Senin, 18 Mei 2009

Gladius=Mio-nya Bule





Dalam hati saya sempat tertawa saat menyaksikan siaran langsung MotoGP di DSF, bukan karena aksi pembalap MotoGP, tetapi karena iklan yang ditampilkan Suzuki. Yup, sponsor siaran langsung MotoGP Jerman adalah Suzuki Jerman, berkat aksi Suzuki Jerman, publik Jerman bisa menikmati siaran MotoGP sepanjang akhir pekan, mulai dari training, qualifikasi dan balap tentunya.

Jangan kaget kalau Suzuki yang menjadi sponsor, sebab tidak seperti di Indonesia, penjualan Suzuki di sini bercokol di tempat kedua di bawah pabrikan tuan rumah, yakni BMW. Kalau tahun lalu Suzuki biasa menayangkan iklan-iklan yang dibintangi Alessandro Del Piero dengan berbagai skucil dan skuge alias skuter kecil dan gede, dan tentunya sederet iklan Suzuki lainnya, maka baru-baru ini Suzuki gencar mengiklankan Suzuki Gladius.

Yang menarik dari iklan motor berharga 6290 Euro ini adalah target konsumen mereka. Jika Yamaha Indonesia mengiklankan Mio sebagai motor wanita, maka Suzuki Jerman mengedepankan Suzuki Gladius sebagai motor wanita! Di iklannya, beberapa wanita muda dan modis digambarkan enjoy menikmati perjalanan di dalam kota dengan Gladius. Agak aneh memang bagi kita orang Indonesia kalau melihat iklan ini, maklum, Gladius kan mengusung mesin 4 tak V-Twin 90° berkapasitas 645 cc berkompresi 11,5:1. Dengan bobot 202 Kg, wanita Indonesia manakah yang sanggup menaklukkannya? Ada sih, tetapi paling cuma sesendok, maksudnya segelintir. Jangankan wanita, para prianya saja kalau ketiban Honda Tiger saja sudah kewalahan. Namun, namanya naik motor bukan untuk dijatuhkan kan... Selama motor tidak tergeletak, berat dua kwintal lebih tentunya bukan masalah, apalagi di Jerman tidak akan ada kemacetan lalu lintas kalau tidak ada kejadian luar biasa semacam kecelakaan, demonstrasi dsb.

Konfigurasi mesin dan perawakan Gladius secara keseluruhan tentunya cukup untuk menggolongkan motor ini sebagai motor besar. Motor bertenaga 72 PS @ 8400 rpm dengan torsi maksimum 64 Nm @ 6400 rpm tentunya juga lebih dari cukup untuk menaklukkan motor-motor umum yang beredar di Indonesia! Namun, kalau kita mencermati warnanya yang centil serta lekuk bodynya yang kalem dan feminin, sedikit banyak terungkap dong konsepnya: motor wanita.....

Memang sedikit mempersempit pasar karena Suzuki mengumandangkan Gladius sebagai motor wanita, tetapi justru di situlah strateginya. Itu salah satu tanda persaingan antara produsen motor di Jerman lebih keras dibandingkan di Indonesia! Presentase biker Jerman kecil Bro... maklum saja, kebanyakan naik motor di sini karena hobi! Di musim dingin, bikers Jerman harus rela pisah ranjang dengan tunggangannya. Jumlah konsumen yang sedikit, ditambah produsen yang lebih dari 60 pabrikan, membuat produsen harus lebih fokus dalam membidik calon konsumen.

Anehkah kalau Suzuki Gladius ditujukan untuk wanita? Sama sekali tidak! Lihat saja foto yang paling atas, saya jepret di persimpangan, Suzuki GS 500 kuning dikendarai wanita lho... Dan itu sangat normal di sini. Motor sekelas Kawasaki ER-6 Series, Honda CB 500 dan Suzy GS 500 memang motor yang lumrah dipakai wanita. Jangan membayangkan wanita yang menaikinya berbodi kaya Tessi Srimulat! Asli wanita, bukan yang malam hari bernama Diana tapi siang hari bernama Dedi! Bukan juga yang kaya avatarnya Jombloati! Mereka tetap terlihat elegant kok...

Bayangkan kalau Gladius terbit di Indonesia, pasti tidak lagi diiklankan sebagai motor wanita. Kalau Gladius motor wanita, nah, motor lainnya yang mengatakan motor lelaki lah, motor pria sejati lah, motor macho lah, mo dikemanaken ituuu??????


Sumber: http://motorrad.suzuki.de/index.php?id=656
Foto GS 500: HP-Klassikku

8 komentar:

  1. wadadahhhh... maksudloh... xixixi...
    ngapain gw dibawa-bawa...

    kalo gw yg jadi icon suzuki gladius, pasti deh....
    pasti ambrol penjualannya wakakak...

    sekalian aja dikasi warna2 yg feminin, pink, kuning, biru muda, terus dikasi gambar bunga2an, hello kitty... xixixi...
    walau motor feminin, kabarnya top speed 217 km/h... aduuh.. atuuuut.. :P

    BalasHapus
  2. dibawa-bawa dong.. product placement gitu lah hehe..simbiosis mutualisme..
    DI Indonesia aja pelawak laris manis maen iklan motor, disini belom ada sejarahnya tuh.. kali aja ada gebrakan baru kalo tampang Ente dipake buat iklan Gladius, exotis abis gitu loh... you tau lah selera bule kadang2 bikin bengong, kok kaya gitu???? wakaka...
    BTW, cat gladius ga centil2 amat kali, biar cowo ada juga yang mo beli.. di Websitenya ada satu foto yang gambarnya rider Gladiusnya cowo..
    Mio juga ga dicat bunga2an n Hello Kity kan? Ntar si NuNoe ga mau beli lagi hihi..
    Cewe sekarang maunya Mionya di cat Edward Cullun itu kali..yang di pelm TWilight ntu lo...

    BalasHapus
  3. beugh....
    bhuahahaha...
    keren!! keren!!
    di denpasar ada cewe bawa tiggy, keliatannya sangar gitu..apalagi bawa Gladius...

    saya beli mio karena terpaksa, tapi akhirnya ketagihan!! :P

    BalasHapus
  4. wadow.. cewenya sangar, gimana bokapnya??? Wah hilang minat ijk jadinya... bisa2 bokapnya kemana2 bawa kapak lagi hiiiiii.....
    BTW, yang milih tiger juga bukan ijk, tapi nyokap, gini kira2 percakapan 11 tahun lalu:
    Ijk: Ma, dapet motor apa jadinya??
    Nyokap: Udah, liat aja nanti!
    Ijk: Dapet ga RZR putih??
    Nyokap: Ssst, protes bayar!!

    dan datanglah mobil pick up membawa Tiger hitam metalik 1997 yang pertama kali logo timbul

    Ijk: Yah.. ga ada fairingnya.. (tapi dalam hati girang bgt, motor pertama gitu lho.. di sisi lain langsung inget pengalaman SMP: Ketiban Tiger merah marun ouch..)

    Tapi ada bagusnya juga punya Tiger, ampe sekarang masih beredar, ga puyeng nyari onderdil deh hehe.... n tuh motor lumayan awet, lampu sen ampe sekarang idup semua, lampu depan masih sisa (lampu jauhnya aja yang isdet), sok belakang masih top, depan sih dah jelek, namanya juga dah tabrakan 3 kali, ngelindes motor orang sekali, naek trotoar gara2 ngindar 2 kali, kena lobang dah ga keitung.. tapi buat lepas tangan diatas 100 masih oke bgt lho.. i luv my bike hehe...
    loh kok jadi panjang gini komennya????

    BalasHapus
  5. hahahaha...
    tahun2 itu tiger 2000 adalah motor dengan kasta tertinggi..sekarang, gatau deh.. ;))

    tapi keren juga..motor pertama dah tiggy..saya, supra X 1999..itu juga kebeli setelah kerja..soale baru bisa naek motor pas dah kerja :))

    BalasHapus
  6. Blom yang paling atas kok, masih ada NSR 150 sama Suzuki RGR, eh terus nongol Thunder 250..
    BTW, tu Tiger the one and only ampe sekarang...(krismon mode on fire hikshiks....)

    BalasHapus
  7. gladius...mantap, nangis tuh tiger atau pulsar atao rtr kalo masuk ke indonesia

    BalasHapus
  8. ga nangis lah Bro, beda jauh kastanya hihi...
    kecuali sama2 200 cc tapi lari n bodinya kalah jauh, nah si tiger sama pulsar nangis bombay deh..

    BalasHapus