Senin, 18 Mei 2009

Indonesia Termasuk Negara Bebas, Tetapi.....

Dalam hal modif-memodif, setuju dong kalau Indonesia termasuk negara bebas... Body bisa berubah total, kaki-kaki bisa jadi berotot mendadak, yang tadinya aman lewat polisi tidur bisa mendadak jadi ceper, yang kaburatornya cuma satu pun bisa berubah menjadi delapan, yang tadinya hanya dilengkapi satu rem cakram pun bisa jadi empat rem cakram dengan diameter segede tampah!
Soal selera memang tidak perlu diganggu-gugat, kecuali memang situ jadi juri kontes atau mau komentar baik-baik. Yang menikmati hasil modifikasi bukan hanya pemiliknya saja, pastinya orang sekitar sedikit kebagian kebahagiaan dengan melihat "pemandangan bagus" (kalau bagus lho... kalau jelek, situ ketawa, ujung-ujungnya senang juga kan...).
Soal berekspresi memang jadi kebebasan si empunya, tentunya dituntut juga kompetensi sang modifikator dan tentunya kejantanan dompet si pemilik motor. Yang bermasalah adalah ketika hasil modifikasi itu termasuk tidak layak jalan! Tidak perlu lah jauh-jauh ke aliran motor ceper ataupun bannya hingga lebih dari dua atau jarak sumbu rodanya melar hingga dua kali lipat. Kita mulai dari yang kecil dan sering saja: lampu rem, kaca spion dan knalpot.
Ketiga peranti ini termasuk peranti yang laris manis dalam urusan modifikasi, alasannya ya dari harga yang murah, pemasangan yang mudah dan bisa dengan singkat kembali ke selera asal. Sudah pernah merasakan kesalnya kena sinar lampu rem bening dengan bohlam yang diperuntukkan untuk lampu rem standard? Pernah beli kaca spion yang keren dilihat, tetapi fungsinya cuma buat aman dari razia polisi? Pernah pakai knalpot teror (saking kuencengnya suara tapi larinya ga ada racing-racingnya)? atau pernah ganti velg palang yang kualitasnya sekali masuk lobang langsung pasang bendera putih ataupun bosnya cepat oblak?
Kalau saya bandingkan nasib kita dibandingkan bikers Jerman, Indonesia memang termasuk negara bebas! Di Jerman, peranti variasi harus mendapatkan surat TüV, artinya kalau memiliki surat ini, produk itu dapat dipakai di motor secara aman. Produk itu telah diuji dan dinyatakan dapat digunakan di jalanan umum. Ya lampu rem lah, foot step lah, spatbor lah, wajib punya TüV kalau mau lepas dari razia polisi. Begitu juga dengan knalpot racing! Aman kalau sudah ada TüVnya, jadi tidak perlu seperti kita di Indonesia yang kadang-kadang was-was kalau mau menggunakan knalpot non standard.
Bagaimana kalau bule Jerman mau modif besar-besaran motornya? Misalnya bikin jadi low rider? Atau jadi street fighter? Setelah mereka memodif kendaraannya, maka kendaraan tersebut wajib ikut test untuk memperoleh sertifikat TüV. Kalau tembus, artinya si motor itu layak jalan, kalau tidak ya dont try this at Germany! Jadi, sebelum modif, harus dipikirkan juga, apakah si motor pada akhirnya hanya untuk pameran, hanya untuk dipakai di sirkuit, atau mau dipakai sehari-hari di jalan umum.
Nah, Indonesia negara bebas kan....... Apalagi kalo Ente punya backingan Jendral, atau punya perkebunan duit, Indonesia is heaven on earth......


6 komentar:

  1. yups...bebas kebablasan..
    paling kesel sama masalah lampu rem yg bening, pernah pas solo touring malem, didepan ada lampu terang banget tapi ada di jalur saya...saya kirain ada motor lain menuju ke arah saya, eh baru sadar kalo itu lampu rem yg mika-nya bening..
    kalo masalah spion, saya juga pake spion yg kecil, tapi fungsional... :D
    beda sama yg lain, spion standar (gede), tapi cerminnya ngadep kebawah...apa gunanya coba??

    saya ngerasa kasian sama motor yg dimodif extreem sampe ngga bisa dipake jalan2..menyalahi kodratnya sebagai sebuah kendaraan..masa motor mahal dan dah dimodif mahal cuman jadi pajangan..

    kalo kata tabloid motorplus, modif itu harus MEFRIK (Modern Estetika Fungsional Rasional Inovasi dan Kreasi), so, berkreasi sebebas2nya tapi juga ngga mengganggu fungsinya :D

    betuull??

    BalasHapus
  2. ckckck...
    coba diterapin disini yah, harus ada sertifikasi TUV atau SGS atau Sucofindo lah...
    bisa2 pada bubar... wkwkwk....

    susah lah bro... kesadaran masyarakat masih sangat sangat rendah, perkara paling dasar aja gak mau nurut kok (lampu merah masih suka nerabas), apalagi masalah safety yang laen...

    ngurus SIM terlalu amat sangat gampang, dan denda tilang juga amat sangat rendah. coba tidak ada denda, langsung SIM di suspend selama beberapa waktu, pasti orang2 pada ati2. (tp susah jg nyari polisi yg kebal sogokan)

    akhir kata... preeetttt laah...
    :lol:

    BalasHapus
  3. @Nunoe: Motor mo modif extrem sih terserah yang punya ajalah.. asal kalo di pake di jalan ga bikin bahya diri sendiri yang otomatis membhayakan orang lain.. makanya, mestinya motor modifpun mesti ditest layak jalan juga kalo mo dipake harian. Di sini ada acara tv yang wawancara petugas bengkel yang ngasih TüV, dia bilang kadang suka kasian sama yang punya kendaraan, tetapi kalo dah aturan ya aturan, ga bisa ngeyel.. mo di bengkel lain pun yang berhak ngasih TüV pun hasilnya sama aja.

    Wah spion dibikin gitu maksudnya untuk memperbaiki aerodinamika motor. Di kecepatan tinggi ngaruh lho.. Malah di atas 160 Km/h akan memberikan gaya down force ke roda depan yang pada akhirnya menambah grip di roda depan (walah.. sesatnya kumat hehe...)

    @jombloati:
    wah SGS itu apa ya? ijk taunya GS (Geprüfte Sicherheit) ya sertifikat safety juga. Sucofindo apa pula itu? karburator kah (Sudco From Indo)hehe...
    Iya nih..Polisinya begitu, palagi masuk kepolisian upetinya kuenceng2, ya niatnya pada balik modal aja semua... mo jadi polisi baek2 juga susah bgt kalo lingkungan dan sistem tidak tertulisnya kaya begitu..
    Indonesia butuh hakim kaya Dark Justice, Punisher, Dukun Santet anti Koruptor, Setan tukang gentayangin penerima suap dan semacamnya.

    BalasHapus
  4. yup..pertimbangan pertama aerodinamika plus estetika..lucu aja mio motornya kecil sionnya gede..jadi caplang kek prince Charles.. :))

    btw, mio gak bisa sampe 160 kpj.. ;(

    BalasHapus
  5. wkwkwk.....
    dark justice beneran aja darisononyah kaga ada wkwkwk....
    apalagi dukun santet anti korupsi, wong yang nyuruh nyantet itu koruptor juga kok... :D
    SGS sama aja bro, badan sertifikasi juga, www.sgs.com kalo sucofindo juga sama, cuma mainnya ya lokalan aja gituu...

    xixixi... gua ngakak banget gara2 analoginya mio caplang disamaain ama prince charles...xixixi...
    kenapa harus dia gituu... kenapa gak mr. bean aja???...
    xixixi....

    BalasHapus
  6. Pangeran Charles, gitu2 pangeran lho.. best dressed man pula lho.. tapi doi ga bakal jadi raja tuh kayanya..lagunya aja God save the Queen kok.
    lagian hari gini kan prinsipnya cowo harus kaya, cewe harus cantik

    BTW, Mio sekarang spionnya gede bgt ya? wah ijk ga pernah liat.. buat cewe kali tujuannya, buat cewe kaca kan penting..

    Dark Justice kalo ampe ada mantebs deh.. motornya apaan ya? dulu saya masih kecil..kayanya sih pake motor inggris..
    SGS punya swiss to.. baru denger.. maklum, udik tapi nyasar ke jerman hihihi....

    BalasHapus