Rabu, 10 Desember 2008

CS1 bukan cuma Honda: Norton CS1



Kalau tahun ini AHM memperkenalkan bebek barunya CS1, Norton sudah memperkenalkan CS1-nya sejak bulan Mei tahun 1927. CS1 adalah singkatan CamShaft one, karena motor ini menggunakan kem tunggal. Ada juga yang bilang, CS1 singkatan dari Camshaft Senior Model 1. Intinya, doi adalah motor Norton pertama yang menggunakan mesin OHC yang menggusur tipe mesin sebelumnya, yakni OHV.

CS1 adalah jawaban Norton atas tantangan motor balap OHC keluaran Velocette. CS1 adalah rancangan Walter Moore yang nantinya bekerja di pabrikan Jerman, NSU, dan merancang motor NSU yang mirip dengan CS1, yakni NSU 500 SS. CS1 bisa dibilang produk baru yang benar-benar penuh inovasi, bukan cuma mesinnya, rangka juga model baru, ditambah dengan suspensi depan model cangkang produksi anyar Webb. Mengikuti trend desain motor, Norton mengganti model knalpot CS1 pada tahun 1928 dengan model fish tail. Namun, bukan perawakannya yang membuat CS1 menjadi ladang emas bagi Norton. Baru lahir kedunia, CS1 langsung menorehkan tinta emas. Di tahun yang sama, CS1 langsung menjuarai ajang balap Senior TT untuk pertama kalinya berkat kepiawaian sang pembalap pabrikan, Alec Bennet. Motor berkapasitas 490cc bermesin 1 silinder 4 tak dan bertenaga 25 PS ini menjadi sukses besar bagi Norton. Versi standard yang berbobot 150 Kg ini sanggup berlari hingga 114 Km/jam, pelan??? ingat Bro, ini belum masuk tahun 1930 lho..

Pada tahun 1929 produksi CS1 diberhentikan. Sebenarnya bukan diberhentikan, tetapi CS1 dirombak besar-besaran. Ini demi menghadapi musim balap tahun 1930. Norton mempercayakan proyek ini kepada Arthur Carroll. Hasilnya, penerus CS1 menjadi motor yang bahkan dinobatkan sebagai motor balap paling dominan yang pernah ada! Motor baru ini menjuarai 7 kali balapan dari 10 balapan Senior TT yang dilaksanakan dalam jangka waktu 10 tahun. Pembalap-pembalap Norton pun menjadi akrab dengan podium ajang-ajang balap motor Eropa. Saking mendominasinya, revolusi si CS1 tetap berdinas di ajang balap hingga 25 tahun mendatang!!

Sumber:

Hugo Wilson: Motorräder, Über 300 Klassiker. München 2007.
Mirco de Cet: Illustrierte klassische Motorräder, Enzyklopädie.
www.manxnorton.co.nz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar