepintas, tidak kelihatan kalau jaket sedikit menggembung karena di dalamnya airbag sudah menggembung. Memang kalau jatuhnya ngedelosor, jaket airbag dirasa terlalu berlebihan. Namun, bagaimana kalau jatuhnya terpelanting, lihat saja kecelakaan yang menimpa Jorge Lorenzo di Laguna Seca... he can fly Bro.... Nah, untuk menghindari benturan yang fatal, jaket airbag terbukti lebih mengurangi risiko cedera.
Buat mereka yang hendak menggebet Dainese D-Air, ada kabar gembira. Jaket sakti yang bobotnya lebih berat 1,5 kg dibandingkan versi standard ini akan dipasarkan tahun 2010 nanti. Sayang, ketika ditanya soal harga, si juru bicara Dainese tidak dapat menyebutkannya. Katanya sih, harga masih terbuka.... Dainese tanpa airbag saja harganya sudah bikin tarik nafas dalam-dalam, apalagi yang pakai airbag...
Sumber:
Siaran DSF

6 komentar:

  1. kalo setelah jatuh, si sembalap akan meneruskan balap lagi (kayak si lorenzo kemarin) gimana bro???
    sedangkan tuh jaket dah terlanjur menggembung...
    kesian dong, jadi kayak logonya michelin wakakak...

    BalasHapus
  2. Ga tau Bro..infonya dikit.. tapi yang baru ga gembung-gembung amat kok..
    Si Lorenzo dah paket jaket ini belom ya? Sama-sama Dainese kan.. Saya ga tau Bro.. yang disebut di siaran TV cuma Rossi dan Ranseder, kalo yang lainnya saya baca di website Dainese..
    Mungkin bentar lagi ada Jaket tandingannya dari Alpinestar: Jaket anti disalip Rossi hehehe.. pasti langsung dipake Pedrosa ma Stoner nih

    BalasHapus
  3. byakakak... depannya serius, belakangannya gubrax.. heheh..

    ntar si Randy de Puniet gak mau kalah, bikin jaket Playboy Limited Edition. bisa bikin rider lain pada ngiler... lupa dah kalo lagi balapan hahaha..
    pada ngintilin si RdP di belakangnya

    BalasHapus
  4. limited editon airbagnya di depan ya?? liat aja nanti di prancis, bakal on fire tuh orang kayanya, kalo ga ya nggravel lagi (kaya taon kemaren)... tanpa sponsor playboy pun si de Puniet emang dah jadi idola cewe2 sini, taun lalu eurosport di websitenya pasang foto doi pamer six pack, eh minggu depannya komentator bilang: banyak penonton yang protes minta tuh foto diapus, soalnya cewe2 mereka jadi kesengsem sama dePuniet.

    BalasHapus
  5. kalo jatohnya 'terbang' mah keknya gak mungkin bisa lanjut...soale kalo ngga motornya yg rusak parah, ya orangnya..hehehe...
    nah, kalo jatohnya ngesot, apa si airbag ni ngembang juga??

    sebenernya RdP kenceng kok..liat aja pas kualifikasi ato free practice, sering tembus 5 besar kok..sayang, pas race sering jatoh...

    BalasHapus
  6. kalo jatohnya ngesot juga ngembang kok, kalo liat fotonya sih bgt...
    RdP emang kenceng, taon ini tambah kenceng aja dia, malah sering lebih kenceng dari Dovi..
    kalo taon kemaren dia dijulukin raja gravel.. sebenernya taon lalu banyak pembalap yang protes karena di beberapa sirkuit zona out-nya diaspal, jadi kalo pembalap out, langsung bisa cepet balik ke balap, beda kalo zona itu diisi pasir. Artinya, yang paling sering diuntungkan sama zona ini si RdP, banyak yang sirik sama RdP.. salah satu yang protes soal zona out aspal ini Stoner lho...

    BalasHapus