Kamis, 14 Mei 2009

Ducati Mach 1, Siaran Ulang...






Maaf sebelumnya, berhubung kesibukan di akhir minggu ini datang bertubi-tubi: Persiapan ujian akhir semester (jauh-jauh hari Bro...), tugas akhir (ni dia yang bikin keleyengan), kerja kelompok, syuting iklan, recording, manggung, pemotretan, ketemu klien, makan malam dengan pak walikota, acara amal, rapat direksi, cuci piring, motong rumput, angkat jemuran, nyetrika, kasih makan ayam, ngangon domba (DUMPLANG!"'$'§!/)?%/=??&$!)§?''#?#++!#$), saya kasih fotonya Ducati Mach 1 saja ya... teksnya saya ambil dari pembahasan dulu. Aslinya Ducati Mach 1 --kayanya sih-- tanpa fairing dan buntut tawon, tapi yang paling bikin naksir performanya! Bayangkan, itu motor 250cc tahun 60an! Bagaimana performa motor berkapasitas hingga 250 cc sekarang yang katanya modern??? Bayangkan seandainya Ducati Mach 1 kembali diproduksi dengan teknologi terkini........

Siaran ulangnya:
Nama besar Ducati di ajang balap motor international tidak diraih dalam sekejap. Sejak dulu Ducati sudah mengeluarkan motor-motor berperforma tinggi. Perkenalkan Ducati Mach 1, si kecil merah yang lincah. Ducati Mach 1 berbekal mesin 249cc dan bertenaga 26PS pada 8500rpm adalah motor yang diluncurkan Ducati pada tahun 1964 dan menjadi motor tercepat di kelas 250cc pada masa itu. Dengan bobot yang hanya 116Kg, Mach 1 dapat mencapai kecepatan puncak 171 Km/jam.
Ada beberapa faktor yang memungkinkan Mach 1 mencapai kecepatan luar biasa ini. Mach 1 dipersenjatai dengan karburator berventuri besar, yakni Dell 'Orto SS-1. Gear Box dengan 5 tingkat percepatan, piston kompresi tinggi dan sederetan onderdil berperforma superior memungkinkan Mach 1 berakselerasi dengan cepat, terlebih lagi velg yang digunakan dibuat dari logam yang ringan. Pemilik Mach 1 juga diuntungkan di arena balap dengan setang Mach 1 yang sudah sporty. Semua kemudahan untuk mengorek dan mendapatkan Mach 1 menjadikan motor ini laris digunakan untuk balapan.
Kehandalan Mach 1 tentunya memiliki peranan besar dalam membentuk image Ducati sebagai motor cepat. Mach 1 hanya diproduksi hingga tahun 1967. Ia digantingkan dengan versi baru yang telah mengalami banyak pengembangan, terutama pada sektor mesin.


Sumber:- Hugo Wilson: Motorräder (2001)
Foto: HP-Klassikku

3 komentar:

  1. Dengan tenaga dan bobot segitu, kayaknya bisa deh ngalahin banyak motor di tanah air dengan cc yang sama.
    Btw, blognya bagus Mas, banyak motor eksotis yang gak dijumpai di tanah air :)

    BalasHapus
  2. cantik euy....
    ninin mah lewat nih..

    BalasHapus
  3. motor jadul aja dah sekuenceng itu, berarti motor sekarang lebih jadul lagi ya wakaka......
    Coba kalo kita mengkhayal, kalau tiap tahun tenaganya naik 0,2 PS, berarti kalo taon ini nongol tenaganya minimal 34 PS! dan itupun cuma satu silinder lho..belom lagi bobotnya mestinya bisa dikurangin, wah terbang tuh duke mini..

    BalasHapus