Kamis, 04 Juni 2009

Ngirit Yang Gratis

Ada masa di mana kita kadang-kadang dalam kondisi perekonomian yang ancur minah dan terancam eksistensinya, misalkan, ada salah satu anggota keluarga yang harus diopname di rumah sakit. Semua tahu sendiri, biaya opname rumah sakit sangat kompetitif dengan biaya hura-hura di hotel bintang lima. Kalau sudah begini, ngutang sana-sini yang tadinya sangat dihindaripun terpaksa dilakoni, di sisi lain ikat pinggang pun harus dikencangkan. Sang tunggangan pun harus ikutan mengencangkan ikatan selang bensin. Yup, harus ikutan ngirit!
Bagaimana sih caranya ngirit? Kalau saya tuliskan, banyak Bro... dan pastinya situ semua sudah pinter deh, ya dengan kondisi motor yang secara keseluruhan sehat tentunya menjadi syarat utama. Kalau masih ada rejeki, ya bisa beli peranti tambahan yang diklaim menaikkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Namun, semua itu kan harus merogoh kocek, lha ini kan skenarionya bangkrut mode on fire....... Caranya beda dong: Naik sepeda, jalan kaki, nebeng hehe... oke serius sekarang......
Cara ngirit yang gratis ya: cara kita berkendara! Ini dia yang paling kita-kita demen: GRATIS! Soal buka gas tidak mendadak, tidak ngerem mendadak, menggunakan putaran mesin yang sesuai, situ semua semestinya sudah pinter. Biar tambah pinter, saya kasih 2 tips lagi yang sering dilupakan: Matikan mesin dan engine break!
Matikan mesin: (Yah... ini nenek gw juga tau...) Nah, kalau nenek situ saja tahu, masa tidak kita praktikan? Bukankah kalau melewati jalur yang kita kenal karakter lampu merahnya kita bisa dengan tenang mematikan mesin? Hemat bensin, mengurangi global warming dan berhenti saling meracuni kan? Kalau polusi yang diantarkan knalpot ke udara bebas katanya bikin bloon, nah, sudah berapa point IQ kita yang melorot gara-gara menghirup asap kendaraan di lampu merah???
Ada yang berpendapat, saat menyalakan mesin, banyak bensin yang akan terbuang... Well, itu tidak benar (katanya siaran TV Jerman yang saya tonton). Di siaran TV itu, volume udara yang dikeluarkan dari knalpot diukur dengan balon, memang sih kelihatannya sepele, tetapi logis juga kok... Balon pecah setelah beberapa detik menunggu lampu merah, sedangkan mesin yang tidak dinyalakan selama penantian dan dinyalakan menjelang lampu merah padam juga meniup balon saat mesin dinyalakan. Namun, sedikit saja, jadi si balon tetap sehat wal'afiat.
Ada yang beralasan, takut akinya soak kalau keseringan melakukan trik ini. Bisa jadi sih, apalagi kalau hanya mengandalkan elektrik starter. Sebagai bikers, sebaiknya jangan terlalu manja.. Gunakanlah kick starter! Saya pakai Tiger saja santai kok menggunakan kick starter... Tentunya buat yang belum biasa harus dibiasakan.. malah, kick starter seringkali lebih manjur kok dibandingkan elektrik starter.
Kalau sudah mahir menggunakan kick starter dan ingin lebih irit lagi, silahkan di non aktifkan elektrik starternya. Bukan dicabut dinamo starternya, cukup gir yang menghubungkan dinamo dengan mesin. Nah, dijamin motor Ente lebih hemat bensin, enteng Bro... Trik ini lumrah di motor-motor kompetisi lho... Putaran mesin dijamin lebih enteng. Kerasa kok bedanya, ya kaya beda rasa pas ganti busi bekas ke busi baru lah... Namun, untuk yang kagokan atau terlalu sering terjebak kemacetan, mungkin teknik ini kurang cocok diikuti.
Engine Brake: Banyak yang menekan kopling saat motor meluncur di turunan dengan maksud mengirit bahan bakar. Teknik ini sebenarnya kurang tepat, sebab mengundang bahaya! Bagaimana dengan engine brake? Justru ini yang harus digunakan, sebab konsumsi bensin saat mesin melakukan engine brake=0. Tidak percaya????? Saya pada awalnya juga tidak... Namun, di siaran TV itu dikatakan demikian! Tentunya saya terus berusaha mencari tahu, hingga suatu hari terjawab sudah. Saya nebeng mobil teman, nah di dasbornya tertera konsumsi bensin mobil itu.
Saat engine brake, tertera 0 liter /100 Km (di sini satuan konsumsi bensin adalah per 100 km). Bagaimana saat berhenti di lampu merah? Nah mesin kan stasioner tuh, artinya sama juga dengan saat kalau kita meluncur, kita menekan kopling. Di saat stasioner, indikator menunjukkan 0,6 liter/ 100 Km. Nah, ga rugi bensin kan kalau menggunakan engine brake... Memang pelan dibandingkan meluncur dengan menekan kopling, tetapi lebih aman kan... Kalau mau motor tidak lekas berhenti saat di turunan, silahkan gunakan gigi tinggi dan tetap menggunakan engine brake. Oke, begitu saja dulu teorinya, selamat dipraktikkan.... Jika Anda tertangkap, maka Arie Slight akan menyangkalnya. Teks ini akan hancur dengan sendirinya dalam 5 detik jika Anda menyiramkan segelas air di atas komputer Anda........
Foto: HP-Klassikku

19 komentar:

  1. matiin mesin waktu lampu merah, udah saya terapkan beberapa kali kalo berhenti pas di lampu merah yg ada indikator waktunya ato lampu merah yg udah akrab sama sayah :D
    kalo lampu merah yg belom akrab, masih belom...
    sayangnya masih pake elektrik starter, soale mio kalo pake kick starter ribet sangat..kudu di standar 2 dulu..kalo dilakuin, malah bikin macet.. :P

    enjin break tu maksudnya gimana yah??maklum, dah lama banget gak nyentuh motor pake transmisi.. ;(

    BalasHapus
  2. Idem sama bro NuNoe, jelasin dong apa itu engine break? jenis menu barukah? :) he..he...

    BalasHapus
  3. yup, Mio n matic lainnya ribet, makanya tidak cocok.. cocoknya buat motor batangan n bebek aja yang ngidupin pake selah di keramaian..

    Duh..Engine Brake apa Engine Break ya??? kok ijk jadi ikutan puyeng gini... bukannya kalo enjin break mesin rusak haha.....
    enjin brake=rem pake mesin, fenomena saat gas ditutup abis.. (gitu kali ya...)
    Nah kalo di motor balap, Engine Brake diminimalisir dengan slippery clutch/ peranti selip kopling, biar motornya rada nyelonong kaya matic, maksudnya sih biar ban belakang ga ngepot-ngepot liar gicu... (sotoy mode on)

    BalasHapus
  4. ooouuu...
    i see i see...
    thanx atas penjelasannya...

    BalasHapus
  5. what did you see
    hot chicks??? waaaaa........
    sluuurrrpppp..

    lho kok thx doang? bayar dong ixixixixi.....

    stressssss nih baca paper sendiri di perpus.. kayanya 80 halaman kebanyakan huhuhu... bingung mana yang mesti dibuang..

    BalasHapus
  6. buang semua aja..biar semua bingung..


    :P

    BalasHapus
  7. Ada juga ijk yang gila... kerjaan dari semseter kemaren tuh.. ampoooonnnn...

    mahasiswa hanya bisa berencana, dosen juga yang nantinya menentukan

    BalasHapus
  8. thanks for the tricks...
    sebenernya ada satu trik lagi yang sering kali terlupakan bro, yaitu menggunakan bensin campur...

    bensin campur dorong gitu maksudnya...
    :D

    BalasHapus
  9. @jombloati,
    wah...itu malah bisa bikin boros...kalo abis dorong kan cape, biaya makan membengkak..porsi kuli :D

    BalasHapus
  10. waaa bocor deh buat teks selanjutnya...bensin campur mo nongol di artikel:
    "Diet ketat bersama Arie Slight"
    wah gagal maning....wakaka...

    xixixi.. porsi kuli... situ baru kenal porsi kuli, belom pernah liat porsi Arie Slight kan??? your not gonna believe it deh.., may be i'm not that big (bantet-red), tapi main jet ijk segede sumur bo....
    makanya ijk punya nyokap pasti demen kalo ijk ga di rumah xixixi.. anggaran belanja negara bisa kembali surplus

    BalasHapus
  11. begitu kah irit engine brake?? nah mas, itu kan aplikasi engine brake pas turunan. bagaimana jika pas jalan biasa?? katakanlah datar2 aja, tapi mau menurunkan kecepatan misal 10-20 km/j lebih rendah. apa masih bisa dimasukkan kategori engine brake??

    BalasHapus
  12. masih bro, tutup gas aja saat motor jalan, ga dikopling, itu itungannya dah engine brake..

    BalasHapus
  13. eh maksud pertanyaannya gitu bukan?
    kalo mau konstan aja ya mau ga mau di jalan datar tetep gas.. kalo motor 1 silinder indonesia yang standard rata2 4000 rpm paling ngirit, tapi tenaga tetep ada...

    BalasHapus
  14. satu lagi Bro.. kalo liat dari indikator di mobil temen sih, biar ngirit gasnya jangan naik turun, makanya kalo bisa jaga jarak sama kendaraan depan gak jauh..

    BalasHapus
  15. eh maaf salah ketik, kurang a: maksudnya agak jauh... jadi ga kagok ngerem-ngegas

    BalasHapus
  16. bung arie, ente miara anak gembel dalem perut ya??
    sama kek ane..makan banyak, badan gak gemuk2.. ;(

    BalasHapus
  17. Seingat sy, 0liter/100 km saat engine brake hanya berlaku untuk mesin injeksi yang dikontrol secara elektronis (yg memutuskan aliran bahan bakar saat engine brake) CMIIW

    BalasHapus
  18. @nunoe
    yg dorongpacar loe aja bro, ntar kan pacarloe makannya suruh di rumah aja
    xixixi...

    @arie sesat
    nah loo... rasaiin... dikomplen gizmo tuh...
    seinget gw jg, ada juga tipe karburator yg udah bisa nutup fuel consumptionnya, tp hanya utk kendaraan model tertentu aja...

    BalasHapus
  19. @ Nunoe: Wah enak situ.. kaya ade ijk, makan banyak tapi ga nambah berat, kalo ijk kebalikannya, makan normal naik dikit, apalagi banyak, wah bangkrut buat beli pakaian baru..

    @Gizmo.. mmm.. situ bener kayanya Bro.. Ane lupa, disini semua dah fuel injection.. test juga pake fuel injection, mobil temen ijk juga taon muda, kemungkinan sangat sangat besar juga dah injection.
    wah kalo di karbuartor gimana ya??? mestinya juga ga jauh2 beda sih..
    thx buat petunjuk gaibnya...

    @ jombloati: wakakkaka... akhirnya ada yang ringan tangan membawa kita kembali ke jalan yang benar xixixi....

    BalasHapus