Rabu, 28 Oktober 2009

Knalpot Racing Legal

Setelah membaca artikel di blognya Mas Taufik:

http://ninja250r.wordpress.com/2009/10/27/pakai-knalpot-racing-di-jalan-umum-melanggar-pasal-58-uu-no-22-tahun-2009/

saya jadi agak bingung juga. Di satu sisi, sebagai seorang bikers, saya merasa ada kebebasan yang hilang. Di sisi lain, kalau memang aturan ini benar-benar dijalankan secara konsisten dan berkesinambungan, ya memang harus diterima. Pertanyaannya sekarang, apakah aturan ini akan benar-benar diberlakukan dengan konsisten dan tanpa pandang bulu? Sekarang, yang ingin diraih dengan aturan ini sebenarnya apa? Mengurangi kebut-kebutan di jalanan umum atau mau mengurangi tingkat kebisingan dan polusi udara? Kalau tujuannya mengurangi kebut-kebutan, saya rasa sih tidak akan terlalu efektif, atau mungkin hanya efektif di awal-awal saja, kan masih banyak cara lain meningkatkan performa motor... Nah, kalau tujuannya point yang ke-2, ya itu harus didukung. Namun, bagaimana pelaksanaannya nanti? Apa polisi nantinya berani menghentikan klub-klub motor besar yang knalpotnya mengeluarkan suara layaknya helikopter????? Lalu, bagaimana nasib bikers jelata? Bagaimana nasib orang-orang yang bekerja di bidang industri knalpot racing? Bagaimana pendapatan bengkel-bengkel tune up dan toko-toko variasi nantinya? Bisa saja nantinya yang menjamur adalah knalpot-knalpot racing yang berwujud knalpot standard! Nah, yang doyan bentuk knalpot non standard bagaimana dong???
Kalau bercermin pada aturan dimarih, knalpot nonstandard tetap legal kok! Bentuknya keren, suraranya juga lebih mantebs dibandingkan standard (walaupun tidak terlalu memekakkan seperti sebelum adanya aturan). Knalpot (Yang kita bicarakan untuk pemakaian di jalan raya lho... kalau di sirkuit sih bebas...) yang dijual oleh produsen-produsen terkemuka selalu dibekali label ABE/EG/BE. Dengan adanya label ini, knalpot nonstandard itu artinya bebas dan legal digunakan di jalan umum. Secara bunyi, knalpot-knalpot ini masih memenuhi standard desible maksimum yang ditetapkan dan demikian juga secara emisi! Kalau ada label dan surat-surat ABE/EG/BE, artinya si pembeli tinggal pasang dan tidak perlu takut terjaring razia polisi.
Nah, bagaimana dengan yang doyan nge-custom sendiri untuk mendapatkan bentuk knalpot yang unik dan tidak ada yang nyamain? Bisa juga legal kok... syaratnya mereka harus menguji knalpotnya ke bengkel TüV yang resmi. Namun, cara ini tidak disarankan, sebab si pemilik harus mengeluarkan duit yang tidak sedikit: 32,6 Euro untuk mendapat rekomendasi bentuk dan kelayakan pemasangan/ desain/dsb. dan 90 Euro untuk mendapatkan surat lulus test kebisingan! Mahal kan.... Makanya, ambil yang sudah dari sananya memiliki ABE/EG/BE!
Di Jerman sendiri, ada juga lho yang bandel-bandel dan nekad. Namun, risikonya kalau ketangkap polisi juga beraaaaat. Apalagi disini bikin SIM harus ikut sekolah dan ujian yang totalnya memakan lebih dari 1000 Euro. Belum lagi denda yang tidak bisa ditawar-tawar. Di samping itu, ada juga lho bengkel TüV yang nakal! Maksudnya, bisa memberi "kelonggaran" surat lulus TüV! Nah, bengkel-bengkel seperti ini biasanya sih "dirahasiakan" sesama pelanggan hihihi... katanya sih yang menjalankan bisnis bandel semacam ini orang-orang Turki (stereotip Bro...).
Terus, bagaimana kalau beli knalpot yang bersurat, tetapi kok kayaknya bunyinya terlalu keras? Nah kalau sudah begini, kan situ bisa memulangkan kembali tuh knalpot ke produsennya. Makanya, bukti pembelian selalu disimpan. Ada juga kasusnya yang tidak tembus razia polisi, meskipun knalpot nonstandardnya dijamin dengan ABE/EG/BE dari produsennya. Nah kalau kasusnya begitu, si "korban" bisa menuntut ke produsennya dan mengganti biaya kerugian (harga knalpot, biaya pengadilan, biaya derek, biaya pengacara dsb.nya).
Bagaimanakah keadaan di Indonesia nantinya??? Pastinya, ketegasan dan kekonsistenan para penegak hukum mutlak disini! Untuk para produsen knalpot, penggunaan sertifikat legal macam yang ada di Jerman boleh jadi menjadi jalan keluar dan kompromi yang baik dengan pihak pemerintah! Aturan tentang knalpot ini memang akan datang waktunya dan tidak bisa dihindari terus-menerus....
Nah buat yang doyan kebut-kebutan pakai knalpot racing, ya ke sirkuit dooooong.. Modal dikit lah.. Yang penting kan jauh lebih aman dan tidak memakan hak orang lain. Ki Gede Anue pun menanyakan kepada Mbah Surip melalui wawancara gaibnya:

Ki Gede Anue: "Mbah Surip.. gimana nih nasib anak-anak muda yang mau jadi pembalap? Kalo knalpot racing dilarang dipakai di jalan raya, jadi ga "hot" dong kebut-kebutannya???? Terus, kalau mereka mau jadi pembalap handal, gimana Mbah?"

Mbah Surip: "HAHAHAHA.... Barangsiapa mau jadi pembalap unggul, kurangi tidur, banyakin Nyentul HAHAHA.......... Pokoknya gas puuuullllllll Okeh??? HAHAHAHAH.."


Foto: bajak!
*AAAARRGGGHHHHHHH... kudu bayar internet ampir 6 Euro huhu...

7 komentar:

  1. Hahahah...gaspul!!
    (kalo di kampung gaspul artinya glass wool, buat ngademin suara silencer :D)

    abis kadang gw suka bingung, namanya doang silencer tapi hasilnya malah tambah mblenger.
    suaranya itu bok? bikin ijk jantungen.
    ini semua gara2 orang2 yang pake knalpot racing atau dibobok yg suaranya naudzubillah min dzalik. jadinya dilarang dweh.
    sedih sih, karena dalam lubuk hati yg plg dalam tetap mengidamkan knalpot racing, tp ya gw pribadi terima aja deh.
    nais inpoh eniweh bro. semoga ada peraturan pelaksanaan lanjutannya.

    BalasHapus
  2. Ning jerman ono warnet juga to?
    La ntu surat harus dibawa kemana-mana dunk..kaya sim+stnk gitu..

    BalasHapus
  3. masalahnya...plokis2 dimari taunya knalpot racing, hajar!!! (walopun ngga pernah liat ada yg kena di denpasar sini)..ngga perlu alat dB meter2 segala..(suudzon sama plokis dimarih..hehehe)
    ya mudah2an nantinya baik produsen knalpot, bikers maupun plokisnya mangkin pinter..
    produsen knalpot bikin knalpot non-standar yg naekin tenaga tapi ngga bising, bikernya juga pake ntu knalpot, dan plokisnya jalan2 bawa dB meter :D

    BalasHapus
  4. waduh di indonesia gk mungkin begitu

    BalasHapus
  5. hahahaha..... dah serius banget baca artikel sambil manggut2 eh....ada ki gede anue wawancara gaib!!!

    ya emang seharusnya ada aturan lanjutan knalpot racing/nonstandar yg mana yg boleh dipake n gak boleh dipake....

    BalasHapus
  6. @jombloati: kakak..gaspul...kasian juga kalo pelarangan jalan.. sapa lagi yang mo beli gaspul ya?? ya, ijk juga cuma bisa nerima aja.. tapi ya, liat deh contoh dimarih... jalan keluar yang oke: kalo mau gaya ya ada batasannya, atau kalo mo gaya ya harus bayar lebih..kan lumayan menekan jumlah knalpot abal2 tuh..

    @lekdjie: ada dong gan.. palagi di bochum, lumayan banyak kalo di tengah kota, kan banyak orang asingnya.. jadi namanya internetcafe, biasanya nyatu ama wartel n yang jaga or punya orang turki..

    @nunoe: aturannya aja deh dibenerin.. jangan main larang total.. gimana yang doyan2 modif.. motor kaya gl Pro gitu ga bisa dibikin model balap dong.. masa pake fairing knalpotnya bentuknya gitu jiakakkaka.... plokisnya kalo terima sogok2an n oknum2 lain yang kedapetan melanggar disiplin, kita gebukin aja pake knalpot wakaka.. wong polisiya banyak yang masih naik king trondol kok..

    @my revival: mungkin lah.. cuma butuh waktu.. mungkin satu dasawarsa..satu abad... satu milenium wakakaka... tergantung aparatnya sih sebenernya, mau apa ga konsisten dan ga pandang bulu..

    @degi; yup.. aturannya yang bagus..
    hmm kalo ga gini aja..pake sistem pajak dobel haha..
    jadi yang ngambil pajak dobel punya hak pake knalpot racing..gampang toh...
    kalo mo mahal.. mo gaya.. ya harus berani keluar duit lebih..n pajaknya kan lumayan tuh kalo bener2 disalurkan di jalan yang bener..

    BalasHapus
  7. biasa...just gosip sama aja kayak gosip motor 2tak beberapa tahun lalu

    BalasHapus