Selasa, 05 Mei 2009

Masa Kritis.....


Kalau saya ingat-ingat zamannya masih ABG dulu, saya bersyukur sampai saat ini semuanya baik-baik saja. Sebab kalau mengingat masa-masa itu, bisa saja saya kesandung atau nyemplung ke jurang problema yang kadang mematikan. Masa-masa ABG memang masa dimana seorang manusia mengalami masa kritis. Di satu sisi, seorang ABG merasa mulai dewasa, di sisi lain, berdasarkan pengalaman pribadi, ada hal-hal yang dulu saya kategorikan "keren", sekarang saya sadari hanyalah sebuah "kebodohan besar". Untung saja saya "selamat" melewati masa ABG. Banyak kan permasalahan ABG yang sangat berbahaya, ya mulai dari salah pergaulan, tawuran, geng motor sesat, atau jatuh cinta hehe... Bukankah jatuh cinta bisa membahayakan jika tidak disikapi dengan benar? Saat jatuh cinta, yang lain seakan-akan tidak penting! Selain itu, masa ABG sepertinya menjadi masa dimana saya banyak durhaka pada orang tua... Untung saja semuanya berakhir baik..

Bagaimana dengan nasib sebuah sepeda motor? Menurut saya, si motor juga mengalami masa kritisnya sendiri, layaknya manusia yang ABG. Motor yang memasuki usia belasan tahun akan mengalami masa kritis ini. Secara fisik, doi mulai ketinggalan zaman. Secara performa, kalau dibiarkan standard akan tertinggal motor-motor sekelasnya. Sebagai contoh, lihat saja nasib Suzuki RGR, mau dikorek kaya apa juga susah bejaban melawan Kawasaki Ninja dan Honda NSR. Tidak hanya RGR, motor-motor lainnya pun akan mengalami hal serupa.

Kenapa masa ini saya sebut masa kritis? Artinya setelah masa kritis akan muncul masa stabil lagi kan... Begini Bro, yang saya maksud masa kritis adalah saat dimana motor beralih status dari motor baru menjadi motor tua. Di saat menjadi motor tua, motor performanya menurun, bentuknya juga terlihat out of date. Di sisi lain, motor-motor berusia belasan tahun ini belum diakui sebagai motor klassik! Untuk dapat diakui menjadi motor klassik, ada beberapa faktor yang perlu dipenuhi.

1.Biasanya faktor pendukung pertama adalah performa dan prestasi si motor itu saat baru diluncurkan. Apakah doi menawarkan fitur yang menggemparkan di zamannya? Apakah doi selalu finish terdepan? Pokoknya, ada hal yang membuat doi menjadi legendaris. tidak perlu terlalu tua untuk diakui sebagai motor klassik, contohnya sang juara awal WSBK, yakni si RC 30! Doi sudah dikategorikan sebagai motor klassik lho...

2. Jumlah.. Motor yang jumlahnya sedikit nantinya memiliki potensi besar untuk menjadi motor klassik.

3. Merk! Merk pabrikan harus jelas, singkatnya, pabrikan harus punya nama yang terhormat. Jadi, kalau motor itu, meskipun jumlahnya sangat sedikit, tetapi dibuat oleh sebuah pabrik yang tidak jelas asal-usulnya (motor Cina yang tidak jelas misalnya), jangan harap akan menjadi motor klassik. Apa alasannya?

4. Konvensi! Itu alasannya utama kenapa sebuah motor dianggap motor klassik. Memang kadang ada motor yang pada zamannya biasa saja, populasinya juga banyak, tetapi dengan adanya konvensi, bisa jadi motor itu mendapat predikat motor klassik. Konvensi sendiri tidak bisa dikontrol. Istilahnya dalam teori kebudayaan, konvensi terbentuk oleh adanya kekuatan yang tidak terlihat, alias adanya peran si invisible hand! Salah satu bentuk yang membentuk sebuah konvensi misalnya eksisnya sebuah klub yang mengusung motor tertentu. Namun, bukan berarti kesengajaan membentuk sebuah klub motor dengan satu motor tertentu di kemudian hari menjadikan jaminan motor itu nantinya menjadi motor klassik. Sekali lagi, si invisible hand tidak bisa dikontrol!

5. Alasan-alasan lainnya yang males saya tuliskan.......

Jadi, bagaimana nasib motor-motor yang saat ini berada di masa kritis? Apakah Bro memilikinya? Kalau dimodif berat, artinya si motor sudah gagal melewati masa kritisnya karena yang menjadi pakem utama dalam dunia motor klassik adalah orisinalitas! Di sisi lain, kalau tidak dimodif, maka si motor akan terlihat "merusak pemandangan" dan menurunkan gengsi pengendaranya. So, sabar-sabarlah pengendara yang memiliki motor di masa kritis. Jagalah orisinalitasnya, siapa tahu nantinya doi akan meraih predikat motor klassik! Namun, tentunya tidak ada yang jamin......


Teks by: Prof. Dr. Arie Slight. MA. SS. (sarjana Sableng)
Foto: HP-Klassikku

6 komentar:

  1. Om gw,
    punya kawasaki binter trus ikut2 modif jadi choper dahulu kala.., sekarang nyesel ga' abis2...

    gw jg ikutan nyesek di dada bro.. coba kalo ga di modip sekarang mungkin udah di wariskan ke saia, secara sepupu cewek semua.. hiakakakakakaka

    BalasHapus
  2. makanya binter merzy sekarang jarang yang orsi...
    wah soal modif memodif dan waris mewariskan mah terserah yang punya atuh.. tapi gelagat2nya sih banyak yang nyesel motornya dimodif..
    kalo om saya ada puch 250, tapi ancur jadi tanah huhuhu.. kasian bgt tuh motor kena ujan.. abis mo dibetulin susah, belom lagi ga bisa dijual2 gara itu dikasih temennya

    BalasHapus
  3. kenapa yah, untuk motor keluaran taun 80-90an ngga keliatan klassik (menurut saya), sekarang malah keliatannya jadul..ngga modis lagi..beda sama motor taun 40 sampe 70an..(HD WLA sampe honda CB series) desainnya timeless..ngga abis dimakan jaman..serba bulet, tetep manis diliatnya..hehehe..

    just my opinion loh..

    BalasHapus
  4. emang.. mungkin karena zaman itu ramenya bentuk kotak dan bersudut, mana garis2nya suka ga nyambung..
    makanya ampe sekarang notor klassik banyak yang bilang sampe tahun 80 aja.. tapi kan zaman berkembang terus, kita ga bisa prediksi juga, ya adanya si invisible hand itu.. motor tahun 40-70an juga ada yang kotak kok, tapi dibilang bentuknya klassik. btw, motor tahun 80an disini yang orsi juga dah mulai mahal lho..kaya gixxer jadul yang masih pake oil cooler aja, rgv 250, yamaha rd 500 juga, yang penting orsi..
    mungkin juga kalo di indonesia harga motor tahun 80-90an naik, cara pandang kita sama tu motor bisa beda..makanya, borong gl pro orsi wakaka........ apa gl 100 orsi hihihhi.. sapa tau nantinya jadi motor klassik..
    kalo yang punya peluang bagus sih tu thunder 250.. bentuk klassik, jumlah dikit, mesin lumayan kuat.

    BalasHapus
  5. dirumah ada RX king sama GL pro punya kakak :D
    yui..thunder 250, dulu pas dijual gak laku, sekarang udah di stop malah dicari orang.. :)) aneh..

    BalasHapus
  6. ane juga mo gebet thunder 250 nih.. kalo dapet di bawah 10 sih ehheehe..
    GL Pro sama RX-King? wah ni motor dua kalo ga dimodif emang gimana gitu.... gimana gituuuuu...... wakaka.. pissss, love and kaboooooorrrr

    BalasHapus