Senin, 27 April 2009

Usaha Mengungkap Misteri Minerva Sachs 250

Kemunculan Minerva Sachs 250 Sport di pasar Indonesia tentunya sudah menjadi buah bibir di kalangan bikers tanah air. Rancangan fairing yang mengingatkan kita pada Honda CBR 600 RR campur lengan ayun ala Bimota plus kapasitas mesin 250 cc menjadi daya tarik yang kuat. Harga yang bisa dibilang murah untuk spek yang ditawarkan tentunya menjadi faktor kuat untuk menggebet motor yang satu ini, apalagi doi diklaim menggunakan mesin SACHS!
Harga yang dipatok di bawah Rp. 30 juta membuat saya puyeng juga, mungkinkah??? Karena di Jerman sendiri dengan 2000 Euro atau sekitar 30 Juta hanya bisa gebet Suzuki Address 125 (injeksi) alias Shogun 125. Apakah mesin 250 cc bisa diperoleh dengan harga yang sama? Memang masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi harga, tetapi range permainan harga untuk motor kelas capung sempit kan?
Saya pun semakin penasaran, hari ini saya kembali ngubek-ngubek Website SACHS. Di bagian produk, saat ini tidak ada SACHS yang berkapasitas 250 cc! Saat melihat bagian direksi, ternyata bosnya saat ini bernama Wang Tao, dari namanya saya tebak doi senegara dengan Wong Fei Hung. Bagaimana peran Mr. Wang Tao di Sachs, saya tidak tahu... Saya pun mencoba mencari tahu, apakah ada kerjasama Sachs dengan PT. Minerva Motor Indonesia, hasilnya nihil, alias tidak tertera di website Sachs. Ketika saya coba mencari daftar importir Sachs, ternyata di Indonesia tidak ada terdaftar importir Sachs. Kalau Bro sempat, silakan bantu ngubek-ngubek ke sini:
Saya pikir, mungkin websitenya belum di update. Untuk itu saya memutuskan mengemail langsung ke pihak Sachs. Begini email yang saya tulis:
Sehr geehrte Damen und Herren

ich möchte mich informieren, ob Sie eine Zusammenarbeit mit PT. Minerva Motor Indonesia haben. In Indonesien wird in kürzer Zeit ein Motorrad mit dem Namen Minerva SACHS Sport vorgestellt werden. Das Motorrad hat 250cc Hubraum und laut PT. Minerva Motor Indonesia ist der Motor von Ihrer Firma in Deutschland produziert. Ich habe Zweifel, da auf Ihrer Website nicht steht, dass Sie momentan Motorräder mit 250 cc Maschine herstellen. Können Sie mich bitte darüber informieren? Ich freue mich sehr auf Ihre Antwort.
Vielen Dank im Voraus für die Aufmerksamkeit.

Mit freundlichen Grüßen

Arie Slight
Kira-kira isinya menanyakan, apakah ada kerja sama Sachs dengan PT. Minerva Motor Indonesia dan apakah Sachs menyuplai mesin untuk Minerva Sachs 250. Di email saya mengungkapkan kebingungan saya dan mohon informasi lebih lanjut. Kita lihat saja nanti, apakah email saya ditanggapi, terus terang saya berharap sekali ada kejelasan atas hal ini.
Jika Minerva Sachs 250 benar-benar menggunakan mesin Sachs, maka tidak perlu lagi kuatir akan daya tahan mesinnya. Jerman tidak dikenal sebagai produsen mesin motor berdaya besar, tetapi untuk soal daya tahan, tidak perlu diragukan. Di Jerman, soal material dan tingkat presisi pengerjaan sangat dijunjung tinggi. Jika Minerva Sachs benar-benar menggunakan mesin Sachs, wow.. keren....... Artinya ada yang berani melangkah dan mengguncang dominasi pasar yang bisa membawa dampak positif bagi kita sebagai konsumen. Jika semua itu benar, artinya PT.Minerva Motor Indonesia sudah memulai langkah layaknya Bimota yang memproduksi segala sesuatunya sendiri dan menggunakan jasa pabrikan besar untuk menyuplai mesin motornya (Hanya saja Bimota mengincar kualitas lebih tinggi dan lebih eksklusif layaknya motor konsep). Sekian usaha saya untuk menjawab pertanyaan yang muncul dari diri saya sendiri, entah bagaimana kelanjutannya.........

24 komentar:

  1. wah..sip nih...
    kalo yg sachs 125, ane pernah liat..diluar sono banyak yg model begitu..
    nah, trus kalo yg model sport 250cc, an juga belom pernah liat..nemunya malah pake mesin 125cc..
    kalo emang bener pake mesin sachs jerman, keren dah..

    BalasHapus
  2. Betul Bli... aneh kan, kalo pabrikan sendiri sekarang ga punya mesin 250 cc. Apa emang khusus diciptakan buat Minerva Indonesia? Kalo emang bener mesinnya Sachs (dibikin di kota Nürnberg), top! Saya penasaran karena banyaknya kejanggalan (ga ada mesin 250, ga tercatat ada kerjasama dengan PT.Minerva Motor Indonesia, tidak ada cabang importir di Indonesia), daripada susah tidur, tak tanyaken saja langsung.. mudah2an dibales..
    kalo ga dibales, ya nanti kan ada launchingnya, ya seharusnya terbukalah misterinya..

    BalasHapus
  3. hmm..kalo seandainyah menggunakan mesin MINERVA 150R yang di bore up, setidaknyah harus mengutamakan kenyamanan Rider, khususnya di bagian Engine Mounting, supaya getaran mesinnyah bisa lebih halus, apalagih jika di bore up menjadi 250cc..tapi saya salut kepada produsen MMI yang berani memasukan motor baru dikelas 200cc.

    BalasHapus
  4. saya baru browsing ke web megelli.com secara ini motor sama modelnya cuma megelli 125 cc gak ada yang 250 cc. apakah minerva bikin mesin sendiri ya???
    kalo ada yang tau kabarin oke??

    BalasHapus
  5. waduh . . . slight bener2 serius banget . . . ditunggu kabarselanjutnya bro :D

    manstafff

    BalasHapus
  6. saya tunggu lho updatenya nanti.... :)

    BalasHapus
  7. salam kenal para senior comment...utk jwb smua keraguan temen2 mgkn bisa kunjungi http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototest/Content/0/0/1/7/4688 disini ada photo bersama para juragan sachs, megelli, & minerva indonesia...

    BalasHapus
  8. wow...
    kalo dari otomotifnet, ni enjin 250cc di develop di Thailand, so mungkin ni enjin khusus buat market asia (ato mungkin asia tenggara)...
    sachs jerman bantu desain enjinnya..tapi produksi di Thailand..
    desain bodi + sasis = Inggris..
    enjin = Jerman..
    perakitan = Indonesia..
    power 20.5 dk..
    harga. 28.5jt...
    wooooooooowwwww......
    daripada beli tiggy :D

    BalasHapus
  9. Yo semuaaa...
    maaf baru nongol, kemaren di rumah seharian, sakit hikshiks...dah dari minggu kemaren gara2 nguber setoran, eh tambah parah, daripada berurusan sama dokter, mending ngetem aja seharian di rumah.
    Soal jawaban dari Sachs, nihil...(maklum bukan orang penting, jadi ga dijawab) Ga mungkin kan saya tulis: Jawab email ini dalam tempo 2x24 jam atau kantor Anda kami ledakkan (teroris nngamuk mode: on).
    Kalo baca berita launchingnya, ya jelas lah, itu Sachs.. apalagi kalo yang hadir bener2 si Hartmut Huhn, sebab doi itu bosnya R&D Sachs. Namun, yang terungkap dari berita, mesin bukan made in Germany, di website MMI garansi yang normalnya 2 tahun juga cuma berani dikasih 1 tahun, artinya apa???
    Saya coba cari-cari tahu lagi tentang Sachs...
    Maaf atas kegagalan kali ini, untung saya bukan orang Jepang, jadi tak perlu melakukan HARAKIRI hehe...

    BalasHapus
  10. HARAKANAN aja bro.. :P

    semoga cepet sembuh deh...biar ada tulisan2 baru lagi di blog ini..hehehe

    BalasHapus
  11. thx Bro...
    kalo dah sakit repot nih, bingung cari tukang pijit halal hehehe...
    tangan dah gatel aja nih mo nulis tentang si Minerva Sachs 250.. dapet artikel tentang sachs, dah ga aktual sih, tapi kayanya ada imbasnya ampe sekarang. Mo dibaca dirumah dulu, terus tanya temen Jermanku, biar ga salah tafsir..

    BalasHapus
  12. Menarik sekali Minerva 250cc ini. Emang selama ini ATPM motor dari jepang terlalu kurang ajar pada konsumen Indonesia. Sebagai contoh CBR 150cc harga selangit import CBU dari Thailand. Padahal jelas2 pasar di Indonesia jauh lebih besar...eh malah mereka membodohin dengan produk2 kuno semacam Tiger dan Mega Pro. Demikian juga Yamaha...apa susahnya masukin Yamaha Yrf15 full firing seperti yg di India...karena mentang2 Vixion aja udah laris... Konsumen indonesia tuh berhak dapat motor bagus dengan harga pantas.

    BalasHapus
  13. makanya, rame nih kalo kompetisi tambah panas, yang enak konsumen..
    BTW, kalo mau motor bagus, ya emang mahal bos... asal jangan kemahalan aja.. Di sisi lain maklum lah, mereka kan perusahaan, bukan yayasan, wajar kalau cari untung

    BalasHapus
  14. weleh weleh luar biasa nih pencariannya ...bak detektif juga nih :)
    ikut nimbrung dikit nih , gue pemakai minerva model R150 (mimin) ,dr news news yg sudah setahun gue ikuti , Sachs memang diproduksi di banyak negara, hanya sebagian parts masih diproduksi di German, seperti clutch (kopeling).

    Sachs juga diproduksi di thailand (ini yg gua tahu dr berita2 terakhir) di Tiger motor kalau ga salah sebelumnya TIGER memproduksi KAWASAKI di Thailand, nah dengan fasilitas TIGER , SACHS bekerja sama untuk membuat beberapa model nya di Thailand , juga mesin.

    Mesin ini yang mungkin disupply ke PT Minerva

    BalasHapus
  15. gua sempat visit Bangkok Motor show 2009, Tiger Motor memamerkan SACHS X-ROAD dengan Mesin 250 cc , persis dengan yang dipakai Minerva di Megelli 250

    BalasHapus
  16. kalau gue sich ga penting asal usul mesin nya yg penting selama sachs melakukan QC apalagi kasih blue print , sdh more than cukup tuch :)
    Yang akan menentukan kan si pemakai nantinya apakag mesinnya berkualitas / tidak tuch ....:)

    BalasHapus
  17. Hallo Bro Mania.. Thx infonya.. Gini deh, bisanya cuma usaha pake jalur internet, dapetnya juga agak-agak simpang siur.
    Betul Bro, kualitas yang paling penting..
    wah, ke bangkok..dah lama bgt ga ke bangkok..tambah macet aja ya? Apalagi lagi demo mulu sekarang, ga deh..
    btw, ada Sachs roadster 125, naked bike, mesinnya twin kaya harley. baca di forum, yang suplai mesin Yamaha...(bingung ga? Si Sachs kayanya kerjasama sana-sini, puyeng ngikutinnya..)

    BalasHapus
  18. @ bro arie ,Menurut gue pabrik2 di eropa kalau mau survive memang mereka
    Hrs kerjasama dgn pabrik2 di asia yg volume produksinya lebih
    Besar dr di eropa, yg gua tahu motor bmw 650 cc mesinnya aja dibuat di china (loncin kalau ga salah)
    Mungkin motor sdh sama kaya handphone / laptop bro
    merk terkenal buatnya di asia , yg penting mereka tetap
    Kasih blue print dan jaga QC nya.
    Gua jualan accessories, makanya sering ke bangkok bro ,
    Bangkok asyik bro ..., cuma sek payah ribut melulu
    Tp dr info supplier gua , Tiger motor perusahaan yang besar
    Krn pernah kerjasama selama 30 thn dengan kawasaki ,
    Kualitasnya bagus dan termasuk pembuat motor kelas premium do thailand, doi juga
    Produksi sachs madass, dan x-road 250 cc .
    Doi punya motor hybrid segala (waktu di pameran) bisa bensin bisa listrik
    :) top juga he he he

    BalasHapus
  19. Hallo Bro Mania.. wah banyak info nih, thx..
    emang bener Bro, kalo ga mindahin produksi ke Cina, perusahaan Eropa ga bakal menang saingan gara-gara harga mereka terlalu jauh di atas produk Jepang. Yang saya tangkep sih, ada kesan mau ngumpetin asal usul motor produksinya, maklum ajalah, soalnya kalo orang denger made in Cina, minat beli bisa ilang, padahal yang penting kan kualitas. Saya seneng kalo pasar motor di Indonesia tambah rame, tapi kudu fair lho..

    BalasHapus
  20. salam all
    mohon info nya

    gw sekarang lagi bingung mo milih motor ni
    gw ada rencana mo bli ninja 250r tapi gw ada plesetan tentang Minerva Sachs 250......
    jadi sebaiknya mana yang harus gw ambil.....

    BalasHapus
  21. Sori bro yg penting di konsumen itu bukti bukan teori... Minerva saya sdh 5.000 Km lebih dan tdk ada masalah buruk terutama di mesin teman saya sdh ada yg setahun dan mesin aman2x saja... sorry bro Minerva saya R150VX sdh tdk 100% lagi mirip... klu yg R150 memang 99% mirip CBR 150... jadi sy bangga pakai R150VX... MMI berbenah memperbaiki citra... daripada Pabrik Mopang jual motor dgn harga selangit... R150VX = 17jt dan NEW CBR 150 = 33jt ... 33jt - 17jt = 16jt ... wah dgn 16jt msh bisa modif ini itu... tpi klu biker yg menjunjung GENGSI tentunya motor seperti NEW CBR 150 tetap akan di beli... hahahahaha padahal tetep sama2x kehujanan dan kepanasan... :)

    BalasHapus
  22. OIA satu hal lagi... mau MOPANG, mau DUCATI, MAU APRILIA, BIMOTA, GILERA,... dll klu motor tdk di rawat di jamin hancur... ini bukan teori tpi bukti coba saja sendiri oli mesin jgn di ganti... trs pakai tuh motor terus menerus... klu mesinnya tdk hancur hanya Tuhan / Allah SWT lah yg tahu keajaibannya.... hehehehe

    BalasHapus
  23. Keren bro..
    www.msbc.ml Gabung di Minerva Sachs Bekasi Club (MSBC) - http://xprs.imcreator.com/free/opsr03/msbc/msbc

    Makasih Admin

    BalasHapus
  24. Keren bro..
    www.msbc.ml Gabung di Minerva Sachs Bekasi Club (MSBC) - http://xprs.imcreator.com/free/opsr03/msbc/msbc

    Makasih Admin

    BalasHapus