Rabu, 01 April 2009

KTM 1190 RC8 R, Semakin Mengancam Ducati

Motor Superbike teranyar asal kota Mattighofen ini diluncurkan KTM untuk merebut mahkota raja superbike twin dari Ducati. Untuk mewujudkan kehendaknya, tentu saja RC8 butuh perbaikan sana-sini. Hasilnya ya si KTM RC8 R ini. Merebut gelar dari Ducati 1198S bukan berarti menjadi biangnya motor superbike twin saja, tetapi biangnya segala motor superbike, sebab saat ini gelar juara dunia superbike ada di tangan Ducati.
Apa saja yang membedakan RC8 R dengan RC8? Banyak!! Minimal untuk menundukkan Ducati, KTM harus menambahkan tenaga extra pada gacoannya ini. KTM sendiri mengklaim mesin V-twin 75° 4 tak sanggup menghembuskan 170 PS @ 10250 rpm dan bertorsi maksimum 123 Nm @ 8000 rpm, menggiurkan... Tenaga besar ini diperoleh dari bensin yang disemprotkan injeksi 52 mm dan diteruskan klep titanium berdiameter 44 mm, sedangkan klep buangnya mengandalkan klep berukuran lebih kecil, yakni 37 mm. Berbeda dengan klep masuk, klep buang dibuat dari baja.
Bagaimana bensinnya? Motor berkapasitas 1195 cc ini memiliki kompresi 13,5:1, artinya minta minum apa???? Kompresi yang didapat memang jadi lebih tinggi dibandingkan RC8 yang berkompresi 12,5:1. Tenaga mesinnya juga naik 15 PS dibandingkan RC8 yang meraih tenaga puncaknya 250 rpm lebih rendah dibandingkan si KTM anyar ini. Wajar lah tenaganya naik, kan piston barunya berdiameter 2 mm lebih besar... Torsi RC8 pun lebih lemah 3 Nm dibandingkan adiknya. Kesimpulannya: mesin RC8 R sesangar tampangnya! Supaya tenaga mesin tersalurkan lebih sempurna, KTM memperkuat per koplingnya hingga 10% lebih keras. Mesin baru ini juga diperbaiki sistem pendinginannya, artinya semakin tidak takut bermacet-macet ria di Jakarta!
Di segi suspensi, KTM juga melakukan pembenahan. Suspensi RC 8 yang kelewat keras dibuat lebih lembut. Di segi roda-roda, KTM melakukan perbaikan juga lho. Kedua velg Marchesini alumunium tempa dan ban baru lebih ringan 1 Kg dari versi sebelumnya. Ban yang sebelumnya menggunakan Pirelli Supercorsa Pro sudah dilengserkan oleh Pirelli Supercorsa SP 120/70/17 di depan dan 190/55/17 di buritan. Motor berbobot kosong 182 Kg ini juga dilengkapi dengan rem cakram baru di depan. Diameternya sama saja, hanya lebih tebal 5 mm.
RC8 R ditawarkan dengan warna lebih menarik dan bentuk fairing baru. Spatbor depannya pun kini dibuat dari karbon. Motor dengan tanki berkapasitas 16,5 liter termasuk 3,5 liter cadangan ini tampaknya memang semakin kompetitif dan semakin mengancam Ducati di sirkuit. Bagaimana dalam segi penjualan?? Tampaknya susah tuh! Bayangkan RC8 yang bermain di kisaran 16000 Euro saja kurang laris (di Jakarta susah banget lakunya kan...), apalagi RC8 R yang dijual 20995 Euro...

Sumber:
Motorrad 05/09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar