Kamis, 22 Oktober 2009

Keluarkan Jurus Suzuki Sixteen!




Mungkin saja Suzuki mengeluarkan motor sport 250 cc yang dapat membuat Ninja 250 R berniat kembali naik gunung untuk memperdalam ilmunya. Namun, perlu diingat lagi, turun di kelas ini tidak akan mudah, mengingat Suzuki harus rebutan lahan dengan Kawasaki. Bisa jadi di awal penjualan produk mereka disambut meriah,-barang baru gitu lho...- tetapi untuk selanjutnya, tentu konsumen berpikir ulang, Ninja 250 R atau pendekar 250 ccnya Suzuki??? Suzuki harus extra hati-hati disini, jangan samai jagoan baru mereka hanya (kembali) berumur pendek.
Ki Gede Anue yang dimintai pendapatnya langsung melakukan terawang gaib. Menurut beliau, Suzuki bisa meluncurkan jurus lainnya yang memiliki pasar lebih besar. Yup, mainan skutik! Bedanya, sikat kapasitas besar! Kenapa begitu?????

1. Di blognya Mas Tri berkali-kali diterangkan, pasar skutik kedepannya semakin membesar! Ini saya lihat tidak lepas dari bertambah banyaknya biker baru yang butuh motor yang gampang dikendarai dan biker lama yang mencari kepraktisan (malas bersihin dan melumasi rantai misalnya).
2. Meningkatnya kemacetan lalu lintas pun semakin meningkatkan minat akan motor skutik.
3. Kelas ini baru dihuni skutiknya Minerva, tetapi kan nama Minerva masih banyak yang meragukan dan katanya sih performanya tidak memenuhi ekspektasi atas motor skutik 150 cc.
4. Tenaga besar memang disukai! Kenapa Yamaha Mio begitu kuat bercokol? Bukan hanya sebagai perintis, performa, desain atau berlimpahnya aksesoris saja, tetapi juga berlimpahnya komponen racing dan bore up untuk skutik yang satu ini dibandingkan kompetitornya! Ya kalau dari sudut pandang saya, dalam urusan kemudahan korek-mengorek mesin, Mio lah penggantinya RX-King!
5. Melirik ke skutik-skutik bore up sekarang, banyak yang ingin kencang tetapi enggan melakukan bore up. Ya karena takut umur mesinnya pendek. Oleh karena itu, motor skutik bertenaga besar standard pabrik punya peluang besar disini, dah kenceng, ada jaminan mesinnya lagi!

Nah, di Jerman dan negara-negara Eropa lainnya, Suzuki meluncurkan Suzuki Sixteen. Motor yang iklannya dibintangi Alessandro Del Piero ini punya jurus bagus yang bisa diterapkan Suzuki di Indonesia. Nama Sixteen sendiri berasal dari ukuran ring velgnya yang 16 inci, yang bukan merupakan ukuran lumrah untuk skutik. Untuk data lengkapnya silahkan di google sendiri (maklum, internet bayar nih huhu...). Singkatnya, Suzuki Sixteen ditawarkan dua versi, yang 125 cc dan 150 cc. Semua fitur yang ditawarkan identis, hanya beda di kapasitas saja! Dengan cara itu, Suzuki bisa menghemat biaya produksi. Ini terlihat dari perbedaan harga, si Sixteen gambot hanya lebih mahal 240 Euro (buat ukuran sini murah banget tuh...)! Sixteen 150 berkapasitas tepatnya 156 cc dan menghasilkan tenaga maksimum hingga 15 PS dan torsi maksimum 13,2 Nm. Artinya, tenaga maksimumnya lebih besar 2 PS dibandingkan yang 125 cc. Top speednya pun diterangkan Suzuki Jerman setinggi 110 Km/jam. Bandingkan dengan Address 125 yang diterangakn Suzuki di situs resmi yang sama hanya memiliki top speed 95 Km/jam!
Nah, kalau Suzuki mengeluarkan jurus ini untuk pasar Indonesia, mantebs toh... Di kelas bebek disikat Satria FU, dan di kelas Skutik pun bisa dirajai dalam urusan performa! Tidak perlu memproduksi model-model baru. Untuk mengirit nafas, gunakan saja skutik yang sudah beredar, tinggal tingkatkan saja kapasitasnya seperti di jurus Suzuki Sixteen 125 dan 150!


Terawang Gaib by Ki Gede Anue

12 komentar:

  1. Suzuki jenis ini termasuk barang klasix ya?

    Hue..he..he..sampai dimana kabar kesesatannya,Dab?achtung..

    BalasHapus
  2. welkam bek bung arie :D
    kangen deh kita... :P

    saat ini, cuman Suzuki yg berani ngeluarin matic dengan CC lebih gede (125cc) cuman sayang, Spin modelnya ngga se-asik mio..nah, sekarang udah muncul Skydrive..yg menurut ane, modelnya dah asik banget.. :D dikasi opsi 2 kapasitas mesin, boleh juga tuh..coz saya gak demen yg namanya bore up..ngga natural aja.. :D

    btw, deket kantor ada bule yg suka bawa Suzi Burgman 400, keren euy...

    BalasHapus
  3. salam kenal bro arie. Artikelnya berbobot semua, diharapkan untuk sering update, biar ga kelamaan nunggunya.. :D

    BalasHapus
  4. kita tunggu kebangkitan suzuki
    babe gue maniak suzuki, nih daftarnya
    GP100, GP125, TRS, Crystal, Tornado tapi yang bersisa sampe sekarang hanyalah FR sadza..huhuhu...
    ayo dunk suzuki, kembalikan kejayaanmu
    *saya nunggu GSR 250 saza... :D

    BalasHapus
  5. @paidjo: belom Bro.. butuh waktu lama untuk menjawabnya.. tapi desainnya sih lumayan, ga ribet, cuma bodinya gede..

    @nunoe: nah cc gede bakal lebih laku nih.. palagi katanya knalpot racing dilarang.. artinya motor yang standardnya lebih bertenaga lebih bagus peluang kedepannya..
    btw, ni bule yang itu2 lagi kah???

    @devil: thx Bro... maunya sih sering2 ngupdate, tapi internet tarifnya 4 kali jakarta nih.. mana kamar ijk sekarang lebih mahal 72 euro.. mana buku2 motor ta tinggal di jena.. wah babak belur deh huhuhu..

    @jombloati: katanya duitnya ga ada?????? wakaka.. nunggu GSR 250 haha.. nunggu aja ya.. ijk juga deh, kalo nunggu doang sih sanggup bgt hihihi...

    BalasHapus
  6. Hai guys...
    Gw salah satu yg paling menantikan Suzuki Sixteen hadir di Indonesia... mauuuu bangeth...

    BalasHapus
  7. bukan bung...
    yg ini tua...bule disini banyak...dan ane tai, di sono bule pasti lbih banyak.. :D
    pernah ane coba kejar pake mio, gak dapet euy...kenceng ternyata :P

    BalasHapus
  8. hi Slave, naksir Sixteen? gede lho tu motor, motor matic buat touring gitu deh cocoknya, kalo macet2 agak repot.. terus, buat pasar Indonesia, desainnya kayanya kurang cocok, terlalu kalem..mesin 150 ccnya aja deh yang dikesiniin hihi..

    @Nunoe..wakaka.. mio buat ngejer burgmann...btw, banyak motor2 bekas bule yang bisa kita beli dong? gimana pasar motor bild up disana? info2 dong... surat2nya gitu gimana??

    BalasHapus
  9. hmm..kalo indo2 motor gede sih kurang gitu tau..tapi kalo bandit mah disini seliweran, dan kebanyakan bodong (17-25 jt)

    BalasHapus
  10. aduh kok pada bodong? bulenya kaga kena tilang apa?
    dulu dah ampir dapet gixxer jadul, 750cc, 11 juta, tapi bodong..wah, tapi kalo ditaro di rumah aja terus kena "jemput" ama om pol, wahahaha..nangis bombay ijk....

    BalasHapus